Bagi yang tengah berlibur di Jawa Tengah, jangan lewatkan objek yang satu ini. Pikatan Water park yang ada di Kabupaten Temanggung. Taman rekreasi bertemakan permainan air dengan berbagai wahana dan kolam yang seru untuk dicoba.

objek wisata ini merupakan salah satu taman rekreasi air terbesar yang ada di Jawa Tengah. Lokasinya pun tidak berada di pusat kota, melainkan di desa. Dan inilah yang menjadi ciri khas serta keunikan dari taman permainan air ini.

Harga Tiket Masuk Pikatan Water Park

Biasanya, water park mematok harga yang cukup tinggi untuk tiket masuknya. Namun, tidak dengan water park ini yang masih menetapkan tarif murah untuk tiket masuk. Meskipun beberapa waktu lalu dikeluhkan karena tarif naik.

Harga Tiket Masuk Pikatan Water Park
Hari biasaRp15.000
Akhir pekanRp20.000

Baca: Wisata Posong Temanggung Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Objek wisata ini buka di setiap hari. Pengunjung dapat memilih hari untuk berkunjung dengan bebas. Jam operasional pun mulai dari pagi hingga sore.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Menikmati Sejuknya Air Pegunungan di Pikatan water park

Wahana Permainan Air di Pikatan water park. Foto: Gmap/agus nugroho

Pikatan water park, menjadi objek wisata yang tersohor terutama bagi masyarakat di Jawa Tengah. Terletak di Kabupaten Temanggung, membuat objek wisata ini sejuk dan nyaman. Tak heran, karena lokasi dari tempat wisata ini pun jauh dari keramaian dan polusi.

Tidak seperti objek wisata water park lainnya, di sini justru berada di tengah pedesaan. Suasana desa yang sejuk dan tenang akan menyambut pengunjung ketika menginjakkan kaki di sini. Karena kesejukannya ini, tak heran water park ini menjadi primadona sejak tahun 2009 lalu.

Baca: Embung Kledung Temanggun Tiket & Aktvitas

Air di kolam renang pun sangat segar, karena berasal langsung dari air pegunungan. Sebagai tambahan, pemandangan Gunung Sumbing dan Sindoro dapat juga disaksikan melalui area water park. Bermain water park yang benar – benar menyatu dengan alam.

Berbagai Jenis Kolam Renang

Pikatan Waterpark Temanggung
Pengunjung yang sedang berenang dan bermain air. Foto: Gmap/Anang Zudi Repita

Berdiri di lahan seluas 1,5 hektar, water park selalu dipenuhi oleh wisatawan. Meskipun berada di desa, objek wisata ini tetap tampil sebagai wahana wisata modern. Hal ini terbukti dari wahana yang disediakan oleh objek wisata tersebut.

Diantaranya terdapat 10 waterslide, yang panjangnya kurang lebih 5 – 50 meter. Ada juga sliding dengan panjang 21 meter. Ditambah lagi lima kolam renang, wahana ember tumpah, serta jembatan goyang.

Semua dapat dinikmati secara gratis karena sudah termasuk dengan tiket masuk. Di sini pun terdapat kolam olympic, yang sering digunakan untuk kejuaraan. Semua kolam di sini berasal dari mata air pegunungan.

Permainan Outbond

Saat cerah, pengunjung juga dapat menyaksikan Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, dan Ungaran. Bertengger dengan gagah pada tempatnya. Seolah menjadi benteng alam yang menambah keindahan.

Serunya tidak hanya dengan menikmati water park dan kolam renang saja. Di sini juga tersedia berbagai wahana outbound yang tak kalah seru. Sangat cocok apalagi dengan alam yang begitu sejuk dan indah.

Ada ATV, Car game, flying fox, serta permainan lainnya. Sangat menantang dan menyenangkan. Pengunjung dapat bermain permainan ini baru kemudian menikmati water park.

Tradisi Padusan sebelum Ramadhan

Kolam renang dewasa. Foto: Gmap/Lukman Haryanto

Pikatan water park menjadi objek wisata yang dipilih masyarakat untuk melangsungkan tradisi padusan. Padusan sendiri merupakan tradisi mandi bersama – sama oleh sebagian besar umat Islam. Hal ini menjadi simbol mensucikan diri sebelum melaksanakan rangkaian ibadah di Bulan Ramadhan.

Dimana tradisi dilakukan di tempat umum dan dari mata air asli. Inilah mengapa, jelang Ramadhan objek wisata ini selalu dibanjiri wisatawan. Sebagian besar adalah umat Islam yang akan melakukan padusan.

Pengunjung ini tidak hanya datang dari Temanggung, tapi juga daerah lain di sekitarnya. Seperti dari Jogja, Wonosobo, Magelang, hingga Semarang.

Kuliner Khas Temanggung di sekitar Objek Wisata

Setelah puas bermain, tidak ada salahnya menghangatkan diri. Yaitu dengan sajian kuliner khas Temanggung. Satu yang paling terkenal di sini adalah bakso lombok uleg.

Uniknya, rasa pedas yang timbul bukan berasal dari sambal. Melainkan dari lombok atau cabai yang diuleg langsung di mangkok. Benar – benar menimbulkan sensasi yang unik dalam menyantap bakso.

Kontak & Lokasi Pikatan Water Park

Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi nomor 0293-4960-431. Sedangkan lokasi water park ini berada di Komplek Pikatan Water Park RT. 5 / RW. 5, Jl. Raya Pikatan, Mudal, Temanggung, Mudal, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56228.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.