Beranda Destinasi Pilihan

8 Destinasi Wisata Bandung Populer

0

Bandung memang cukup populer sebagai daerah dengan banyak ragam destinasi wisata. Wilayah yang dikenal dengan Kota Kembang ini memiliki nuansa yang cocok untuk berlibur. Suhu udaranya yang cukup dingin dan sejuk khas dataran tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Berikut 8 Destinasi Wisata Bandung yang populer:

1. Gedung Sate

Gedung Sate telah menjai salah satu ikon wisata sekaligus landmark Bandung.
Gedung Sate telah menjai salah satu ikon wisata sekaligus landmark Bandung. Foto: Instagram/gedungsate

Tak hanya sebagai situs wisata, Gedung Sate sekaligus merupakan salah satu ikon utama Jawa Barat. Gedung ini telah lama menjadi landmark atau markah dari Kota Bandung. Pada menara sentralnya, terdapat ornamen tusuk sate yang menjadi ciri khas.

Berdiri sejak tahun 1920-an, gedung putih nan anggun ini mewarisi arsitektur era kolonial. Bangunan bersejarah tersebut kini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat. Wisatawan dapat berkunjung setiap hari kerja dari pagi hingga sore hari.

2. Gunung Tangkuban Perahu

Menikmati eksotisnya kawah ratu Gunung Tangkuban Perahu Bandung.
Menikmati eksotisnya kawah ratu Gunung Tangkuban Perahu Bandung. Foto: GMap/CuacaKaca nge’TRIP

Tangkuban Perahu memberikan sajian wisata gunung berapi aktif di kawasan Lembang. Destinasi ini menjadi salah satu ikon dari wisata Bandung yang populer. Lokasinya memiliki tiga buah kawah yang menjadi daya tarik utama serta sebuah gua.

Dari pintu masuk utama, wisatawan perlu berjalan kaki menuju kawah ratu sekaligus lokasi utama. Wisatawan dapat memanfaatkan jasa tur pemandu untuk menjelajahi area wisata Tangkuban Perahu. Di sepanjang jalur mendekati kawah, banyak dijumpai penjual cenderamata dan aneka makanan.

3. Kawah Putih

Warna air Kawah Putih yang unik dibingkai suasana pegunungan yang memagarinya.
Warna air Kawah Putih yang unik dibingkai suasana pegunungan yang memagarinya. Foto: Instagram/tiffanyoctavianty

Berada di kaki Gunung Patuha, Kabupaten Bandung, Kawah Putih menjadi spot menarik terutama bagi para muda-mudi. Karena lokasinya yang menyuguhkan pemandangan danau dengan air yang berwarna putih khas berkabut tipis.

Lanskap yang terbentuk dari letusan gunung tersebut membingkai suasana eksotis Kawah Putih. Berada pada ketinggian sekitar 2.430 meter, hawa sekitarnya pun sejuk dengan suhu cenderung dingin. Mendekati area kawah, wisatawan disarankan menggunakan masker karena aroma belerang dari kawah. Meskipun terlihat berkabut dengan asap, air di Kawah Putih tidaklah panas.

Dari pintu masuk, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik shuttle angkutan yang tarifnya sudah termasuk tiket masuk. Di area ini juga terdapat beberapa spot foto berlatar pemandangan Kawah Putih. Salah satunya yaitu jembatan apung yang menjadi favorit hingga membuat wisatawan rela mengantre.

4. Jalan Braga

Jalan Braga Bandung menjadi favorit dengan keunikan esetetikanya yang klasik.
Jalan Braga Bandung menjadi favorit dengan keunikan estetikanya yang klasik. Foto:Instagram/aniz_67

Merupakan sebuah jalan utama di kota Bandung, Jalan Braga telah dikenal sejak masa kolonial. Dahulu kawasan ini merupakan deretan pertokoan elit di era pemerintahan Hindia Belanda. Jalan Braga kini menjadi salah satu maskot dan objek wisata kota Paris van Java.

Daya tarik utamanya adalah jalur jalan yang di sisi kiri dan kanannya penuh sajian unik. Wisatawan bisa melihat bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur yang khas. Banyak cafe, restoran, butik, tempat hiburan hingga pelukis jalanan bisa ditemukan di sepanjang Jalan Braga.

Lokasi ini tentu sangat menarik bagi para pecinta fotografi maupun swafoto karena latar yang estetik. Wisatawan selalu nampak ramai menyusuri jalan ini baik pada pagi, siang, hingga malam hari. Destinasi Jalan Braga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bandung.

5. Tebing Karaton

Menikmati panorama hamparan hutan dan pegunungan dari atas Tebing Karaton.
Menikmati panorama hamparan hutan dan pegunungan dari atas Tebing Karaton. Foto: Instagram/polimsaja

Tebing Karaton merupakan objek wisata alam yang terkenal dengan panoramanya yang spektakuler. Lokasinya berada di Ciburial, Kabupaten Bandung, dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda.

Dari atas tebing, wisatawan akan disuguhkan hamparan luas Taman Hutan Raya sejauh mata memandang. Lanskap hutan dan lembahnya terlihat begitu indah, terutama ketika matahari terbit dan terbenam. Itulah mengapa biasanya destinasi ini paling ramai di kedua waktu tersebut. Wisatawan tak ingin melewatkan momen emas sunrise dan sunset dari Tebing Karaton.

Selain menikmati pemandangan alamnya, wisatawan juga dapat  melakukan aktivitas hiking untuk sampai ke atas. Banyak pula wisatawan bersama komunitas mereka bersepeda hingga ke area puncak Tebing Karaton.

6. Floating Market Lembang

Sesuai namanya, Floating Market Lembang merupakan sebuah wisata pasar apung di Lembang, Kabupaten Bandung. Di lokasi ini, wisatawan bisa berburu aneka makanan, camilan lokal, pakaian, dan lainnya. Barang-barang tersebut dijajakan oleh para pedagang dari atas perahu mereka.

Kawasannya luas bernuansa alami dengan area untuk makan di samping danau dan juga kolam renang. Di dalam Floating Market Lembang, wisatawan bisa membeli menggunakan koin token yang sebelumnya ditukar di loket.

Selain wisata kuliner dan taman bunga, Floating Market Lembang juga memiliki banyak wahana menarik. Wisatawan bisa mencoba flying fox, sepeda air, perahu naga, hingga playground dan sewa kimono.

7. De’ Ranch Bandung

Berkuda di padang hijau dataran tinggi De'Ranch Lembang Bandung.
Berkuda di padang hijau dataran tinggi De’Ranch Lembang Bandung. Foto: Instagram/sopypy

De’ Ranch Bandung merupakan wisata peternakan yang ramah untuk dikunjungi bersama keluarga. Berada di wilayah Lembang, areanya luas dan terbuka dengan sajian utama permainan seputar kuda.

Wisatawan bisa menikmati sensasi berkuda lengkap dengan aksesoris topi koboi dan rompinya sejauh 800 meter. Wisatawan juga bisa mencoba latihan menunggang kuda bagi yang belum berpengalaman. Untuk pilihan yang lebih santai, wisatawan juga bisa naik delman.

Untuk anak-anak juga tersedia kuda mini dan kuda poni untuk ditunggangi. Lokasi ini juga dilengkapi berbagai permainan, seperti perahu, memberi makan domba, kelinci, dan flying fox. Bertema peternakan, suasana khas dataran tinggi juga terasa dengan kesejukannya.

8. Kebun Begonia Lembang

Wisata Kebun Begonia Lembang merupakan taman yang dipenuhi aneka bunga warna-warni memanjakan mata. Masih di dataran tinggi Lembang, suasana destinasi wisata ini sejuk dengan suhu udara cenderung dingin.

Berlatar keindahan taman bunganya, spot foto bertebaran di area wisata Kebun Begonia Lembang. Setiap wisatawan akan mendapat topi jerami bundar yang unik di pintu masuk. Selain untuk swafoto, lokasi ini juga menjadi pilihan bagi sesi foto pra-nikah.

Sebagai oleh-oleh, Kebun Begonia Lembang menyediakan aneka bibit bunga dan tanaman lain. Sangat cocok bagi wisatawan yang hobi berkebun. Wisatawan juga dapat membeli aneka sayuran hasil budidaya yang dipanen dari destinasi tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini