7 Destinasi Wisata Subang Bukan Hanya Air Panas

Subang memiliki pesona kekayaan alam yang beragam, mulai dari panorama dataran tinggi hingga sisi historis. Di utara, wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa serta Bandung Barat di selatan. Kemudahan akses yang karena berada di jalur pantura dan penghubungnya menjadi nilai tambah. Dengan ragam daya tarik, Subang menyuguhkan destinasi wisata pilihan. Berikut 7 lokasi wisata selama liburan di Subang:

1. Pemandian Air Panas Ciater

Berendam di kolam-kolam Pemandian Air Panas Ciater
Berendam di kolam-kolam Pemandian Air Panas Ciater Subang. Foto: GMap/Uripyu

Pemandian Air Panas Ciater menjadi destinasi incaran wisata dengan daya tarik yang khas di Subang. Salah satu yang terkenal yaitu Sari Ater Hotspring Water dengan fasilitas hotel dan resort. Kawasan Ciater memang ini sudah lama terkenal sebagai kawasan pemandian air panas yang cocok untuk menyegarkan tubuh. Bersumber langsung dari mata air kaki gunung Tangkuban Perahu, wisatawan bisa berendam di air hangatnya.

Pemandian air panasnya memiliki lebih dari 10 kolam dengan suhu air 39°C pada kolam anak. Sedangkan pada kolam pemandian untuk wisatawan dewasa suhu berkisar 46°C. Tersedia juga kolam privat untuk wisatawan yang menginginkan suasana lebih pribadi.

Selain daya tarik air panas, destinasi ini juga memiliki kolam renang bagi dewasa maupun anak-anak. Setiap kolam tersedia wahana seperti seluncur hingga area bersantai di sekitar kolam.

Tak hanya kolam berendamnya, Pemandian Air Panas Ciater juga memiliki air terjun panas. Dalam kawasannya terdapat Curug Jodo dengan pagar pembatas di sekitarnya. Kemudian tersedia pula wahana-wahana seperti trampolin, kereta mini, perahu bebek hingga panahan.

Baca: 8 Destinasi Kondang Wisata Bandung Barat

2. Wisata Alun-Alun Kota Subang

Taman Alun-alun Subang berhias lampu-lampu ketika malam.
Taman Alun-alun Subang berhias lampu-lampu ketika malam. Foto: Instagram/kotasubang

Alun-Alun Kota Subang berada di jalan RA Wangsa Ghofarana yang merupakan kawasan jantung pemerintahan Subang. Lokasinya strategis karena di sekitar taman kota berdiri Kantor Bupati, Masjid Agung, Tugu Benteng Pancasila, serta infrastruktur inti lainnya.

Taman kota ini memang menjadi pusat bagi warga Subang. Beragam kegiatan bisa dilakukan mulai dari berolah raga hingga rekreasi santai di areanya. Terutama ketika sore menjelang malam ruang ramah publik akan lebih ramai. Aktivitasnya akan bertambah di akhir pekan, bahkan sejak pagi hari.

Sebagian besar area alun-alun merupakan hamparan padang rumput hijau yang alami. Di sini area utara dengan paving block, wisatawan bisa bersantai menikmati tampan lampu yang semakin cantik pada saat malam hari.

Baca: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: 20 Destinasi Terbaik

3. Wisata Kebun Teh Ciater Subang

Hamparan pesona panorama Kebun Teh Ciater
Hamparan pesona panorama Kebun Teh Ciater Subang. Foto: GMap/Eddy Wu

Kebun Teh Ciater merupakan destinasi wisata dengan sajian bentang alam perkebunan teh. Berada di Kecamatan Ciater, suasana alam dataran tinggi langsung menyapa ketika memasuki areanya. Suhu udaranya dingin dan sering berkabut terutama sore hari dan saat hujan.

Menikmati panorama dramatis ini tak hanya memuaskan mata, tapi juga memberi kenyamanan. Suasana kawasannya yang tenang sangat cocok bagi yang ingin menenangkan pikiran.

Kemudian di antara sela-sela tumbuhan teh terdapat banyak instalasi seni untuk spot foto. Kemudian ada pula terowongan berbentuk taman bunga pada jalur masuknya. Wisatawan dapat berpose dengan latar hamparan hijaunya lereng perkebunan teh.

Baca: 8 Destinasi Wisata Populer di Bandung

4. Wisata Alam Capolaga Subang

Wisata Alam Capolaga Subang dengan kawasan berkemah di tepian aliran sungai bernuansa alami.
Wisata Alam Capolaga Subang dengan kawasan berkemah di tepian aliran sungai bernuansa alami. Foto: GMap/Wisata Alam Capolaga

Wisata Alam Capolaga berada di Sagalaherang, sekitar 3 km dari pemandian air panas Ciater. Destinasi seluas setidaknya 10 hektar ini menawarkan kawasan asri dengan tiga buah air terjun alami. Wisatawan bisa menikmati bermain air di Curug Karembang, Curug Sawer, dan Curug Goa Badak.

Lokasi Capolaga menyediakan fasilitas untuk aktivitas wisata menarik, seperti outbond hingga berkemah. Lokasi untuk outbound seperti rock climbing serta flying fox berada di area tepi sungai.

Memiliki 11 area berkemah, suasana bermalam di kawasannya begitu alami. Kemudian wisatawan bisa memilih area tepian sungai, hutan pinus, maupun dekat air terjun untuk lokasi berkemah. Selain perkemahan, Wisata Alam Capolaga menyediakan pula penginapan berupa villa berkapasitas mencapai 15 orang.

Baca: 7 DESTINASI WISATA PRIMADONA DI CIANJUR

5. Wisma Karya Subang

Wisma Karya Subang merupakan salah satu bangunan yang menyimpan nilai sejarah. Serta salah satu peninggalan masa kolonial Belanda, arsitekturnya mewakili gaya abad ke-19. Beralamat di jalan  Ade Irma Suryani Nasution, destinasi ini berada di pusat kota Subang.

Gedung yang dulu bernama Societeit ini awalnya berfungsi sebagai tempat berkumpul, hiburan, dengan padang golf. Menjelang Agresi Militer I tahun 1945-1947 kemudian berubah menjadi markas pasukan Kratibo (Karawang Timoer-Bandoeng Oetara). Namun kini, salah satu ruangannya berfungsi sebagai museum yang berisi koleksi peninggalan pra-sejarah Subang. Di dalamnya wisatawan dapat melihat bukti penyebaran agama Hindu, Buddha, hingga Islam di kota Subang.

Selama berada di Wisma Karya Subang, wisatawan bisa menikmati suasana santai di area taman yang asri. Kolam-kolam air mancur turut menghiasi dengan sorotan cahaya lampu. Ditambah dengan area pepohonan yang ikut meneduhkan suasana sekitar.

Baca: 7 Tempat Wisata di Puncak Bernuansa Alam Memukau

6. Planet Waterboom Subang

Taman rekreasi air Planet Waterboom Subang.
Taman rekreasi air Planet Waterboom Subang. Foto: GMap/Planet Water Booom

Berdiri sejak tahun 2010, Planet Waterboom Subang menjadi tempat rekreasi air populer di Subang. Menyajikan berbagai kolam-kolam dengan wahana dan permainan yang seru.

Selama berada di sini wisatawan bias menikmati kesegarannya di kolam permainan. Kemudian bermain berbagai wahana seluncur dari ketinggian. Sementara bentuk seluncurnya juga bervariasi jadi semakin seru.

Bagi yang ingin lebih santai bisa mencoba kolam arus yang membawa menyusuri area teduh dengan pepohonan di tepiannya. Sedangkan bagi penyuka sensasi lebih menantang, kolam ombak memberikan gelombang lautan yang mengombang-ambing seru. Selain itu ada pula air terjun buatan dan kolam anak dengan aneka wahana permainannya.

Baca: 7 Cafe Populer di Cimahi Cocok Buat Nongkrong

7. Curug Cijalu

Curug Cijalu Subang menjulang setinggi 70 meter.
Curug Cijalu Subang menjulang setinggi 70 meter. Foto: Instagram/as_photograph12

Curug Cijalu merupakan wisata air terjun yang  berada di dalam kawasan cagar alam Gunung Burangrang. Curahan air terjunnya seolah membelah Gunung Sunda dari ketinggian tebing 70 meter. Berada di ketinggian setidaknya 1.300 Mdpl. Dari sini juga bisa melihat Kota Subang, Purwakarta serta Waduk Jatiluhur.

Resmi beroperasi sejak 1 September 1984, destinasi Curug Cijalu selalu ramai. Untuk sampai ke lokasi air terjun akan melewati area trek anak tangga dan perkebunan teh. Selama di perjalanan akan bertemu Curug lainnya. Yaitu Curug Putri atau Curug Cibuntu yang konon pasangan dari Curug Cijalu. Dalam bahasa Sunda, kata jalu dari Curug Cijalu berarti laki-laki.

Suhu kawasan air terjun berkisar 18-26º C sehingga menimbulkan suasana sejuk dan menyegarkan. Ditambah dengan nuansa alami makin terasa dengan merdunya kicauan burung-burung. Percikan air dari ketinggian puluhan meter ini bisa terasa meski dari jauh. Untuk menikmati suasana lebih dekat dengan alam, wisatawan dapat berkemah di camping ground.

Bagikan Konten ke: