Beranda Tempat Wisata

29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler 2021

Tempat wisata di Bogor memang cukup banyak dan lengkap. Baik suasana kota maupun bentang alamnya selalu memikat hati wisatawan. Hujan yang sering mengguyur sekalipun tidak menyurutkan wisatawan untuk datang kemari.

Ada dua sisi daya tarik yang dimiliki Bogor. Satu, kotanya yang ramah dan menawan. Sisi lainnya yaitu panorama alam yang memesona. Berikut daftar 29 Tempat Wisata di Bogor yang paling Spektakuler.

1. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia Tempat wisata di Bogor yang paling populer di sini salah satunya bisa melihat Gajah
Gajah di Taman Safari Cisarua Bogor.

Membicarakan Tempat Wisata di Bogor tentu tidak bisa lepas dari Taman Safari. Taman Safari adalah salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia dengan konsep terbuka. Lebih dari 250 jenis hewan dibiarkan berkeliaran tanpa kandang di sini. Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor.

Suasana taman mengusung konsep alam bebas yang menyerupai habitat asli hewan yang ada. Sedangkan untuk waktu bersafari bisa memilih pada saat siang atau malam hari. Pengunjung dapat berkeliling melihat para satwa dengan menggunakan mobil, bus, atau kereta wisata. Selain melihat dari dekat, pengunjung juga dapat berinteraksi dengan beragam satwa secara terbatas.

Selain bersafari ria, ada berbagai wahana dan atraksi menarik lainnya. Terdapat theme park dan baby zoo yang menggemaskan. Tidak boleh ketinggalan juga untuk menyaksikan atraksi hewan-hewan pintar. Selanjutnya wisatawan juga bisa berfoto dengan hewan yang sudah terlatih.

Lebih Lengkap : TAMAN SAFARI Bogor Tiket & 7 Atraksi Satwa Keren

2. Kebun Raya Bogor

Indahnya taman di Kebun Raya Bogor salah satu pilihan taman terlengkap tempat wisata di Bogor
Kebun Raya Bogor memiliki taman yang luas dengan beraneka jenis tanaman.

Ikon Tempat Wisata di Bogor selanjutnya adalah Kebun Raya. Kebun Raya Bogor merupakan taman yang memiliki luas setidaknya 87 hektare dengan lebih dari 3400 spesies tanaman. Tanaman unik hingga tanaman langka ada di tempat wisata ini. Letaknya yang berada di pusat kota berfungsi ganda sebagai objek wisata sekaligus ruang hijau.

Kebun Raya Bogor menyajikan koleksi besar berbagai jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia. Tempat wisata ini tertata rapi dengan jalan yang nyaman dan beberapa danau di dalamnya. Hewan-hewan seperti rusa dan berbagai jenis burung juga berkeliaran dengan bebas di sini.

Objek wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencari udara segar di tengah keramaian Kota Bogor. Suasana teduh dari pepohonannya jadi penyegar bagi pikiran yang penat. Pengunjung bisa melakukan aktivitas seperti jogging, bersepeda, hingga bermain sepatu roda di area taman. Destinasi wisata ini bisa menjadi alternatif wisata alam sekaligus edukasi bagi keluarga.

Lebih Lengkap: KEBUN RAYA BOGOR Tiket Rp15.000 & Berbagai Aktivitas Menarik

3. De Voyage

Replika Menara Eiffel dan bangunan-bangunan a la Eropa
Area taman De Voyage dengan bagunan khas Eropa salah satunya menara Eiffel.

Bogor juga memperkaya dengan objek wisata unik dan tidak biasa. Salah satunya adalah De Voyage yang berada di Perumahan Bogor Nirwana Residence. Objek wisata ini merupakan taman yang mengusung konsep Eropa yang manis.

De Voyage menawarkan pengalaman wisata ke taman yang menarik. Beragam spot foto dengan lanskap ala Eropa tersedia di sini. Taman ini juga sudah lengkap dengan sejumlah wahana dan fasilitas rekreasi.

Aneka miniatur bangunan ikonik dari Eropa bisa terdapat di sini. Beberapa di antaranya yaitu Menara Eiffel dan kincir angin Belanda. Pengunjung juga bisa menyusuri kanal a la Venezia menggunakan kano. Jangan lupa juga untuk berfoto dengan kostum di photobooth khas pedesaan Eropa di sini, ya.

Lebih Lengkap: DEVOYAGE Bogor Tiket & Ragam Wahana Miniatur Eropa

4. The Jungle Adventure Waterpark

Wahana ember tumpah di kolam renang anak-anak
Wahana ember tumpah dan perosotan air anak-anak.

Kota Hujan juga populer dengan beragam wahana wisata airnya. The Jungle Adventure Waterpark adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang sudah tidak asing lagi. Sesuai konsepnya yaitu ‘taman air’, The Jungle tidak hanya menyajikan kolam renang sebagai wahana utama tapi juga wahana permainan air.

The Jungle Adventure Waterpark berada di lokasi yang sama dengan De Voyage yaitu di Bogor Nirwana Residence. Di lahan seluas 3,8 hektare, terdapat lebih dari 10 pilihan wahana seru untuk anak-anak hingga orang dewasa. Pilihannya mencakup berbagai jenis kolam renang dan wahana air.

Pengunjung tidak hanya bisa berenang di Leisure Pool. Ada Wave Pool dengan gelombang buatannya yang memberi sensasi berenang yang unik. Ada juga Lazy River yang membentang sepanjang 400 meter. Pengunjung bisa mengarungi arusnya yang tenang menggunakan pelampung.

Untuk melengkapi keseruan pengunjung, terdapat sejumlah wahana menantang. The Jungle Adventure memiliki seluncuran setinggi 8 hingga 12 meter. Ada juga Linkin Bucket di area Kiddy Pool yang tak kalah asyik. Jangan ketinggalan juga untuk mencoba menonton film dengan efek spesial di Cinema 4D.

Lebih Lengkap: JUNGLE WATERPARK Bogor Tiket & Wahana Seru

5. Cimory Riverside Puncak

Pengalaman bersantap di tepi sungai
Restoran Cimory yang berada persis di tepi sungai.

Masih bertema alam, kali ini ada restoran Cimory Riverside. Berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77, restoran ini tidak pernah sepi pengunjung. Nama Cimory sendiri sudah lekat di telinga sebagai salah satu merk produk olahan susu. Di sini, Cimory mencoba menghadirkan wisata kuliner yang berpadu dengan suasana alam.

Seperti namanya, daya tarik Cimory Riverside adalah lokasinya yang tepat di sisi sungai. Restoran ini juga memiliki toko oleh-oleh khas kawasan Puncak. Selain itu, ada sejumlah wahana menarik yang bisa jadi tempat rekreasi keluarga.

Menu yang tersaji meliputi produk olahan seperti sosis dan daging asap. Ada juga menu barat dan hidangan khas Bogor. Setelah kenyang, jangan lupa memilih buah tangan di toko oleh-oleh yang ada. Tersedia produk andalan Cimory seperti susu segar, yoghurt, hingga cokelat.

Kunjungi juga beberapa tempat rekreasi di sekitar restoran. Pengunjung bisa berjalan-jalan di Cimory Forest yang asri dan instagrammable. Ingin berburu foto untuk media sosial? Museum 3D Lulu dengan beragam instalasi uniknya merupakan pilihan yang tepat.

Baca: CIMORY RIVERSIDE Puncak Bogor Tiket & Beragam Aktivitas

6. Rumah Air

Rumah Air salah satu tempat wisata di Bogor bertema kuliner
Area taman Rumah Air Bogor

Masih di kawasan Bogor Nirwana Residence, ada objek wisata bernama Rumah Air. Destinasi wisata keluarga ini merupakan perpaduan restoran dan kawasan outbond. Wisatawan akan mendapat sajian kuliner khas Sunda serta aneka wahana seru.

Bersantap di Rumah Air sangat cocok bagi yang ingin mencicipi suasana Sunda yang kental. Area makannya terdiri dari saung bambu yang berdiri di atas kolam ikan. Dengan iringan alunan musik Sunda, nikmati beragam menu menggugah selera. Ada sup ikan kelapa muda, tahu jeletot, hingga es goyobod yang manis.

Di samping kuliner yang istimewa, Rumah Air juga menghadirkan berbagai aktivitas rekreasi menarik. Sebagian besar wahana ini cocok untuk anak-anak. Wahana tersebut di antaranya sepeda air, kuda poni, ATV, dan Crazy Ball. Tersedia juga arena outbond dengan berbagai rintangan untuk anak-anak.

Lebih Lengkap: RUMAH AIR BOGOR Tiket & Ragam Aktivitas Seru

7. Kebun Teh Puncak

Tempat Wisata Di Bogor bertemakan alam di Kebun teh puncak berlatar pegunungan
Area kebun teh puncak dengan berlatar pegunungan salah satu tempat wisata di Bogor bertemakan pemandangan alam.

Kawasan Puncak yang sejuk memang tidak bisa lepas dari keberadaan kebun teh. Kebun teh di Puncak tidak hanya sebagai penghasil komoditas teh tetapi juga destinasi agrowisata. Agrowisata Gunung Mas memiliki area kebun teh dengan berbagai aktivitas rekreasi menarik.

Kebun Teh Agrowisata Gunung Mas berada di Jalan Raya Puncak KM 87. Hamparan tanaman teh yang hijau berada di ketinggian 800 hingga 1.200 mdpl. Berselimut udara sejuk khas pegunungan, siapapun akan betah berlama-lama di sini.

Bertajuk agrowisata, di sini pengunjung bisa rekreasi sambil belajar. Pengelola menawarkan paket tea walk dan tur pabrik bersama pemandu ahli. Sambil berkeliling, pengunjung akan mendapat wawasan seputar tanaman teh dan proses pengolahannya. Selesai tur, pengunjung bisa membeli produk teh untuk dinikmati sebagai oleh-oleh.

Wisatawan juga bisa melepaskan penat dengan beragam aktivitas yang tersedia di sini. Nikmati keindahan kebun teh dengan berkeliling menunggangi kuda atau menggunakan ATV. Bagi penyukai kegiata ekstrem, terdapat pilihan motocross mini dan wisata off-road.

Lebih Lengkap: Kebun Teh Puncak Gunung Mas Tiket & Aktivitas

8. Curug Ciherang

Curug Ciherang pilihan tempat wisata di Bogor bagi pecinta air terjun
Bagi penyuka wisata alam air terjun Ciherang bisa menjadi pilihan tempat wisata di Bogor.

Bagi yang ingin mencari air terjun Curug Ciherang adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang bisa menjadi pilihan. Curug ini bisa berada di Dusun Sirnajaya, Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Wisatawan bisa menikmati air terjun alami sekaligus wahana rekreasi yang ada di sekitarnya.

Curug Ciherang menyajikan air terjun bertingkat yang alami. Lokasinya yang berkeliling hutan membuatnya memiliki suasana asri. Sesuai namanya, aliran air curug ini memang ‘herang’ alias jernih. Kejernihannya membuat pengunjung bisa melihat bagian dasar sungai dengan cukup jelas.

Di samping curug alami yang memesona, ada wahana rekreasi yang jangan terlewat. Salah satunya yaitu kolam renang di tepi jurang yang indah. Dapatkan sensasi berenang dengan pemandangan langsung ke perbukitan yang cantik. Kawasan wisata ini juga memiliki campground untuk para pecinta kegiatan berkemah.

Jangan sampai melewatkan diri untuk berfoto di sekitar Curug Ciherang. Selain air terjun, ada sejumlah spot khusus untuk berfoto. Spot tersebut yaitu Rumah Pohon dan Jembatan Gantung. Spot-spot foto lainnya pun tak kalah dengan panorama dataran tinggi yang memukau.

Lebih Lengkap: CURUG CIHERANG Tiket, Aktivitas & Wahana

9. Hutan Pinus Sentul

Pengunjung asyik menikmati kegiatan outbond bersama rombongan

Ingin berkunjung ke tempat wisata di Bogor yang murah-meriah? Datanglah ke Hutan Pinus Sentul. Hutan alami ini berada di kawasan konservasi Gunung Pancar. Di sini, area hutan disulap jadi tempat rekreasi dengan konsep alam terbuka yang nyaman.

Meski bertajuk hutan, namun Hutan Pinus Sentul memiliki sejumlah fasilitas rekreasi serta sarana penunjang. Berada di ketinggian 800 mdpl, pengunjung bisa bersantai di tengah suasana hutan yang rindang dan sejuk. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berkunjung kemari. Cukup menyiapkan 5.000 – 7.500 rupiah, wisatawan sudah bisa memasuki kawasan hutan ini.

Area hutan pinus ini memiliki arena untuk berbagai kegiatan outdoor. Kegiatan seperti outbond, trekking, hingga berkemah bisa dilakukan di sini. Fasilitas nyaman seperti glamping (glamour camping) dan spot foto cantik pun tersedia. Hutan Pinus Sentul bisa jadi alternatif wisata alam yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan di Bogor.

Lebih Lengkap: HUTAN PINUS Sentul Tiket & Ragam Aktivitas Alam

10. JungleLand Adventure Theme Park Sentul

Wahana Disk-O di JungleLand Adventure Theme Park
Wahana permainan Disk-O yang cukup menantang di Jungle Land Bogor.

JungleLand Sentul merupakan theme park atau taman hiburan yang berada di Sentul Nirwana Residence, Bogor. Taman ini merupakan satu di antara koleksi taman hiburan terbesar milik Kota Bogor. Lahannya yang luas dengan puluhan wahana seru, mulai dari yang mudah hingga menguji adrenalin.

Wahana di taman hiburan ini terbagi ke dalam empat zona. Zona Tropicalia ialah arena bermain untuk anak-anak. Happy Train, North Pole, dan Water Flume yang ramah anak bisa ada di sini. Ada juga wahana ‘ekstrem’ yang aman seperti Harvest Time, Wave Swinger, dan Ship Adventure.

Zona Explora mengusung tema hewan dan hutan. Di sini wisatawan bisa menaiki kuda poni, wahana Octopus, dan berpetualang di Safari Dino dan Animal Corner. Zona Mysteria terutama menyajikan berbagai permainan yang menguji adrenalin. Mega Drop, Hydrolift, hingga Snake Coaster ada di sini.

Zona terakhir yaitu Zona Carnivalia. Pengunjung akan merasakan suasana karnaval di sini. Permainan khas karnaval yang ada di antaranya Ferris Wheel, Disk O, dan Carousel. Selain itu, ada Midway Games bagi yang ingin mencoba peruntungan dan mendapat hadiah. Jangan lupa untuk berkunjung ke Haunted House dan siapkan jantung dengan berbagai kejutan seram!

Lebih Lengkap: JUNGLELAND SENTUL Tiket & 12 Wahana Seru

11. Taman Matahari

Meluncur dengan perahu karet di jeram beraliran deras
Berbagai kegiatan wisata mulai water park hingga aktivitas menantang bisa ada di Taman Wisata Matahari Puncak Bogor.

Taman Matahari adalah taman hiburan dan rekreasi yang melengkapi tempat wisata di Bogor tepatnya di kawasan Puncak. Tempat rekreasi ini menawarkan berbagai wahana yang cocok bagi wisatawan yang aktif dan menyukai tantangan. Tidak terbatas orang dewasa, pengunjung anak-anak dan remaja juga bisa menikmatinya. Karenanya, Taman Matahari bisa jadi alternatif untuk liburan keluarga di Puncak.

Taman ini terletak di Jalan Raya Puncak KM 77. Wahana yang tersedia merupakan perpaduan dari wahana wisata air dan aktivitas outbond. Selain itu, Taman Matahari juga memiliki sejumlah arena edukasi yang menarik.

Daya tarik utama taman ini adalah area waterparknya. Dengan seluncuran menantang dan berbagai jenis kolam, liburan takkan terasa membosankan di sini. Wahana lainnya yang wajib untuk dicoba adalah arung jeram dan flying fox. Pengunjung merasakan sensasi menyusuri sungai beraliran deras dengan perahu dan meluncur di ketinggian.

Untuk si buah hati, ada sejumlah arena bermain yang ramah dan seru. Yaitu Dino Park dan Citra Playland menyajikan berbagai wahana permainan menarik untuk anak-anak. Perkaya juga wawasan anak dengan mengunjungi Taman Satwa dan area agrowisata. Berkenalan lebih dekat dengan hewan-hewan lucu dan dunia bercocok tanam di sini.

Baca: TAMAN MATAHARI Bogor: Tiket & Ragam Fasilitas Lengkap

12. Marcopolo Waterpark

Tempat Wisata di Bogor bertemakan Water Park dengan kolam dan wahana ember tumpah
Kolam renang dan ember tumpah salah satu wahana favorit di Marcopolo Water Park Bogor

Marcopolo Waterpark adalah taman bermain air tematik di Perumahan Bukit Cimanggu City, Tanah Sareal, Bogor. Taman bermain ini mengusung tagline ‘Water Adventure’. Pengunjung diajak berpetualang di arena kolam renang dengan tema laut Mediterania.

Terdapat beberapa jenis kolam renang di area taman bermain ini. Kolam-kolam yang ada memiliki ketinggian berbeda sesuai prioritas pengunjungnya. Kolam tersebut yaitu kolam balita, kolam anak, kolam dewasa, kolam pijat, dan kolam arus. Setiap kolam memiliki wahana bermain seperti ember tumpah, seluncuran, dan pancuran air.

Selain berenang, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lainnya yang tersedia. Ada fitness dan gym area yang memiliki fasilitas sauna, lapangan badminton, hingga meja bilyar. Pengunjung juga bisa mencoba sensasi menonton film yang berbeda di Cinema 4D. Ada juga danau dengan beragam pilihan aktivitas rekreasi seperti sepeda air dan flying fox.

Baca: MARCOPOLO WATERPARK Bogor Tiket & Wahana

13. SKI Bogor

Pusat belanja tas Tajur di SKI
Pusat perbelanjaan tas dan kawasan wisata SKI – Sumber Karya Indah Tajur Bogor.

Kota Bogor juga populer dengan industri tasnya yang berpusat di kawasan Tajur. Tidak hanya sentra tas, kawasan ini juga merupakan area wisata keluarga. Tempat wisata di Bogor yang satu ini terkenal dengan nama SKI atau Sumber Karya Indah. SKI berada di Jalan Katulampa Raya No. 6, Kota Bogor.

SKI Bogor adalah destinasi yang tepat bagi para pecinta wisata belanja. Pengunjung bisa menikmati kegiatan berbelanja tas dan sepatu Tajur berkualitas dengan nyaman di sini. Produk fashion lainnya juga tersedia dengan kisaran harga yang beragam.

Di luar area berbelanja, terdapat tempat rekreasi yang bisa menjadi pilihan keluarga. Setelah puas belanja, pengunjung bisa bermain di waterpark yang ada. Waterpark ini dilengkapi seluncuran yang cukup menantang. Ada juga danau wisata dengan aneka aktivitas seperti bola air, sepeda air, dan trampolin.

Baca: SKI Bogor Tiket & Berbagai Wahana Menantang

14. Taman Bunga Nusantara

Taman Labirin, salah satu koleksi taman yang paling diminati pengunjung
Salah satu koleksi tempat wisata di Bogor mengusung tema Taman Bunga tematik

Siapa tidak tahu Taman Bunga Nusantara? Objek wisata ini merupakan ikon wisata Indonesia lainnya. Taman ini sudah ada sejak tahun 1995 dan salah satu agrowisata pertama di Indonesia. Lokasinya berada di kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur, tak jauh dari kawasan Puncak Bogor.

Taman Bunga Nusantara merupakan kumpulan taman tematik. Setiap taman berhias aneka tanaman yang sesuai dengan tema. Penataannya yang cantik dan tertata membuat taman ini memiliki banyak spot foto menarik. Pengunjung juga bisa mengenal berbagai jenis tanaman, mulai dari yang biasa hingga bunga langka.

Terdapat sembilan jenis taman yang ada di sini. Wisatawan bisa mengelilinginya dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan khusus yang sudah tersedia. Taman favorit yang juga jadi daya tarik utama adalah Maze Garden. Dinding labirin berdesain rumit ini tersusun dari semak-semak yang tertata rapi.

Taman lainnya yang ada yaitu Taman Air, Taman Mawar, dan Taman Palem. Ada juga taman dengan suasana tertentu seperti Taman Jepang, Amerika, Mediterania, Bali, dan Perancis. Pengunjung juga bisa melihat tanaman dengan perawatan khusus di Green House atau rumah kaca.

Lebih Lengkap: TAMAN BUNGA NUSANTARA Tiket & 9 Zona Taman

15. Bogor Mini Zoo

Bogor Mini Zoo
Mini Zoo kebun binatang mini yang cukup menghibur.

Bogor Mini Zoo adalah alternatif wisata edukasi satwa selain Taman Safari. Taman satwa ini berada di The Forest Resort Hotel, Jalan R. E. Soemarta Diredja No. 99, Kota Bogor. Bagi wisatawan yang menginap di hotel ini, tidak perlu membayar tiket masuk pada saat berkunjung kemari.

Dengan scope wilayah yang kecil, tempat wisata ini cocok untuk rekreasi sekaligus edukasi bagi anak-anak. Bogor Mini Zoo berada di lahan seluas 2 hektare di belakang area hotel. Selain memiliki ragam koleksi hewan, tersedia aneka wahana seru yang ramah anak.

Ada 18 jenis satwa yang bisa diajak berinteraksi di sini. Beberapa di antaranya sapi, kelinci, merak, dan rusa. Sejumlah hewan yang jinak bahkan berkeliaran dan bisa diberi makan langsung. Setiap kandang memiliki papan penjelasan yang menarik dan tidak membosankan untuk dibaca.

Hewan-hewan tertentu juga bisa diajak untuk berfoto bersama. Selain bersama hewan, pengunjung juga bisa berfoto dengan memanfaatkan spot yang tersedia. Anak-anak juga akan terhibur  dengan arena bermain, kuda poni tunggang, hingga ATV mini.

Baca: BOGOR MINI ZOO Tiket, Ragam Wahana & Aktivitas Menghibur

16. Kuntum Farmfield

Berinteraksi dengan domba-domba menggemaskan
Memberi makan domba atau sekedar bercengkrama dengan domba salah satu aktivitas menarik Kuntum Farm Field.

Bagi yang ingin pengalaman berbeda saat berkunjung ke tempat wisata di Bogor datanglah ke Kuntum Farmfield. Destinasi agrowisata ini berlokasi di Jalan Raya Tajur No. 291 Sindangrasa, Kota Bogor. Objek wisata ini mengusung konsep ‘back to nature, no chemical, and friendly environment‘. Kuntum Farmfield menawarkan rekreasi edukasi di alam bagi wisatawan terutama penduduk kota.

Kawasan wisata Kuntum Farmfield mencakup beberapa area. Terdapat area pertanian dan perkebunan, peternakan, dan perikanan. Fasilitas penunjang lainnya yaitu pendopo dan restoran. Semuanya memberikan suasana pedesaan yang kental dan tak terlupakan.

Wisatawan akan bisa turun ke kebun dan ladang untuk mencoba bercocok tanam. Pemandu akan mengajarkan cara memilih, menyemai, dan menanam berbagai bibit sayur atau buah. Setiap peserta juga mendapat caping yang akan melindungi dari terik matahari. Sebagai tambahan, caping-caping ini juga bisa dilukis sendiri.

Selain bertani dan berkebun, peserta juga bisa berinteraksi dengan hewan ternak. Beberapa hewan seperti sapi, ayam, dan kelinci boleh diberi makan oleh peserta. Tersedia juga kolam ikan untuk belajar menangkap ikan dengan tangan dan jaring. Kegiatan lainnya yaitu berkeliling area perkebunan dengan menunggangi kuda yang jinak.

Baca: Kuntum Farm Field Tiket & Ragam Aktivitas

17. Little Venice Kota Bunga Cianjur

Warna-warni bangunan di sepanjang kanal Little Venice
Sungai buatan yang membelah bagunan warna-warni di Little Venice Kota Bunga.

Tak jauh dari Puncak, tepatnya di Cipanas, Kabupaten Cianjur, terdapat objek wisata bernama Little Venice. Di taman rekreasi ini, pengunjung dapat mencicipi suasana a la Kota Venesia, Italia. Desain bangunan serta kanalnya memang terinspirasi dari negeri di Eropa tersebut. Berteman udara sejuk, Little Venice bisa jadi opsi berlibur yang menyenangkan.

Daya tarik utama objek wisata ini adalah suasananya. Danau tertata sedemikian rupa agar memiliki aliran ‘kanal’. Kanal ini terapit bangunan bergaya Eropa yang berbaris rapi dan berwarna-warni. Kecantikan desain lanskapnya membuat Little Venice sering menjadi favorit lokasi foto.

Tidak hanya untuk wisata selfie, kanal di sini juga bisa disusuri dengan gondola. Selain itu, tersedia wahana lainnya seperti perahu bebek hingga banana boat. Taman bermain ini juga memiliki wahana ramah anak seperti mobil baterai dan menunggangi kuda. Terdapat fasilitas berupa penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sini.

Lebih Lengkap: Little Venice Kota Bunga Tiket & Ragam Wahana

18. Curug Ciparay

Telaga biru di Curug Ciparay
Telaga biru jernih di bawah Curug Ciparay

Curug Ciparay salah satu tempat wisata di Bogor bertema alam yang berada di Kecamatan Pamijahan. Air terjun alami ini berlokasi di kawasan kaki Gunung Salak. Persiapkan fisik dan stamina untuk berkunjung kemari. Karena untuk sampai ke lokasi akan membutuhkan sedikit trekking menyusuri area hutan.

Pengunjung perlu melakukan trekking sekitar 30 menit hingga lokasi curug. Medan trekking-nya berupa jalan setapak penuh batu yang melintasi hutan. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan berteman dengan suasana hutan yang tenang. Jangan sampai terpeleset karena terlalu terpukau dengan keindahan alam sekitar, ya.

Curug Ciparay memiliki ketinggian hingga 72 meter. Keunikan air terjun ini yaitu aliran airnya membawa sisa belerang dari Kawah Ratu. Meski begitu, airnya masih sangat jernih dan sejuk. Pengunjung bisa bermain air dan berenang di area yang aman.

Baca Selengkapnya: Pesona Wisata CURUG CIPARAY Bogor

19. Curug Nangka

Curug Nangka bisa menjadi pilihan Tempat Wisata di Bogor
Derasnya semburan air terjun curug Nagka di antara bebatuan gunung.

Air terjun lainnya yang berada di kaki Gunung Salak adalah Curug Nangka. Air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Berbeda dengan Curug Ciparay, kawasan wisata di Curug Nangka lebih tertata. Namun, pengunjung tetap perlu trekking untuk bisa mencapainya.

Curug Nangka mengalir dari ketinggian kurang lebih 20 meter. Jalur trekking-nya merupakan kawasan hutan pinus dan hutan liar. Wisatawan bahkan harus mengarungi sungai dangkal di titik tertentu. Wisata ke curug ini sangat cocok bagi para penyuka tantangan dan petualangan.

Di bagian bawah aliran air terjun, terdapat telaga yang dangkal. Airnya jernih dan bersih sehingga bisa menjadi tempat berenang. Puas berenang, jangan lupa untuk mengabadikan momen kunjungan di sekitar air terjun. Area hutan pinus yang cantik dan teduh juga tidak boleh terlewat untuk berfoto, ya.

Tidak puas bermain dan ingin bermalam? Jangan khawatir, karena kawasan wisata Curug Nangka memiliki camping ground yang nyaman. Lebih jauh lagi, terdapat glamping dengan fasilitas yang lengkap. Wisatawan tinggal memilih tipe akomodasi sesuai selera.

Lebih Lengkap: CURUG NANGKA Tiket, Aktivitas & Rute

20. Curug Cikuluwung

Alternatif pilihan tempat wisata di Bogor yaitu Curug Cikuluwung dengan telaga biru jernih
Kejernihan telaga berwarna biru di bawah air terjun sangat tepat sebagai pilihan tempat wisata di Bogor.

Masih dari Kecamatan Pamijahan di Kabupaten Bogor, ada Curug Cikuluwung yang menawan. Curug ini berlokasi tepatnya di Desa Cibitung Wetan. Air terjun ini menawarkan pesona alam dengan kecantikan yang agak berbeda. Posisi air terjunnya yang agak tersembunyi membuatnya terkesan agak eksklusif.

Curug Cikuluwung tidak memiliki ketinggian yang membuat tercengang. Air terjun ini mengalir dari ketinggian sekitar 10 meter saja. Yang membuatnya istimewa adalah lanskap sekitar yang terdiri dari bebatuan. Dinding batu yang mengelilinginya ini terbentuk secara alami.

Waktu terbaik untuk berkunjung kemari adalah menjelang musim hujan. Air yang mengalir dari curug ini akan tampak berwarna biru dan jernih. Pengunjung bisa berenang dan bermain air di jeramnya. Setelah puas berenang, jangan lupa isi perut di warung-warung yang ada di sekitar curug.

Selengkapnya: CURUG CIKULUWUNG Tiket & Ragam Pesona

21. Wisata Panorama Pabangbon

Pengunjung berfoto dari ayunan di Panorama Pabangbon tempat wisata di Bogor bertemakan taman selfi
Pengunjung berfoto dari ayunan di Panorama Pabangbon tempat wisata di Bogor bertemakan taman selfie

Daya tarik lain tempat wisata di Bogor yang sayang untuk dilewatkan adalah panorama alamnya. Kota ini memiliki kawasan gunung dan perbukitan yang masih terjaga. Panorama Pabangbon adalah salah satu objek wisata yang mengandalkan panorama perbukitannya.

Terkenal sebagai Wisata PaPa, tempat ini berada di Desa Pabangbon, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Berada di ketinggian, di sini udara segar pegunungan akan menyambut pengunjung. Hutan yang hijau dan teduh siap memanjakan mata. Tempat wisata yang sangat cocok untuk mencari udara segar jauh dari perkotaan.

Memanfaatkan panorama sekitar, Pabangbon menyediakan beberapa spot foto istimewa. Spot-spot berada di pinggir tebing dan langsung menghadap perbukitan sekitarnya. Setiap spot memiliki bentuk yang berbeda.

Beberapa spot yang spektakuler adalah balon udara dan sarang burung yang instagrammable. Ada juga ayunan dan hammock yang sedikit membuat dag-dig-dug. Suasana teduh dan asri bisa ditemui di spot rumah pohon. Wahana menantang seperti sepeda gantung pun tersedia di sini.

Baca: PANORAMA PABANGBON Bogor Tiket & Aneka Wahana

22. Tirta Sanita Ciseeng

Kolam pemandian umum Tirta Sanita memiliki kolam cantik salah satu rekomendasi tempat wisata di Bogor
Kolam pemandian umum Tirta Sanita memiliki kolam cantik salah satu rekomendasi tempat wisata di Bogor

Wisata pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng turut mewarnai pilihan tempat wisata di Bogor. Pemandian alami ini berada di Jalan Raya Ciseeng, Bojong Indah, Kecamatan Parung. Keunikan Tirta Sanita terletak di tatanan kolamnya yang terbentuk secara alami.

Di sini, pengunjung tidak akan menemukan kolam rendam berbentuk persegi seperti pada umumnya. Kolam-kolam di Tirta Sanita terletak di tengah kawasan gunung kapur. Semuanya langsung menampung sumber air panas dari Gunung Kapur Ciseeng.

Air panas di sini mengandung belerang, kapur, dan garam. Hampir semua tempat berendam berada di tengah alam terbuka. Pengunjung akan mendapatkan sensasi berendam dengan pemandangan sawah dan pegunungan. Ada juga pilihan pemandian VIP yang lebih privat dan tertutup.

Selain berendam, pengunjung juga bisa mencoba terapi kesehatan. Tersedia terapi lintah dan terapi bekam di sini. Sebagai oleh-oleh, pengunjung dapat membeli bubuk belerang Tirta Sanita. Bubuk ini sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Selengkapnya: Air Panas Tirta Sanita Tiket & Ragam Aktivitas

23. Curug Cilember

Derasnya semburan Curug 7 air terjun pilihan tempat wisata di Bogor
Salah satu pilihan objek wisata di Bogor yaitu air terjun Cilember yang memiliki curah air cukup deras.

Curug Cilember adalah objek wisata di Bogor bertema air terjun lainnya di kawasan Puncak, Bogor. Air terjun ini terletak di Desa Cilember, tepatnya di Jalan Raya Puncak KM 15. Karena terletak di dataran tinggi, udaranya pun sejuk dan asri.

Kawasan Curug Cilember terdiri dari tujuh air terjun. Setiap air terjun memiliki ketinggian yang bervariasi. Memerlukan trekking untuk mencapai setiap air terjun. Jalur trekking-nya melewati kawasan hutan yang sejuk.

Curug Cilember juga memiliki fasilitas rekreasi lain di sekitarnya. Pengelola menyediakan campground dan area outbond di tengah hutan pinus yang teduh. Terdapat wahana seperti flying fox, panahan, hingga sepeda gantung. Ada juga taman konservasi kupu-kupu yang cantik dan instagenik.

Selengkapnya: CURUG 7 CILEMBER Tiket & Ragam Aktivitas

24. Bukit Alesano

Tempat wisata di Bogor yang memiliki panorama spektakuler salah satunya Bukit Alesano
Tempat wisata di Bogor yang memiliki panorama spektakuler salah satunya Bukit Alesano

Butuh referensi destinasi wisata romantis yang murah-meriah di Bogor? Coba kunjungi Bukit Alesano yang berada di Desa Cipelang. Hanya butuh waktu satu jam untuk mencapainya dari Kota Bogor.

Bukit Alesano menawarkan pemandangan cantik Kota Bogor dari ketinggian. Wisatawan dapat menyaksikan panorama alam sejauh 360 derajat. Pemandangan Gunung Gede Pangrango di kejauhan turut melengkapi pesona bukit ini.

Untuk mencapai puncaknya, tidak membutuhkan hiking yang terlalu berat. Harga tiketnya pun terjangkau sehingga cocok untuk berbagai kalangan. Bukit Alesano memiliki lahan yang luas untuk berkemah. Pemandangan sunrise maupun sunset yang indah dapat disaksikan dari sini.

Jangan lewatkan pemandangan hamparan lampu kota di malam hari. Suasana tenang di ketinggian bukit ini akan menambah kesan romantis. Pengelola juga menyediakan aneka spot foto lucu dan kekinian. Spot-spot tersebut langsung menyajikan latar kota Bogor yang cantik.

Selengkapnya : BUKIT ALESANO: Tiket & Ragam Aktivitas Seru

25. Curug Love

Wisatawan berfoto di salah satu sisi tebing

Bogor masih memiliki banyak air terjun dengan berbagai keunikannya. Curug Love yang berada di Desa Bantar Karet adalah salah satu contohnya. Sesuai namanya, siapapun yang datang ke sini bisa jatuh cinta pada keindahannya.

Curug Love berada di kawasan persawahan yang asri. Trekking menuju air terjun ini akan berteman pemandangan sawah hijau yang menyejukkan. Aliran air terjunnya sendiri berada di tengah tebing batu alami. Tebing batu ini sekilas mungkin mengingatkan pada Grand Canyon di Amerika.

Sungainya dangkal dan memiliki aliran air berwarna biru jernih. Karena berkeliling tebing, aliran sungainya pun cenderung sempit. Namun di situlah letak daya tarik utamanya. Untuk menikmati keindahan Curug Love, pengunjung tidak hanya bisa bermain air. Bawa pelampung ban dan lakukan rafting menyusuri sungainya. Manjakan mata dengan kecantikan tebing selama menyusuri aliran sungai.

Selengkapnya: CURUG LOVE Bogor Tiket & Daya Tarik

26. Situ Rawa Gede

Tempat wisata di Bogor yang cukup murah datanglah ke Situ Rawa Gede
Situ Rawa Gede tempat wisata di Bogor cocok bagi yang ingin bermain wahana air seperti bebek-bebekan.

Alternatif wisata alam selanjutnya yaitu Situ Rawa Gede di Desa Sirnajaya, Kabupaten Bogor. Situ Rawa Gede merupakan danau alami yang luas dan masih asri. Danau ini terletak tepat di belakang bukit kawasan wisata Puncak.

Berkunjung kemari, wisatawan akan mendapatkan sajian alam yang menawan. Danau luas ini berlatar bukit dan area hutan pinus. Sejauh mata memandang, hanya panorama penyejuk mata yang terlihat. Danau yang tampak tenang akan membuat siapapun nyaman melihatnya.

Sebagai pelengkap rekreasi, terdapat sejumlah aktivitas menarik. Pengunjung bisa berjalan-jalan di sekitar danau dan jembatan apungnya. Atau, mengelilingi danau dengan menggunakan wahana sepeda air.

Di tepi danau, terdapat kolam renang dan kolam ikan terapi. Rasakan sensasi berenang di alam terbuka yang nyaman di sini. Saat lelah, nikmati terapi ikan berteman gemericik air terjun alaminya. Wisata Situ Rawa Gede bisa jadi alternatif relaksasi akhir pekan yang menyenangkan, bukan?

Selengkapnya: Wisata Danau SITU RAWA GEDE Bogor

27. Curug Cigamea

Wisatawan ramai bermain air di sekitar curug

Air terjun lainnya yang berada di kawasan Gunung Salak yaitu Curug Cigamea. Lokasinya terletak di Kampung Loka Purna, Desa Gunung Picung, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kawasan wisata curug ini memiliki sarana yang lengkap dan nyaman. Tidak heran jika curug ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga.

Curug Cigamea memiliki dua air terjun yang berdampingan. Lokasinya bisa ditempuh dengan trekking sejauh kurang-lebih 400 meter. Jalan setapaknya tersusun oleh tangga konblok yang rapi. Sehingga, pengunjung dari berbagai kalangan usia bisa menyusurinya dengan nyaman.

Selain curug dengan aliran air yang jernih, terdapat kegiatan rekreasi menarik lainnya. Tersedia campground untuk berkemah keluarga yang luas dan nyaman. Sepanjang jalur trekking juga dilengkapi kolam terapi ikan.

Baca: CURUG CIGAMEA Tiket & Aktivitas

28. Curug Pangeran

Curug Pangeran cukup cantik sebagai tujuan tempat wisata di Bogor
Curug Pangeran memiliki aliran air yang cukup deras dengan telaga jernih di bawahnya.

Jika ingin suasana air terjun yang lebih tenang, coba kunjungi Curug Pangeran. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Lokasi tepatnya di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan.

Curug Pangeran memang relatif lebih sepi sebagai tujuan wisata. Air terjunnya bisa dicapai dengan trekking sejauh 150 meter. Pengunjung akan melintasi hutan yang masih alami. Jalan setapaknya cukup nyaman dengan kontur yang bersahabat.

Air terjun ini memiliki debit yang cukup deras. Di bagian bawahnya, terdapat telaga berwarna biru-kehijauan. Kejernihan airnya membuat bagian dasar telaga bisa terlihat jelas. Pengunjung bisa berenang dan bermain air di sini.

Bagi penyuka tantangan, bisa mencoba untuk melompat dari bebatuan di sekitar kolam. Hati-hati jangan sampai berenang terlalu dekat dengan jatuhan airnya. Wisatawan juga dapat berkemah tak jauh dari lokasi air terjun. Campgroundnya nyaman dan luas dengan fasilitas yang memadai.

Baca: CURUG PANGERAN Tiket & Aktivitas Wisata

29. Curug Cipamingkis

Penginapan bilik bambu Cipamingkis
Penginapan bilik bambu Cipamingkis

Jika ingin menikmati wisata alam dengan nyaman, ada Curug Cipamingkis di Jonggol, Dewa Wargajaya. Lokasinya dekat dari kawasan perkotaan seperti Cibinong dan Sentul City. Sehingga, pas untuk alternatif rekreasi akhir pekan.

Kawasan wisata Curug Cipamingkis menempati lahan seluas 16,5 hektare. Daya tarik utamanya adalah air terjun setinggi 7 meter. Airnya jernih dan segar langsung mengalir dari Gunung Halimun Timur. Di sekitar air terjun, terdapat spot untuk swafoto kreatif yang menarik.

Wisatawan juga bisa menginap dengan dua pilihan akomodasi, yaitu camping atau penginapan. Tersedia juga area outbond yang dilengkapi kolam renang dan wahana flying fox. Selain itu, ada kolam terapi ikan yang cocok untuk menghilangkan lelah. (Q)

Selengkapnya: CURUG CIPAMINGKIS Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Tempat Wisata Di Bogor Lainnya

Itulah beberapa tempat wisata di Bogor dan sekitarnya. Pilihan objek wisatanya yang variatif tentu tidak akan membuat bosan. Selain itu tak kurang dari 70 tempat wisata lainnya ada di Kota Bogor.  Jadi, jangan lupa menjadikan Bogor salah satu tujuan liburan atau berakhir pekan, ya! 

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini