Beranda Tiket Wisata

Telaga Biru Semin Tiket Gratis Pesona Mini Raja Ampat September 2022

0
Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Semin, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 57562

Di Daerah Istimewa Yogyakarta tampaknya semua hal bisa menjadi pesona wisata yang menarik. seperti halnya Telaga Biru Semin yang ada di Gunung Kidul. Bekas proyek pertambangan batu putih yang kini menjadi salah satu destinasi wisata unik.

Pesonanya terlihat dari cekungan-cekungan daratan berisi air yang berwarna kebiruan. Jika dari atas warna air di tiap cekungan berbeda-beda. Ada yang berwarna hijau, toska hingga biru laut. Berpadu dengan tebing-tebing kapur di sekitarnya menjadi pesona yang menawan. Tak hanya telaga, wisatawan juga bisa melihat pemandangan perbukitan hingga persawahan. Karena keindahannya banyak yang menyamakan tempat ini dengan Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin

Menariknya untuk menikmati keindahan tempat ini wisatawan tidak akan dikenai biaya masuk. Hingga saat ini untuk masuk ke area Telaga Biru masih gratis. Wisatawan hanya perlu membayar untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Telaga Biru Semin
Tiket MasukGratis
Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: DE MANGOL Gunung Kidul Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Telaga Biru Semin

Tempat wisata ini selalu buka selama 24 jam. Wisatawan bisa datang kapan saja. Namun waktu terbaik untuk berkunjung pada saat pagi atau sore hari. Selain itu datanglah saat hari cerah. Ketika hujan jalan menuju lokasi sangat becek dan kurang ideal dan cukup berisiko.

Jam Buka Telaga Biru Semin
Setiap Hari24 Jam

Keindahan Yang Terbentuk dari Hasil Pertambangan

Keindahan telaga dengan airnya yang berwarna biru
Pemandangan indah perpaduan antara telaga berwarna biru dan tebing-tebing kapur. Foto: Gmaps/ari_jogja

Berada di kawasan rangkaian perbukitan kapur, awalnya tidak ada yang menarik dari tempat ini. Aktivitas tambang yang menimbulkan cekungan lama-kelamaan terisi air hujan. Tanpa diduga air di cekungan tersebut berwarna biru dan menjadi seperti sebuah telaga yang indah. Penyebabnya yaitu keberadaan ganggang yang tumbuh di dasar cekungan. Semakin lama semakin banyak area yang tergenang air dan menambah kecantikannya.

Selain telaga, perpaduan tebing kapur dan perbukitan hijau yang mengelilingi tempat ini juga terlihat apik. Wisatawan bisa naik ke atas bukit untuk menikmati pesona telaga secara luas. Di kejauhan sawah dan hutan hijau terbentang begitu menyegarkan mata. Setiap sudut dari tempat ini memang sangat cocok sebagai area foto yang unik dan estetik.

Baca: Embung Nglanggeran Telaga Berpagar Gunung Purba

Raja Ampat Mini

Karena keindahannya yang tidak biasa banyak yang menyebut tempat ini sebagai versi mini dari Raja Ampat. Jika terlihat dari ketinggian memang sekilas wisata ini mirip dengan ‘surga’ di Papua Barat tersebut. Air berwarna biru seakan sebuah lautan yang indah di Raja Ampat. Ditambah dengan gundukan bukit hijau di sekitar telaga menggambarkan layaknya rangkaian pulau-pulau.

Ada beberapa bagian cekungan di sekitar area. Setiap cekungan yang membentuk telaga berbatasan dengan perbukitan ataupun batuan kapur. Menariknya jika diamati warna air di setiap cekungan berbeda-beda. Ada yang berwarna hijau, toska hingga biru laut. Hal tersebut akan membuat penasaran untuk menyusuri setiap sisinya.

Baca: GUNUNG API PURBA Tiket & 5 Daya Tarik

Menikmati dari Bawah Atau Atas Bukit

Pemandangan Telaga Biru dari atas tebing kapur
Cara terbaik untuk menikmati keindahan dari tempat ini adalah naik ke atas tebing batu kapurnya. Foto: Gmaps/Rangga dy

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan dari Telaga Biru Semin. Wisatawan bisa melihat dari dekat indahnya telaga dari tepiannya. Area tersebut juga sangat cocok sebagai tempat berfoto. Latar belakang telaga biru akan berpadu dengan pahatan indah bukit kapur yang terbentuk alami. Dengan luas setidaknya 10 hektar akan sangat puas ketika menyusuri setiap sudut dari kawasan wisata.

Wisatawan juga dapat naik ke atas gundukan-gundukan tebing kapur yang tersebar di Komplek wisata. Kemudian dari atas akan terlihat indahnya pesona Telaga Biru dari ujung ke ujung. Pemandangan yang mirip dengan Raja Ampat bisa terlihat dari atas tebing ini. Sedangkan waktu terbaik untuk berkunjung yaitu setelah musim hujan. Karena saat kemarau air di telaga mengering dan hanya menyisakan cekungan-cekungan.

Baca: PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Ragam Pesona

Keliling Naik Rakit

Air telaga yang berwarna biru toska
Pemandangan yang bisa dinikmati dari area perairan dengan menggunakan rakit. Foto: Gmaps/Dany Prasetyo

Menariknya wisatawan pun bisa menyusuri area perairan telaga. Tersedia rakit sewaan untuk berkeliling telaga. Rakit yang ada merupakan rakit tradisional yang terbuat dari bambu. Namun tidak perlu khawatir karena tidak akan mendayung rakitnya sendiri. Sudah ada pemilik yang siap sedia mengantarkan ke setiap area yang diinginkan wisatawan. Nantinya juga akan mendapatkan fasilitas pelampung agar lebih aman.

Pemandangan indah bisa dinikmati selama perjalanan menggunakan rakit. Tebing-tebing kapur dengan pahatan yang terbentuk alami menciptakan sisi eksotis tersendiri. Seolah wisatawan sedang dibawa berkeliling ke sebuah tempat purbakala.

Baca: PANTAI GLAGAH Panorama Unik Tiket Terjangkau

Nikmati Sunset di Telaga Biru Semin

Ketika senja tiba wisatawan akan disuguhi bonus pesona alam yang memanjakan mata. Terletak di kawasan perbukitan menjadikan tempat ini cocok sebagai area menikmati sunset. Telaga biru, tebing kapur dan hijaunya hutan berpadu dengan langit jingga di sore hari. Momen-momen seperti itu tentu sangat cocok dinikmati bersama kerabat atau orang-orang tersayang.

Foto Instagramable

Keindahan telaga biru berpadu dengan tebing kapur di sisinya
Cekungan dengan airnya yang berwarna biru dan tebing kapur di sisinya menciptakan pesona yang tidak bisa. Foto: Gmaps/Heru Riyanto

Bagi penggemar fotografi setiap sudut dari tempat wisata ini adalah keindahan. Tak hanya berfoto dengan latar belakang telaga yang biru airnya. Tebing-tebing kapur dengan pahatan yang terbentuk alami di sisinya juga terlihat cantik.

Fasilitas Telaga Biru

Meski indah sayangnya untuk fasilitas yang ada di tempat ini masih minim. Baru tersedia area parkir dan kamar mandi. Selain itu untuk warung makan dan minum tersedia tidak banyak. Biasanya hanya buka ketika akhir pekan. Sehingga ada baiknya membawa perbekalan bagi yang berkunjung di hari-hari biasa.

Lokasi Telaga Biru

Destinasi wisata ini beralamat di Karangwuni, Candi Rejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya berada di perbatasan antara Sukaharjo dengan Gunung Kidul.  Berjarak sekitar 34 Km dari pusat kota Gunung Kidul. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 26

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini