Beranda Tiket Wisata

Wisata Alam Capolaga Tiket & Pesona - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Wisata Alam Capolaga : Rp8.000 - Rp40.000Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIBNo Telp: 08157165232Alamat: Kampung Panaruban Desa, Jl. Raya Cicadas, Cicadas, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 41282

Capolaga merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang menawan di Subang. Di kawasan Wisata Alam Capolaga ini, tak hanya ada satu air terjun. Melainkan 3 air terjun sekaligus, yang ketiganya memiliki air yang jernih dan bersih. Banyak batuan sungai yang membuat kawasan semakin indah dan tampak alami.

Selain pemandangan alam yang indah, ada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di sini. Wisatawan dapat berkemah di camping ground yang dekat dengan air terjun. Atau bisa juga melakukan outbound dengan rombongan. Dan tentunya, wisata ini juga ramah pengunjung dengan berbagai fasilitas penunjang yang baik.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Capolaga Subang

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk yang terjangkau. Meskipun harga di hari biasa dan hari libur dibedakan. Selain tiket masuk, wisatawan juga dikenakan dengan tarif parkir sesuai kendaraan. Dan bagi wisatawan yang ingin menginap ataupun berkemah, ada biaya tambahan tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Dewasa WeekdayRp15.000
Tiket Masuk Dewasa WeekendRp17.000
Tiket Masuk Anak 0-12 Tahun WeekdayRp8.000
Tiket Masuk Anak 0-12 Tahun WeekendRp10.000
Tarif Berkemah per Malam
Tiket Camping Anak-anakRp25.000
Tiket Camping DewasaRp40.000

Baca: Pemandian AIR PANAS CIATER Subang Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Wisata Capolaga Subang

Bagi wisatawan yang tidak berkemah, dapat mengunjungi objek wisata ini dari pagi hingga sore. Sementara bagi yang menginap, dapat menikmati objek wisata ini sepanjang hari.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 17:00 WIB

Keindahan Wisata Alam Capolaga Subang

Sungai yang Tenang di Wisata Alam Capolaga
Sungai yang Tenang di Wisata Alam Capolaga. Foto: Gmap/Qei’s Piano Channel

Wisata Alam Capolaga Subang dapat menjadi pilihan untuk wisata alam yang menarik. Datang ke sini, wisatawan akan memanjakan mata pengunjung dengan nyamannya suasana alam. Alam hijau nan asri dapat membawa pikiran kembali segar. Ditambah dengan objek wisata ini memiliki air terjun dengan air yang jernih dan segar.

Wisatawan dapat bebas bermain di air terjun dan mandi di bawahnya. Air terjun ini juga mengaliri sungai-sungai di kawasan objek wisata ini. Sungainya pun dangkal dengan batu-batuan yang bertaburan di tengahnya. Membuatnya tampak begitu indah, dan tampak memiliki terjunan kecil tersendiri.

Anak-anak pun dapat bermain di sungai dengan aman karena alirannya cukup tenang. Aliran sungai yang tenang membawa musik damai yang menenangkan. Kawasan yang sejuk pun akan membawa siapapun hanyut ke dalam ketenangan.

Baca: PLANET WATERBOOM Subang Tiket Masuk & Wahana

Curug Cimuja

Wisata Alam Capolaga memiliki setidaknya 4 air terjun. Salah satunya adalah Curug Cimuja. Diberi nama ‘cimuja’ karena dulunya air terjun ini digunakan sebagai tempat pemujaan atau bersemedi. Tujuannya adalah untuk memohon sesuatu.

Biasanya, orang bersemedi di sini pada malam hari. Setelah melakukan semedi, orang tersebut akan mandi di bawah aliran curug ini. Dan tentunya, mandinya dilakukan saat malam hari, tepat setelah memanjatkan doa-doa.

Namun kini, lokasi Curug Cimuja tidak hanya sebagai tempat untuk bersemedi. Orang-orang datang terkadang hanya sekedar untuk berwisata atau berfoto-foto.

Baca: CURUG CIJALU Subang Tiket Masuk & Pesona

Curug Karembong yang dapat Menyembuhkan

Berfoto Cantik di dekat Curug Karembong
Berfoto Cantik di dekat Curug Karembong. Foto: Gmap/Taman Wisata Alam Capolaga

Ada juga air terjun bernama Curug Karembong. Air terjun ini juga memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya unik. Konon ketika mandi di air terjun ini, pegal-linu dan rematik dapat sembuh. Hal ini karena aliran curug yang deras sehingga dapat menjadi terapi air.

Selain itu, Curug Karembong juga terkenal dengan bentuk aliran air terjunnya. Bentuknya menyerupai  selendang yang dikebutkan sehingga berkibar. Sesuai dengan namanya, yaitu ‘karembong’ atau kain selendang.

Baca: Curug Cibareubeuy Subang Tiket Masuk & Daya Tarik

Berenang Seru di Curug Sawer

Berbeda dengan tiga curug lainnya, Curug Sawer juga memiliki kekhasan tersendiri. Tinggi air terjun ini hanya 5 meter, tapi memiliki air yang besar di waktu tertentu. Ketika air sedang besar, alirannya menyerupai bunga yang ditaburkan. Dalam Bahasa Sunda, tabur bunga adalah ‘sawer’.

Meskipun ketika air sedang besar, wisatawan tetap dapat mandi di kolam bawah air terjun. Ukuran kolam yang lebar memungkinkan wisatawan untuk berenang lebih leluasa.

Baca: Curug Cileat Subang Perpaduan Hutan Dan Tebing Hijau

Berenang sambil Menjelajah Gua di Curug Gua Badag

Memiliki ketinggian 8 meter, Curug Gua Badag merupakan air terjun yang unik. Karena tak hanya air terjun dan kolam, di sini juga terdapat gua. Wisatawan dapat berenang bebas di kolam air terjun ini. Bahkan bisa sambil menjelajah gua yang tak jauh dari lokasi air terjun.

Meskipun bernama ‘badag’, namun air terjun ini tidak ada hubungannya dengan hewan badak. Masyarakat sekitar menyebutnya ‘badag’ karena merujuk pada arti besar.

Baca: CURUG SADIM Tiket Masuk &; Daya Tarik

Berkemah di Wisata Alam Capolaga

Bermalam dengan Berkemah di tepi Sungai
Bermalam dengan Berkemah di tepi Sungai. Foto: Gmap/Raihan Arya

Wisatawan dapat menikmati suasana malam di objek wisata ini. Bisa dengan berkemah atau juga menginap di penginapan yang tak jauh dari lokasi wisata. Di sini terdapat 11 spot yang dapat dipilih untuk berkemah. Ada yang berada di tengah hutan pinus, di dekat sungai, bahkan ada spot di dekat curug.

Favorit wisatawan adalah berkemah di pinggir sungai. Karena bisa sambil mendengarkan aliran air yang lirih namun menenangkan. Apalagi, wisatawan akan diberi tempat khusus lebih tinggi dari aliran sungai, supaya tidak banjir. Wisatawan juga akan dijaga oleh penjaga kawasan wisata selama 24 jam.

Pengelola juga telah menyiapkan persewaan perlengkapan berkemah, yaitu tenda kapasitas 4 dan 8 orang. Jika tidak ingin berkemah, wisatawan tetap dapat menginap di kawasan ini. Yaitu dengan menginap di penginapan yang berkapasitas mencapai 15 orang. Harga yang ditawarkan per malam kisaran Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000.

Outbound Seru di Alam

Jika datang bersama rombongan, wisatawan dapat memilih paket outbound. Outbound akan dilakukan di tepi sungai atau lokasi lain yang asyik. Dimana permainan favorit adalah flying fox dan rock climbing.

Lokasi Wisata Alam Capolaga Subang

Destinasi wisata ini berlokasi di Kampung Panaruban Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 27 Kilometer dari pusat kota Subang, memakan waktu kurang lebih 1 jam berkendara untuk sampai ke lokasi.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 25

Berikan Rating