Beranda Tiket Wisata

PANTAI KWARU Tiket & Pesona - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Kwaru : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Dusun Petir, Desa Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia, 57678

Wonogiri yang berada di pesisir selatan Jawa Tengah memiliki banyak pantai menarik. Beragam wisata pantai terbentang dari timur hingga barat kota ini. Meski belum sepopuler daerah pesisir selatan Jawa lainnya, namun pantai di tempat ini tak kalah indah. Salah satu yang menarik adalah Pantai Kwaru yang ada di Desa Paranggupito. Lokasinya berada di tempat terpencil dan belum banyak diketahui orang.

Salah yang istimewa dari pantai ini yaitu areanya yang masih sangat bersih dan asri. Sehingga cocok bagi yang suka wisata alami dan masih sepi. Seperti pantai selatan pada umumnya,  ciri khas ombaknya besar. Dengan pasir putih dan dan tebing-tebing kapur yang mengelilingi merupakan sajian utama yang istimewa dan memberi kesan terpencil. Keunikan lainnya di Pantai ini juga terdapat air terjun.

Harga Tiket Masuk Pantai Kwaru

Di pantai yang satu ini belum ada penarikan tiket masuk. Sehingga wisatawan yang datang bisa langsung masuk tanpa harus membayar sejumlah uang. Bahkan untuk parkirnya pun juga gratis.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis

Baca: WADUK GAJAH MUNGKUR Tiket & Aktivitas Wisata

Jam Buka Pantai Kwaru

Tidak ada jam operasional dari tempat wisata ini. Wisatawan bebas bisa datang kapan saja. Banyak juga yang datang ketika malam untuk berkemah.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Sensasi Pantai Yang Masih Asri

Pantai yang memiliki kesan terpencil
Pantai dengan nuansa terpencil dengan diapit tebing dan bukit. Foto: Gmaps/Setyo Pambudi

Bagi sebagian orang, mencari tempat sepi adalah cara terbaik untuk menyegarkan kembali pikiran. Jika hal itu yang dicari maka Pantai Kwaru bisa menjadi jawaban. Berada jauh dari pusat kota, sensasi terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan begitu terasa. Tidak ada bangunan apapun, sejauh mata memandang hanyalah hamparan pasir putih berbalut laut biru. Barisan tebing tinggi yang mengelilingi pantai membuatnya semakin terkesan tersembunyi.

Kawasan pantainya sangat cocok bagi yang menyukai lokasi “private”. Meski garis pantainya tidak terlalu besar namun punya pesona yang luar biasa. Pantai ini seperti terbagi menjadi 2 bagian. Pada bagian pertama berupa pasir halus. Sementara pada bagian kedua yang berada di sebelah timur berupa area bebatuan. Keunikan dari pantai ini adalah adanya sebuah air terjun. Akibat dari adanya aliran air sungai yang berada di atas tebing Pantai Kwaru..

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Bermain air di Pantai Kwaru

Pantai dengan ombak besar khas laut selatan
ketika air pasang wisatawan bisa bermain air dan merasakan sensasi ombak besar di pantai ini. Foto: Gmaps/Kak Sugik

Karena masih berada di pantai selatan Jawa dan menghadap Samudera Hindia, pantai ini memiliki ombak yang besar. Ombak yang bergulung-gulung seakan menggoda setiap wisatawan untuk menceburkan diri. Sensasi ketika gelombang menerjang tumbuh menjadi momen yang sangat dinantikan. Jika ingin bermain air, area pantai berpasir lembut adalah tempatnya. Di area tersebut bibir pantainya landai sehingga relatif aman. Meski begitu tetap hindari terlalu ke tengah karena bisa membahayakan diri.

Waktu terbaik untuk bermain air pada saat gelombang pasang. Pasalnya jika air surut wisatawan harus mencapai area karang-karang tajam untuk menyentuh perairan. Tentu tidak ideal untuk bermain air.

Baca: Pantai Drini Tiket & 10 Aktivitas

Bersantai di Tepi Pantai

Jika terlalu malas untuk beraktivitas, Pantai Kwaru juga cocok untuk sekedar malas-malasan. Di tepi pantai masih banyak pepohonan pandan yang tumbuh. Wisatawan bisa bersantai di area bawah pohon. Pepohonan yang rindang membuatnya tetap terasa teduh meski di siang hari yang terik sekalipun. Perpaduan ombak yang bergulung, pepohonan yang bergoyang dan angin yang berhembus menciptakan suasana yang menenangkan.

Dijamin akan sangat betah bersantai di pantai ini. Sayangnya belum ada kedai makanan atau minuman di tempat ini. Sehingga harus membawa bekal makanan sendiri untuk teman bersantai.

Baca: PANTAI PARANGTRITIS Tiket & Aktivitas Seru

Ada Air Terjun di Pinggir Pantai

Air terjun di pantai
Pesona keindahan air terjun yang berada tepat di tepi pantai. Foto: Gmaps/Dian Eka Puspitasari

Keunikan yang dimiliki pantai ini yang paling menonjol yaitu adanya sebuah air terjun. Pesona air terjun di pantai ini menjadi keistimewaan tersendiri. Wisatawan bisa menyaksikan secara bersamaan ombak yang bergulung sekaligus air yang jatuh dari tebing. Namun fenomena air terjun ini tidak terjadi setiap waktu.

Kemunculannya hanya terjadi pada musim hujan saja. Sebab ketika kemarau sungai mengering sehingga air tidak mencapai aliran yang ada di atas tebing pantai.

Baca: PANTAI NGOBARAN Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Naik Ke Atas Tebing

Apabila ingin menyaksikan keindahan pantai dari sudut pandang lain, wisatawan bisa mencoba naik ke atas tebing. Dari atas wisatawan bisa melihat keindahan pantai secara lebih luas. Angin yang berhembus pun lebih kencang dan menyegarkan. Namun harus berhati-hati untuk naik ke atas, sebab belum tersedia jalur pendakian khusus. Sehingga harus mencari jalan sendiri.

Berburu Sunset di Pantai Kwaru

Berkunjung ke pantai akan sayang rasanya jika melewatkan momen sunset. Ketika sore hari dan cuaca cerah jangan buru-buru untuk beranjak. Pantai Kwaru juga bisa menjadi spot untuk menikmati senja. Momen ketika langit berubah menjadi jingga akan ciptakan pemandangan romantis yang menyejukkan mata. bagi pecinta fotografi momen-momen seperti itu sangat wajib untuk diabadikan ke dalam sebuah foto.

Baca: PANTAI NGRAWE Gunungkidul Tiket & Daya Tarik

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia memang masih sangat minim. Hanya terdapat area parkir dan toilet saja. Untuk toilet itupun juga tidak banyak jumlahnya. Untuk tips berkunjung ke pantai ini wisatawan disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

Alamat Pantai Kwaru

Destinasi wisata ini beralamat di Dusun Petir, Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Wonogiri. Berjarak sekitar 69 Km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih dua jam perjalanan.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 17

Berikan Rating