7 Tempat Wisata Terbaik di Sukabumi

Sukabumi menyajikan pesonanya tak hanya dari panorama keindahan alam, tapi juga tengah kotanya. Berbagai destinasi wisata sering menjadi incaran bagi warga Sukabumi pada khususnya dan wisatawan luar daerah. Dengan daya tarik menakjubkan, salah satunya bahkan mampu menembus level mancanegara. Merencanakan liburan ke Sukabumi, berikut 7 destinasi yang dapat menjadi referensi wisatawan:

1. Wisata Puncak Darma Sukabumi

Panorama teluk dan pantai dri Puncak Darma Sukabumi.
Panorama teluk dan pantai dri Puncak Darma Sukabumi. Foto: GMap/agung putranto

Puncak Darma merupakan wisata kawasan puncak bukit yang berlokasi di Teluk Ciletuh, Sukabumi. Menawarkan sajian panorama alam teluk dan laut selatan Jawa membuatnya tak pernah sepi. Area punggung bukit ini menghadap langsung ke Samudera Hindia yang biru dengan deburan ombaknya.

Dari atas Puncak Darma, pemandangan kondisi geografis daratan terlihat dengan kontur dan warna bervariasi. Di ketinggian setidaknya 230 mdpl, tampak indahnya hamparan pasir putih Pantai Pelangpang. Pada saat sore hari, wisatawan dapat menikmati suguhan momen terbenamnya matahari.

Baca: TEMPAT WISATA DI LEMBANG: 20 Destinasi Terbaik

2. Taman Kota Lapang Merdeka Sukabumi

Taman Kota Lapang Merdeka Sukabumi.
Taman Kota Lapang Merdeka Sukabumi. Foto: GMap/Her Lina

Berada di pusat kota, Taman Kota Lapang Merdeka Sukabumi dikelilingi alun-alun, masjid agung, hingga pusat perbelanjaan. Taman kota ini merupakan ruang terbuka hijau sekaligus tempat rekreasi gratis dengan akses mudah.

Taman Kota Lapang Merdeka juga menjadi salah satu ikon kota Sukabumi. Areanya sering berlangsung acara-acara resmi, upacara, hingga pameran dan pertunjukan seni. Di sini pula pusat berkumpulnya kemeriahan hiburan momen tertentu misalnya ketika menyambut tahun baru.

Setiap harinya, Taman Kota Lapang Merdeka Sukabumi ramai dikunjungi. Kawasannya memiliki gelanggang olah raga tertutup serta lintasan lari sepanjang 400 meter. Ada pula pendopo, lapangan bola voli, bola basket, Bulu tangkis, hingga lintasan papan luncur. Selain berolahraga, taman ini menjadi lokasi untuk bersosialisasi, berkumpul, dan rekreasi santai.

Baca: 8 Tempat Wisata Bogor Unggulan

3. Situ Gunung Suspension Bridge

Situ Gunung Suspension Bridge Sukabumi membentang di ketinggian.
Situ Gunung Suspension Bridge Sukabumi membentang di ketinggian. Foto: Instagram/ricky_sandiag0

Situ Gunung Suspension Bridge merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan yang membentang sepanjang 243 meter melintang di atas jurang dengan ketinggian 161 meter.

Situ Gunung Suspension Bridge menggunakan 5 sling sekaligus sebagai bagian dari  konstruksinya. Jembatan gantung ini berbahan dasar kayu ulin yang tahan terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Kemudian untuk keamanan, terpasang pula jaring kawat berukuran 4 mm setinggi 120 meter.

Baca: 7 DESTINASI WISATA PRIMADONA DI CIANJUR

4. Wisata Curug Sawer Sukabumi

Curug Sawer Sukabumi di tengah kawasan hijaunya hutan.
Curug Sawer Sukabumi di tengah kawasan hijaunya hutan. Foto: GMap/Grimo Camardi

Curug Sawer menyajikan keindahan derasnya curahan air terjun alami dari ketinggian 35 meter. Udara di sekitarnya segar dengan suasana yang menghijau bahkan di sisi tebingnya. Sementara area di bawahnya membentuk kolam di antara tumpukan bebatuan. Kemudian jembatan pada sisi tepiannya merupakan lokasi favorit untuk lebih dekat dengan air terjun.

Curug Sawer berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Selanjutnya untuk sampai ke kawasan air terjun perlu berjalan kaki sekitar 1,2 Km. Selama perjalanan, Situ Gunung Suspension Bridge merupakan salah satu titik yang dilalui. Selain pesona air terjun, Curug Sawer mempunyai 5 area perkemahan dengan kapasitas masing-masing mampu menampung hingga 1.000 orang.

Baca: 7 Destinasi Wisata Subang Bukan Hanya Air Panas

5. Wisata Curug Cimarinjung Sukabumi

Eksotisme dinding tebing yang mengelilingi Curug Cimarinjung
Eksotisme dinding tebing yang mengelilingi Curug Cimarinjung Sukabumi. Foto: GMap/عليم

Menjadi salah satu koleksi air terjun di kawasan Geopark Ciletuh, Curug Cimarinjung banyak menjadi incaran. Panorama air terjunnya menakjubkan dengan megahnya bentangan dinding tebing bebatuan yang mengelilingi. Ditambah dengan perpaduan pepohonan yang beragam memberikan suasana eksotis ala latar film Jurassic Park.

Untuk mencapai air terjun, jalur yang ditempuh melewati area persawahan hingga menyusuri sungai. Curahannya mengalir dari balik tebing kokoh dan area hutan dengan ketinggian 50 meter. Dengan ketinggian tersebut, deras alirannya dapat terdengar dari jauh dengan percikan yang membasahi sekelilingnya.

Baca: Tempat Wisata Di Bandung: 49 Destinasi Terlengkap

6. Santa Sea Waterpark Sukabumi

Santa Sea Waterpark
Santa Sea Waterpark Sukabumi. Foto: GMap/Rangga Febrian

Santa Sea Waterpark merupakan destinasi rekreasi air yang terbesar di Kota Sukabumi. Dalam area seluas setidaknya 2,5 hektar ini, berbagai kolam renang dengan beragam wahana air bisa dinikmati.

Misalnya deretan wahana Racing Slide yang akan membawa meluncur dari ketinggian 15 meter. Kemudian wahana Carribean Ocean, yang menyuguhkan sensasi gelombang ombak seperti di lautan. Selanjutnya wahana Ontario Lake, sebuah kolam luas dengan pipa besar di tengahnya menambah keunikan tempat ini. Di sini, wisatawan bisa melakukan permainan tradisional Gebuk Bantal bersama hingga 15-20 orang.

Bagi yang ingin suasana lebih santai, Asian Hot Spring sangat cocok. Berendam di kolam air panasnya mampu memberikan efek relaksasi. Ada juga zona santai lain seperti mengikuti debit air kolam arus di wahana Amazon River. Sedangkan wahana Neverland memiliki kolam berkedalaman 30 cm yang aman untuk balita. Selain berbagai permainan dan air mancur, anak-anak bisa berinteraksi dengan aneka binatang di Jungle Forest.

Baca: 7 Destinasi Wisata Bekasi Bagus Untuk Keluarga

7. Alun Alun Kota Sukabumi

Alun-alun Kota Sukabumi.
Alun-alun Kota Sukabumi. Foto: Instagram/parrot_official

Alun-alun Sukabumi menjadi pilihan lokasi bersosialisasi dan rekreasi santai bagi warga kota. Kawasannya asri dengan taman bunga, pepohonan, dan lapangan rumput. Lokasinya berbatasan dengan Masjid Agung, Taman Urang, dan Taman Kota Lapang Merdeka. Setelah mengalami revitalisasi di awal tahun 2022, area Alun Alun Kota Sukabumi kini tampil semakin cantik.

Berada di pusat kota, alun-alun selalu ramai terutama di akhir pekan. Pengunjung melakukan banyak aktivitas menarik, seperti berkumpul dengan komunitas hobi hingga berolahraga. Ruang terbuka publik ini memiliki desain menarik dengan lintasan sepeda dan sepatu roda. Selain itu tersedia pula pojok UKM lokal sebagai sentra penganan dan kuliner bagi pengunjung.

Bagikan Konten ke: