Beranda Tiket Wisata

LAPANGAN BANTENG Tiket & Beragam Atraksi September 2022

0
Harga Tiket Masuk Lapangan Banteng : GratisJam Buka: 07.00-18.00No Telp: -Alamat: Desa Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia, 10710

Taman Lapangan Banteng menawarkan taman kota berkonsep standar Internasional dengan luas 5 hektar. Area lapangan ini terbagi ke dalam zona berolahraga, zona monumen, dan zona hutan kota. Beragam fasilitas mendukung area-area tersebut seperti lapangan, lokasi yang hijau, hingga spot foto. Bahkan di sini ada pertunjukan air mancur di waktu tertentu.

Kemudian di lapangan ini berdiri sebuah Monumen Pembebasan Irian Barat. Apalagi berada di tengah-tengah lapangan sehingga mudah terlihat karena tingginya yang menjulang. Di sini, masyarakat bisa liburan sekaligus belajar sejarah. Untuk itulah, monumen tersebut menjadi ikon khas Lapangan Banteng.

Harga Tiket Masuk Lapangan Banteng

Untuk masuk ke Lapangan Banteng tidak dikenakan biaya sepersen pun, bahkan fasilitasnya sekalipun gratis. Di tempat ini hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Setiap HariGratis
ParkirRp5.000

Baca: MONAS Monumen Nasional Tiket & Atraksi Menarik

Jam Buka Taman Lapangan Banteng

Masyarakat yang ingin berkunjung ke Lapangan Banteng bisa datang mulai pagi hingga sore hari. Sedangkan untuk akhir pekan taman buka hingga malam hari.

Selama periode pandemi untuk masuk ke area lapangan harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Masyarakat yang datang wajib scan barcode menggunakan aplikasi. Kemudian diikuti dengan cek suhu menggunakan alat yang tersedia. Hal ini sebagai bentuk tindakan mematuhi protokol kesehatan.

Jam Operasional
Senin-Kamis06.00-18.00
Jumat-Minggu06.00-20.00

Berbagai Aktivitas Di Lapangan Banteng

Sebagai taman wisata, Lapangan Banteng menawarkan berbagai aktivitas. Mulai dari bersantai, bermain hingga berolahraga. Untuk fasilitas pun sudah tersedia lengkap. Semuanya bisa digunakan secara gratis.

Taman Bermain dan Wahana Anak-anak

Arena bermain di lapangan Banteng
Anak-anak kecil bisa bermain di arena permainan saat berkunjung ke Lapangan Banteng. Foto: Gmaps/ Daniel Chau

Di Lapangan Banteng terdapat arena bermain khusus anak-anak. Arena bermain seluas 20×20 meter ini menyediakan beragam wahana permainan khas taman bermain. Seperti ayunan, jungkat-jungkit, panjat tali, papan seluncur, hingga labirin. Beragam permainan akan membuat anak-anak semakin betah bermain dan merasakan keseruan.

Sekilas wahana permainan yang ada di lapangan tampak mewah. Alas permainan ini ada yang terbuat dari Rubber Mat seperti jalur untuk lari Internasional. Tentunya bahan tersebut aman bagi anak-anak. Dengan alas yang seperti itu, anak-anak bisa melepas alas kaki ketika bermain. Begitu pun orang tua yang menemani anaknya.

Baca: SENAYAN PARK Tiket Masuk & Beragam Fasilitas

Menonton Pertunjukan Air Mancur

Pertunjukan air mancur
Lapangan Banteng memiliki pertunjukkan air mancur yang digelar setiap weekend. Foto: Gmaps/Juliani Tjhai

Salah satu yang paling dinantikan di Lapangan Banteng adalah pertunjukan air mancur. Pertunjukan yang berada di belakang monumen hanya ada di hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Masing-masing memiliki 3 kali sesi pertunjukan. Sesi pertama pada jam 18.30 dan sesi kedua pada jam 19.30. Ada Amfiteater untuk penonton pertunjukan.

Pertunjukan berlangsung selama 15 menit. Semburan air dengan ketinggian berbeda membentuk sebuah tarian. Apalagi ditambah dengan laser-laser warna-warni yang canggih sehingga tampak cantik di malam hari. Pertunjukan tersebut mengikuti instrumen dari lagu nasional dan daerah yang diputar.

Baca: Taman Ismail Marzuki Tiket & Atraksi Wisata

Area Berolahraga

Bagi warga Jakarta yang ingin berolahraga di area luas, Lapangan Banteng bisa menjadi pilihan. Terdapat area berolahraga yang dengan dukungan fasilitas lengkap. Seperti lapangan basket dan lapangan sepak bola. Selain itu, ada juga jalur untuk jogging baik di luar maupun dalam lapangan. Semua fasilitas tersebut bisa digunakan secara gratis.

Biasanya lapangan ini ramai masyarakat yang berolahraga di hari minggu pada pagi hingga sore hari. Setelah olahraga, masyarakat bisa mencari makanan atau sekedar berfoto-foto. Apalagi area sekitar lapangan terdapat banyak pepohonan hijau dan gedung-gedung khas Belanda yang bisa menjadi objek foto.

Baca: TAMAN SUROPATI 5 Hal Ini Bikin Betah

Belajar Sejarah Melalui Monumen

Setelah proses revitalisasi, Lapangan Banteng memiliki zona monumen yang bisa menjadi sarana edukasi masyarakat. Di sini berdiri Monumen Pembebasan Irian Barat yang berada di tengah lapangan. Monumen tersebut memiliki lantai yang terbuat dari marmer dan ada sejumlah tiang bendera sebagai pelengkap dan penyeimbang monumen.

Monumen ini memiliki galeri yang berada di bagian bawah. Ada juga sejumlah panel yang memuat tentang sejarah Irian Barat sejak masa kolonial hingga bergabung dengan Indonesia sebagai Provinsi Irian Barat, kemudian menjadi Provinsi Papua. Ada pula sejarah Lapangan Banteng hingga ukiran dengan gambar seperti sebuah rapat di dinding.

Selain itu, bagian dinding luar monumen juga terdapat panel-panel berisi kata-kata yang pernah ditulis atau diucapkan para pahlawan berkaitan dengan pembebasan Irian Barat di masa lampau. Masyarakat bisa belajar sejarah melalui panel-panel yang tertempel di dinding sebagai sumber pengetahuan baru secara gratis.

Baca: TAMAN MENTENG BINTARO Area Rekreasi Santai

 

Piknik Keluarga Di Lapangan Yang Bersih

Piknik di Lapangan Banteng
Pengunjung terlihat duduk-duduk di sekitar lapangan. Foto: Gmaps/ Seira Latanssa

Lapangan Banteng memiliki area luas yang cocok untuk piknik keluarga. Sekitar lapangan terhampar rerumputan dan pepohonan hijau yang rimbun yang mendukung acara piknik. Selain itu, kebersihannya sangat terjaga sehingga pengunjung betah berlama-lama meskipun hanya duduk-duduk saja.

Acara piknik bisa dilakukan dengan menggelar tikar dan membawa makanan dari rumah. Atau bisa juga dengan duduk bersantai di atas rumput. Bagi yang tidak ingin repot, ada pedagang-pedagang makanan di sekitar lokasi. Yang paling penting, pengunjung harus tetap menjaga kebersihan seperti membuang sampah di tempatnya.

Biasanya, lapangan ini ramai pengunjung berpiknik pada saat akhir pekan, baik pagi maupun sore hari. Apalagi di sore hari ada pertunjukan air mancur. Di hari-hari biasa pun banyak pengunjung yang berdatangan meskipun hanya sekedar piknik atau bersantai. Piknik di Lapangan Banteng adalah cara tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Baca: HUTAN KOTA GBK Tiket, Jam Buka & Daya Tarik

Berfoto Cantik Di Spot-spot Terbaik

Spot foto Lapangan Banteng
Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot foto di Lapangan Banteng. Foto: Gmaps/Sundari Oke

Lapangan Banteng menyediakan area-area untuk spot foto menarik. Pengunjung bisa berfoto di Photo Booth kupu-kupu, area yang dengan hiasan payung-payung gantung, jembatan kayu dengan gazebo dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, semua area di sini bisa menjadi spot foto. Hal itu karena lapangan ini menyajikan pemandangan pepohonan hijau yang rimbun serta rerumputan yang cantik sebagai latar foto.

Monumen Pembebasan Irian Barat yang berdiri di tengah lapangan pun bisa menjadi spot foto. Tidak hanya itu, bagian dalam galeri monumen pun juga bisa. Area kolam hingga saat pertunjukan air mancur berlangsung sering menjadi obyek foto pengunjung. Di sini pengunjung bisa memotret untuk dijadikan kenang-kenangan.

Baca: TAMAN BARITO Wisata Murah Ada Wifi Gratis

Fasilitas

Sebagai destinasi liburan yang ramai pengunjung, Lapangan Banteng didukung dengan beragam fasilitas umum seperti toilet, musala, hingga area parkir di bagian Barat, Selatan, dan Timur lapangan. Di sini, juga disediakan fasilitas khusus pengguna kursi roda seperti akses pintu masuk dan tempat parkir.

Alamat Taman Lapangan Banteng

Lapangan Banteng terletak di Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710. Lapangan ini dekat dengan hotel Borobudur, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Lokasinya yang strategis sehingga mudah ditemukan oleh masyarakat.

Tanggapan:

4.9 / 5. dari 38

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini