Beranda Tiket Wisata

Air Panas Tirta Sanita Tiket & Ragam Aktivitas - November 2019

Tgl. Update:Senin, Oktober 14, 2019
Pemandian Air Panas Tirta Sanita Harga Tiket: Rp12.000 - Rp15.000 Jam Buka: 07.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Raya Ciseeng, Bojong Indah,Parung,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16330.

Setelah lima sampai enam hari bekerja dalam satu minggu, badan tentu terasa lelah dan kaku. Belum lagi pikiran yang penat karena melihat kemacetan setiap hari. Kalau sudah begini, waktunya mencuri sedikit waktu libur untuk berendam air panas. Pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng atau Tirta Sayaga di Bogor bisa jadi lokasi yang tepat untuk menghilangkan lelah badan sekaligus pikiran.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Tirta Sanita dibedakan menjadi tiket dewasa dan tiket anak-anak. Tiket ini belum termasuk tiket untuk parkir, masuk area berendam, wahana permainan, dan outbond. Ada juga berbagai pilihan penginapan jika ingin bermalam.

Harga Tiket Masuk
Tiket DewasaRp15.000
Tiket Anak-anakRp12.000
Tarif Parkir MotorRp3.000
Tarif Parkir MobilRp5.000
Tarif Parkir BisRp10.000
Kolam Rendam UmumRp5.000 per orang
Pemandian TertutupRp15.000 per orang
Pemandian VIPRp10.000
Terapi LintahRp100.000 – Rp125.000
OutbondRp25.000 – Rp35.000 per orang
Wahana PermainanRp5.000 – Rp50.000
PenginapanRp130.000 – Rp200.000

Baca: TAMAN HERBAL INSANI Depok Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Objek wisata Tirta Sanita buka setiap hari. Bagi pengunjung yang ingin berendam dengan alasan kesehatan, dianjurkan untuk berendam antara pukul 10 hingga pukul 2 siang.

Jam Buka
Setiap Hari07.30 – 17.000 WIB

Ragam Aktivitas di Tirta Sanita Ciseeng

Plang Tirta Sanita
Tirta Sanita atau Tirta Sayaga berada di Ciseeng, Bogor – Foto: Google Maps/Gaetano Cicatiello

Pemandian air panas ini berdiri di lahan seluas kurang-lebih 8 hektar. Setelah berganti pengelola, Tirta Sanita berubah nama menjadi Tirta Sayaga. Namun, masih banyak orang yang mengenalnya sebagai Tirta Sanita. Meski judulnya ‘pemandian air panas’, namun ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di sini.

Baca: DKandang Depok Tiket & Aktivitas

Berendam di Kolam Alami

Kolam pemandian umum Tirta Sanita
Berendam air panas sambil menikmati pemandangan alam di Tirta Sanita Ciseeng – Foto: Google Maps/awan sucipto

Keunikan Tirta Sanita dibandingkan pemandian air panas lainnya adalah penampakannya yang alami. Kolam air panas di lokasi wisata ini berada di kawasan gunung kapur. Beberapa kolam dan tempat berendam terbentuk secara alami dengan bantuan kekuatan alam dan waktu. Air panasnya berasal dari mata air Gunung Kapur Ciseeng dan mengandung tiga unsur penting bagi kesehatan: belerang, kapur, dan garam.

Berada di tengah gunung kapur dan alam terbuka, Tirta Sanita menawarkan pengalaman berendam yang tidak biasa. Sambil menikmati air panas yang menyehatkan tubuh, pengunjung juga dimanjakan dengan pemandangan sawah, hutan, hingga perbukitan dan pegunungan.

Baca: Godong Ijo Sawangan Tiket & Aktivitas

Jika ingin menikmati manfaat berendam dengan lebih privat, pengunjung bisa memilih untuk berendam di pemandian tertutup atau VIP. Pemandian ini dibangun dalam bentuk pavilion terpisah dan terbagi dua, Pemandian Teratai dan Bougenville. Setiap ruang rendam berisi satu bak air panas yang hanya bisa digunakan oleh satu orang dewasa. Uniknya, bak mandi tersebut berwana putih akibat endapan kapur.

Terapi Kesehatan

Bubuk belerang untuk kesehatan
Pengunjung bisa membawa pulang manfaat air panas Tirta Sanita dengan membeli bubuk belerang – Foto: Google Maps/M. Rizky Setiyadi

Setelah berendam, pengunjung yang memiliki masalah kesehatan bisa melanjutkan dengan terapi lintah atau bekam. Terapi ini disediakan oleh pengelola dengan membayar biaya terpisah. Jika dilakukan setelah mandi air panas, terapi ini akan lebih efektif bagi kesehatan.

Melalui media lintah atau bekam, darah kotor akan dikeluarkan dari tubuh untuk melancarkan peredaran darah. Prosesnya dilakukan maksimal satu jam dan pemakaian jumlah medianya disesuaikan dengan penyakit yang diderita oleh pengunjung. Terapi ini bisa membantu penyembuhan dari penyakit atau sekadar menghilangkan pegal dan kaku otot.

Bermain, Outbond, dan Selfie

Endapan batu kapur, Bocca Travertin
Batu kapur yang terbawa air panas dari perut bumi kemudian mengendap dan membentuk bukit kecil – Foto: Google Maps/piet leba

Setelah puas berendam, pengunjung bisa beralih ke area permainan. Ada berbagai wahana yang disediakan di kawasan Tirta Sanita, mulai dari gokart mini hingga ATV. Pengunjung juga bisa berkeliling menikmati pemandangan dengan menaiki kereta api mini.

Ingin menikmati aktivitas seru lainnya? Jelajahi berbagai sarana outbond yang menantang di sini. Pengunjung bisa sedikit menguji adrenalin dengan mencoba flying fox. Jika ingin yang lebih seru, ajak keluarga dan kerabat ‘berperang’ dengan paint ball. Jika masih ingi bersantai, rendam kaki di kolam terapi ikan dan rasakan sensai geli dari ikan-ikan yang menggigiti kulit-kulit mati di kaki.

Baca: DEPOK FANTASI Waterpark Tiket & Wahana

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen ketika berkunjung. Foto dengan latar gundukan endapan kapur putih yang berada tak jauh dari pintu masuk adalah hal yang wajib dilakukan. Gundukan ini adalah Bocca Travertin, hasil endapan dari batu kapur yang terbawa oleh air panas dari dalam perut bumi. Endapan putih yang menyerupai bukit kecil ini jadi ciri khas dari objek wisata Tirta Sanita.

Fasilitas Tirta Sanita

Tirta Sanita memiliki fasilitas standar seperti lahan parkir yang luas, mushola, toilet, dan kios-kios makanan. Kolam pemandiannya terdiri dari kolam terbuka dan tertutup. Ada bermacam-macam wahana permainan dan outbond yang bisa dinikmati berbagai kalangan usia serta gedung serba guna bagi yang ingin mengadakan acara gathering. Pengunjung yang ingin berpiknik juga bisa memanfaatkan area taman yang terbuka.

Lokasi Tirta Sanita

Pemandian Air Panas ini berada di Jalan Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Pengunjung dari Jakarta bisa melewati rute Tol Lingkar Luar Pondok Indah – Serpong – Puspitek – Pasar Prungpung atau Lebak Bulus – Parung – Pasar Prungpung. Dari Terminal Bojonggede, pilih rute Billabong – Selabenda – Semplak – Gunung Sindur.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here