Beranda Tiket Wisata

Gunung Pegat Sukoharjo Tiket & Aktivitas Menarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Pegat : Rp1.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Klile, Karangasem, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia, -

Gunung Pegat merupakan salah satu gunung dengan pemandangan yang menarik di Sukoharjo. Meski banyak yang menyebut gunung, namun ketinggiannya hanya 200 mdpl. Akan tetapi, gunung ini memiliki pemandangan yang indah, terutama pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Selain itu, panorama Gunung Lawu juga bisa terlihat dari puncak gunung ini.

Daya tarik lainnya yang ada di sini yaitu terdapat kolam renang khusus untuk pengunjung yang masih anak-anak. Tak jauh dari kolam renang, terdapat juga wahana mandi bola. Selain itu di kawasan gunung ini juga terdapat pasar rakyat yang menjual beragam kuliner tradisional khas penduduk lokal. Di area gunung ini pengunjung juga bisa berkemah untuk menikmati pemandangan langit yang bertabur bintang-bintang.

Harga Tiket Masuk Gunung Pegat

Untuk bisa berwisata di Gunung Pegat perlu membayar tiket masuk yang sangat murah. Walaupun memang harga tersebut belum termasuk biaya parkir. Biaya lainnya di area wisata ini yaitu biaya masuk kolam renang yang harganya juga terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Per orang Rp1.000
Fasilitas di Gunung Pegat
Parkir motor/mobil Rp2.000/Rp5.000
Sewa area berkemah Rp5.000
Wahana berenang dan bermain Rp5.000-Rp15.000
Jajanan di Pasar Rakyat Paling mahal Rp5.000

Baca: GUNUNG SEPIKUL Sukoharjo Tiket & Eksotisme Batuan Unik

Jam Buka Gunung Pegat

Gunung Pegat terbuka untuk umum Selama 24 jam. Gerbang masuk ke sini dijaga oleh Bapak Sri Yono, seorang penjaga gerbang yang sering menginap di area parkir. Namun, terkadang jika Bapak Sri Yono memiliki keperluan, maka beliau akan menutup gerbang dan turun dari gunung.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Menikmati Pemandangan dari Puncak Gunung Pegat

Pemandangan di puncak Gunung Pegat
Di puncak Gunung Pegat pengunjung bisa melihat Gunung Lawu dan perbukitan dari kejauhan, serta hamparan sawah di bagian bawah. Foto: Google Map/Arifin Yahya

Gunung Pegat memiliki daya tarik yaitu pemandangan yang sangat memukau. Pemandangan tersebut antara lain matahari terbitnya. Untuk bisa melihat matahari terbit secara keseluruhan, maka sebaiknya sudah berada di puncak jam 05.00 pagi. Namun, jika ingin sedikit lebih santai bisa berkemah di sini dan bersiap pada jam yang sama. Jika cuaca cerah, di sebelah timur bisa terlihat pemandangan Gunung Lawu dan bukit-bukit di sekitarnya.

Daya tarik lain dari gunung ini yaitu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke puncaknya. Puncak gunung ini berada hanya 200 mdpl. Meski begitu pemandangan dari sini tetap terlihat spektakuler seperti di gunung lainnya. Selain dengan berjalan kaki, pengunjung juga bisa menjangkau puncaknya dengan kendaraan. Dengan jalanan yang sudah beralas beton halus membuat akses menuju area wisata ini menjadi mudah.

Baca: GUNUNG LAWU Tiket & 5 Jalur Pendakian

Area Foto Mempesona di Puncak Gunung Pegat

pengunjung berfoto di tiang bendera
Terdapat beberapa area berfoto yang menarik di sini seperti tiang dengan bendera merah putih yang berkibar. foto: Google Map/Muhammad Hassan

Salah satu area yang yang sering menjadi incaran sebagai lokasi berfoto di Gunung Pegat yaitu puncaknya. Dari sini panorama Gunung Lawu yang menawan dan bukit-bukit di sekitrnya bisa terlihat. Selain itu hamparan sawah di bawah juga menambah keasrian pemandangan di sini. Keindahan seluruh pemandangan tersebut semakin memikat ditambah dengan cahaya matahari yang baru terbit. Dengan latar belakang tersebut hasil foto akan terlihat lebih dramatis.

Selanjutnya terdapat beberapa wahana yang juga menarik sebagai tempat berfoto, yaitu di bangku dengan bingkai berbentuk hati. Kemudian tersedia juga beberapa replika seperti bagian depan rumah mini, balon terbang, kapal, dan sayap yang membentang. Di dekat tepi puncak, tersedia juga bangku-bangku taman untuk istirahat atau berfoto sambil duduk. Tak hanya itu, ada juga tiang dengan bendera merah putih yang berkibar dan tangga pelangi sebagai area berfoto.

Berkemah Hingga Berenang

anak-anak berenang di kolam renang
Pengunjung juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain dan berenang di Gunung Pegat. Foto: Google Map/Nanga Parbat

Ada beberapa aktivitas yang menarik untuk dilakukan di Gunung Pegat. Aktivitas pertama yaitu berkemah di puncak gunung. Untuk berkemah pengunjung perlu membayar sewa area. Apabila tidak memiliki tenda, tersedia tempat penyewaan tenda. Pengunjung bisa menikmati pemandangan lebih lama dan tidak terlambat untuk melihat matahari terbit jika berkemah.

Aktivitas selanjutnya yaitu mengajak anak-anak untuk berenang di Kolam Ketjeh. Kolam ini merupakan kolam renang khusus anak yang berlokasi tak jauh dari tepi gunung. Kemudian di dekat kolam renang, terdapat beberapa wahana permainan lainnya, seperti trampolin. Tidak hanya itu, tersedia juga wahana mandi bola, mini coaster, mobil-mobilan, komidi putar helikopter, dan hand boat.

Mitos Sebagai Gunung Putus Cinta

Beredar mitos mengenai julukan Gunung Pegat yang merupakan gunung putus cinta. Menurut cerita para orang tua setempat, dahulu banyak pasangan yang memilih gunung ini sebagai lokasi untuk putus dengan kekasihnya. Dari kejadian tersebut, maka terbentuklah mitos gunung putus cinta.

Mitosnya, jika ada sepasang kekasih yang berwisata ke sini, maka akan putus ketika pulang dari gunung ini. Tidak hanya terjadi kepada pasangan yang belum menikah, mitos tersebut juga berlaku kepada pasangan yang sudah menikah. Jika pasangan yang baru menikah 40 hari dan berkunjung ke sini maka sepulangnya dari sini akan berpisah.

Fasilitas di Gunung Pegat

Fasilitas yang ada di gunung ini tergolong cukup lengkap seperti toilet, tempat parkir, dan musala. Selain itu, di sini juga tersedia area permainan anak dengan aneka wahananya. Kemudian, tersedia warung makan, area berkemah, tempat penyewaan tenda, gazebo, dan beberapa area berfoto.

Lokasi Gunung Pegat

Gunung Pegat berlokasi di Dusun Klile, Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Jika berangkat dari alun-alun Sukoharjo pacu kendaraan sejauh 13,5 km ke arah selatan di jalan utama menuju Wonogiri. Lalu, apabila berangkat dari Wonogiri, bawa kendaraan melalui jalan Wonogiri-Klaten.

Patokan untuk ke gunung ini yaitu Bank BRI Unit Tiyaran. Dari sini belok kanan di belokan kedua setelah bank tersebut. Ikuti jalan sejauh 1,2 km dan sesampainya di area persawahan belok kiri hingga menemukan plang penanda area gunung tersebut. Lokasi wisata ini bisa dijangkau menggunakan motor dan mobil serta belum adanya akses kendaraan umum.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 18

Berikan Rating