Stone Gardung Bandung
Stone Garden Bandung taman dengan hamparan bebatuan pegunungan alami. Foto: Google Maps/Fransiska Lubies

Objek wisata berupa situs batu mulai digemari, sejak terkenalnya Stonehenge di Inggris. Ditambah beberapa wisata di Indonesia yang membuat replika Stonehenge, seperti Jogja dan Bandungan. Dan ternyata, tanpa harus membuat replika, Jawa Barat pun memiliki situs batunya sendiri yaitu Stone Garden Badung.

Area wisata yang merupakan hamparan tanah dimana terdapat batuan tak beraturan. Formasi tak beraturan batuan ini justru terlihat indah dan membentuk taman alam. Selain Stone Garden Bandung obyek wisata masih dalam area yang sama yaitu Gua Pawon.

Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung

Tiket untuk memasuki kawasan wisata ini sangat murah. Harga tiket bisa didapat dengan membayar hanya Rp5.000 saja. Selain itu jika pengunjung ingin berkemah dikenakan tarif khusus. Besarannya disesuaikan dengan lama waktu yang dihabiskan selama berkemah.

Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung
Tiket Masuk Rp5.000
Berkemah selama 2 hari/orang Rp30.000
Camping selama 1 hari/orang Rp40.000
Foto Pre Wedding selama 8 jam Rp60.000
Paket Reuni selama 1 hari 24 jam Rp60.000
Syuting iklan, film, dan video klip selama 1 hari Rp500.000

Baca: GREEN CANYON Pangandaran Tiket & 3 Aktivitas Top April 2019

Jam Operasional Stone Garden

Untuk berkunjung ke kawasan wisata ini dapat memilih hari apapun. Karena objek wisata ini buka setiap hari. Buka mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Bagi yang berencana ke sini, berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

Menikmati Hamparan Formasi Batu yang Menakjubkan

Stone Garden Bandung dapat dikatakan objek wisata baru bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. Pasalnya, objek wisata batuan seperti ini belum banyak ada. Jika adapun hanya berupa replika. Sedangkan di sini merupakan hamparan bebatuan alam yang lebih indah pastinya.

Perbukitan yang menjadi Habitat Bagi Monyet Gunung
Kawasan wisata yang menjadi Habitat Bagi Monyet Gunung. Foto Gmap – hendra prasaja

Diperkirakan batuan ini terbentuk sejak zaman Miosen, sekitar 20-30 juta tahun lalu. Daerah tersebut awalnya merupakan dasar laut, dan bebatuan ini merupakan terumbu karangnya. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa dulunya Bandung merupakan wilayah laut.

Yang mana kemudian surut dan mulai ditinggali manusia. Temuan di Gua Pawon, dimana terletak di bawah Stone Garden memberikan bukti nyata. Bukti tersebut berupa peninggalan jejak kehidupan manusia di gua 9.500 tahun lalu.

Baca: HUTAN PINUS CIKOLE Pal 16 Tiket & Aktivitas

Areal wisata ini memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Di area ini, seringkali ditemukan alat-alat prasejarah manusia. Alat – alat yang ditemukan berupa alat yang digunakan untuk kehidupan harian.

Stone Garden sendiri merupakan gunung kapur, meskipun dulunya adalah dasar laut. Di sini, pengunjung dapat berjumpa dengan pertambangan kapur di sekitar. Dari puncak, pengunjung dapat menyaksikan perpaduan warna putih bukit kapur dengan hijaunya pepohonan.

Keunikan Berbagai Jenis Bebatuan

hamparan bebatuan Stone Garden Citatah
Hamparan bebatuan yang ada di sekitar wisata. Foto: Gmap/syaiful anwar

Menurut praktisi pendidikan dan kebudayaan Jepang, Chisaki Baba, menyatakan Stone Garden perlu dilestarikan. Pasalnya, objek wisata ini terbilang unik dan menakjubkan. Yang membuatnya unik adalah karst atau batuannya

Chisaki menyatakan bahwa karst yang ada di sini harus dilindungi. Keberadaannya yang unik ini hanya ada di Indonesia. Bahkan, benua lain seperti Eropa dan Amerika tidak memiliki yang mirip seperti ini.

Baca: PUNCAK BINTANG Bandung Tiket & 6 Atraksi

Gua Pawon yang tak Kalah Menakjubkan

Gua Pawon Stone Garden Citatah
Pengunjung yang datang ke sini jangan lupa mengunjungi Gua Pawon yang tak kalah eksotis. Foto: Google Maps / Iona Carina

Masih dalam satu area dengan kawasan wisata ini, terdapat Gua Pawon. Gua Pawon sendiri terbentuk pada zama dahulu kala. Dulunya, digunakan manusia purba sebagai tempat tinggal.

Lokasi Gua Pawon berada di bawah Stone Garden. Di Gua Pawon pengunjung dapat menyaksikan bukti – bukti peninggalan bersejarah yang masih ada.

Berkemah di Stone Garden

Pengunjung dapat merasakan berkemah di Stone Garden. Menikmati indahnya jutaan bintang di langit malam. Serta udara sejuk yang terus menyelimuti area dengan tinggi 700 mdpl ini.

Ditambah lagi, pengunjung dapat menyaksikan indahnya mentari terbit di pagi hari. Pancarannya begitu indah menyapu kabut pagi.

Ketika senja tiba, pengunjung dapat menunggu metahari terbenam. Menyaksikan mega oranye yang perlahan berganti dengan warna hitam malam.

Baca: BUKIT MOKO Bandung Tiket & 5 Aktivitas

Spot Foto dan Video

Dua Batu Raksasa yang Cocok Dijadikan Objek Foto
Dua Batu Raksasa yang Cocok Dijadikan Objek Foto. Foto Gmap – Alfianto Yustinova

Pemandangan yang indah ini menggoda beberapa pengunjung untuk mengambil foto dan video. Ada yang menjadikan objek wisata ini sebagai lokasi foto pre wedding. Ada juga yang menjadikan area perbukitan ini sebagai lokasi syuting.

Tidak dapat dipungkiri, karena objeknya yang indah dan ketika kabut datang, terkesan misterius. Beberapa band tanah air juga menjadikannya lokasi pengambilan video klip.

Lokasi Stone Garden Bandung

Kawasan Wisata ini terletak di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Dari pusat Kota Bandung, objek wisata ini dapat ditempuh selama 1-2 jam perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,64 / 14 pembaca