Beranda Tiket Wisata

UMBUL JOLOTUNDO Klaten Tiket & Aktivitas – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo : Rp6.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Klaten - Jatinom No.7, Dusun I, Gedaren, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57481

Klaten yang berada di antara kota Solo dan Jogjakarta punya julukan “Kota Seribu Umbul”. Hal itu tak lepas dari banyaknya kolam umbul yang berada di kota ini. Kurang lebih ada 20 wisata umbul yang ada di Klaten, salah satunya adalah Umbul Jolotundo. Dibandingkan dengan Umbul Ponggok atau pun Umbul Sigedang, tempat ini boleh dibilang masih cukup asing. Meski begitu obyek wisata yang berada di Kecamatan Karanganom ini tawarkan pesona yang berbeda.

Umbul Jolotundo sebenarnya terdiri dari satu kolam yang sangat besar. Namun kemudian disekat menjadi tiga bagian. Tiap bagian kolam memiliki kedalaman yang berbeda-beda agar bisa mengakomodasi wisatawan dari semua umur. Seperti layaknya umbul lainnya, air di tempat ini sangat jernih dan menyegarkan. Selain itu lokasinya yang dikelilingi pepohonan besar membuat suasana di sekitar terasa sangat asri dan rindang. Di dalam kolam hidup aneka ikan warna-warni yang menambah kesan unik dari tempat ini. 

Harga Tiket Masuk Umbul Jolotundo

Untuk dapat merasakan kesegaran air di Umbul Jolotundo wisatawan terlebih dulu akan ditarik biaya masuk. Harga tiketnya sangat murah meriah. Selain itu ada juga biaya tambahan untuk parkir. Tidak ada perbedaan harga tiket antara hari biasa dengan akhir pekan/hari libur nasional.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp6.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: Umbul Manten Klaten Tiket & Aktivitas

Jam Buka Umbul Jolotundo

Untuk berkunjung ke taman rekreasi air ini wisatawan bisa datang kapan saja. Tempat wisata ini selalu buka selama 24 jam nonstop. Waktu Terbaik untuk menikmati kesegaran air di Umbul Jolotundo adalah siang atau sore hari. Berenang di kolam alami ketika panas terik tentunya memberikan kenikmatan tersendiri.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Pemandian Yang Sarat Akan Cerita Rakyat

Kolam dengan sumber air alami
Kolam yang luas dengan pepohonan di sekitarnya membuat tempat ini terasa begiitu teduh dan asri. Foto: Gmaps/Eti Purnaningrum

Dibalik kesegaran sumber airnya Umbul Jolotundo juga punya kisah menarik yang diwariskan turun temurun. Alkisah pada jaman dahulu ada seorang Kyai yang mencari ikan dengan jala. Secara tidak sengaja ia menemukan sebuah mata air dan kemudian mandi di dalamnya. Karena keasyikan mandi, beliau pun lupa akan rasa lapar dan untuk menjala ikan. Kyai tersebut kemudian memberi nama mata air itu dengan nama umbul Jolotundo (jala dan tunda).

Selain itu ada beberapa versi kisah lain. Terlepas dari itu semua memang umbul ini memiliki air yang sangat jernih. Kejernihannya yang sebening kaca membuat siapa saja pasti tergoda untuk mandi di kolamnya. Umbul Jolotundo sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Hal itu karena tempat ini punya tiga bagian kolam untuk anak-anak hingga dewasa.

Baca: Umbul Cokro Tulung Waterboom Tiket & Aktivitas

Kedalaman Kolam Antara 1 hingga 2 Meter

Kolam yang cocok untuk semua umur
Kolam ini terbagi menjadi tiga bagian dengan kedalaman yang berbeda-beda. Foto: Gmaps/Arif S

Di kolam utama terbagi menjadi 3 kolam. Pertama adalah kolam dengan ukuran paling kecil. Memiliki kedalaman sekitar 1 meter.  Area ini diperuntukkan bagi anak-anak. Kemudian yang kedua ada kolam dengan kedalaman kurang lebih 1,5 meter. Kolam ini sangat cocok bagi pengunjung dewasa yang tidak bisa berenang. Di area kolam kedua ini wisatawan bisa sekedar berendam santai.

Selanjutnya kolam ketiga adalah yang ukurannya paling luas. Memiliki kedalaman sekitar 2 meter, area ini cocok bagi orang dewasa yang bisa berenang. Bahkan di beberapa sisi kedalamannya bisa lebih dari 2 meter. Semua kolam bersumber dari air alami yang sangat jernih dan menyegarkan. Sehingga meskipun berlama-lama di dalam air tidak akan membuat mata perih. Air kolamnya juga dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Baca: Tirtonirmolo Waterpark Klaten Tiket & Wahana

Berenang Bersama Ikan

Kolam pemandian Umbul Jolotundo dengan ikan di dalamnya
Di kolam pemandian ini wisatawan bisa merasakan sensasi berenang bersama ikan. Foto: Gmaps/Mas Dano

Kemudian yang menarik lagi di kolam Umbul Jolotundo juga hidup beraneka ragam ikan warna-warni. Wisatawan bisa merasakan sensasi berenang dengan ikan di sekelilingnya. Ikan yang di sini seakan sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan sehingga sangat tenang ketika di dekati.

Momen berenang bersama ikan ini juga kerap kali diabadikan oleh wisatawan ke dalam sebuah foto. Namun jangan mengambil ikan yang ada di kolam tersebut. Hal ini karena masyarakat setempat percaya bahwa ikan-ikan tersebut adalah penunggu dari Umbul Jolotundo.

Baca: BUKIT SIDOGURO Klaten Tiket & Wahana

Ada Kolam Khusus Laki-Laki dan Perempuan

Di belakang tembok kolam ternyata ada kolam lagi yang tidak terlalu besar. Kolam ini khusus untuk laki-laki. Sementara untuk wisatawan perempuan ada juga kolam khusus bagi kaum hawa. Kolam tersebut berada di sebelah timur dan dekat dengan pemukiman warga.

Aneka Kuliner Lezat

Setelah lelah berenang wisatawan bisa beristirahat di tepi kolam sembari menikmati aneka sajian kuliner. Tersedia beragam kuliner nikmat dengan harga yang murah. Untuk camilan yang jadi primadona adalah tempe mendoan. Tersaji hangat lengkap sambal kecap rasanya sangat nikmat. Kemudian ada pula aneka olahan ikan Lele ataupun Nila. Ikan-ikan ini sudah pasti segar karena langsung dari kolam penangkaran yang ada di sekitar Umbul.

Fasilitas Umbul Jolotundo

Obyek wisata Umbul Jolotundo ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. di tempat ini tersedia area parkir, toilet dan kamar mandi, tempat duduk di tepi kolam, mushola, hingga warung kuliner.

Lokasi Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo beralamat di Jl. Klaten – Jatinom No.7, Dusun I, Gedaren, Kec. Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dari pusat kota Klaten berjarak sekitar 10 Km saja dan bisa ditempuh dalam waktu 20-30 menit. Tempat ini juga dekat dengan obyek wisata lain yaitu Umbul Gedaren dan Umbul Susuhan.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 22

Berikan Rating