WISATA WADUK WADASLINTANG Tiket, Lokasi & Daya Tarik Februari 2024

WADUK WADASLINTANG

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Sigudeg, Sendangdalem, Padureso, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia, 54394

Waduk Wadaslintang merupakan bendungan yang terletak di dua kabupaten, yaitu Wonosobo dan Kebumen. Menempati lahan seluas ribuan hektar membuatnya memiliki fungsi yang begitu penting bagi masyarakat. Meskipun sudah berdiri sejak 1988, bendungan ini tetap beroperasi dengan baik. Bahkan di masanya, banyak negara lain yang memuji konstruksi Waduk Wadaslintang ini.

Waduk Wadaslintang sendiri memiliki fungsi utama sebagai PLTA dan irigasi. Selain itu juga sebagai sarana rekreasi bagi wisatawan. Wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari memancing hingga permainan air. Hal ini juga didukung dengan suasana waduk yang masih asri dan udara yang sejuk.

Harga Tiket Masuk Waduk Wadaslintang

Objek wisata ini menetapkan tarif yang masih terjangkau. Wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir sesuai dengan kendaraan. Ditambah lagi, jika wisatawan ingin menikmati berbagai wahana yang tersedia, akan ada biaya tersendiri.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
BerperahuRp10.000
Tarif Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: Pesona Kayangan Kebumen Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Waduk Wadaslintang

Objek wisata ini belum menentukan jam operasional khusus. Namun umumnya, wisatawan akan meninggalkan tempat wisata saat sore menjelang petang.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Indah dan Sejuknya Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang Wonosobo
Waduk Wadaslintang Kebumen. Foto: Gmap/Arzha Ali Rahmat

Waduk Wadaslintang, menempati area seluas 2.626 hektar. Yang mana kawasannya berupa hutan pinus dan pepohonan yang rimbun, serta sebuah danau untuk waduk. Bagian dam sendiri memiliki panjang 650 meter, dengan ukuran tinggi 116 meter dan lebar 10 meter. Dengan luas ini, waduk dapat menampung sebanyak 443 juta meter kubik air.

Air danau di waduk sangat jernih, bahkan wisatawan dapat melihat pantulan langit dan pepohonan di permukaan air. Air pun cenderung tenang, sehingga pemandangan tampak begitu damai. Di sekitar waduk, wisatawan juga dapat menyaksikan pepohonan rimbun, yang membuat asri kawasan waduk. Ada juga area khusus yang berupa hutan pinus.

Selain pepohonan, waduk juga dikelilingi dengan perbukitan yang berselimut pepohonan hijau. Sementara di kawasan lain yang tidak terdapat pepohonan, tumbuh rumput hijau yang menghampar. Di sisi bukit berumput itu, wisatawan dapat menyaksikan terjunan air. Yang mana langsung menuju danau waduk, menimbulkan sensasi riak dan kabut unik di bawahnya.

Baca: Alun-alun Kebumen Wisata Murah Tengah Kota

Mengunjungi Uniknya Lubang Sewu

Lubang Sewu
Lubang Sewu. Foto: Gmap/Sugi Arto

Tak hanya indah, Waduk Wadaslintang juga memiliki keunikan tersendiri. Yaitu keberadaan Lubang Sewu yang lokasinya tak jauh dari lokasi waduk. Lubang Sewu adalah ribuan lubang dari batuan kapur yang terbentuk alami. Proses terbentuknya pun sudah terjadi selama puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.

Batu-batu kapur ini tersusun bertumpuk-tumpuk di tepi waduk. Warna batu-batu ini tampak putih, sedikit cokelat di beberapa sisinya karena bekas air. Tumpukan batu akan terlihat tinggi saat musim kemarau. Karena air tidak menggenangi bagian bawah kawasan ini.

Wisatawan dapat menaiki batu-batuan ini, karena cukup aman dengan permukaan datarnya. Namun harus tetap berhati-hati ketika melangkah, karena tidak ada pengaman khusus di sekitar sini. Lokasinya cocok menjadi spot foto yang unik. Apalagi saat sore jelang matahari terbenam, pemandangannya akan lebih indah.

Baca: Pantai Surumanis Kebumen : Tiket & Daya Tarik

Berkeliling Danau dengan Perahu

Perahu untuk Berkeliling Danau
Perahu untuk Berkeliling Danau. Foto: Gmap/Mafa Ikhir

Wisatawan bisa menikmati keindahan danau dengan berkeliling menggunakan perahu. Kawasan Waduk Wadaslintang ini begitu luas, sehingga dapat dijelajahi perairannya. Suasana syahdu dengan semilir angin akan terasa ketika perahu berjalan. Untuk menggunakan perahu wisatawan cukup membayar dengan harga murah.

Di beberapa titik danau terdapat keramba, yaitu tempat penangkaran ikan. Beberapa peternak ikan air tawar menggunakan danau sebagai habitat penangkar ikan. Berupa kolam terapung dari kayu dan tong besar. Wisatawan bisa juga mampir ke keramba untuk membeli ikan langsung dari peternak.

Selain perahu, wisatawan juga dapat mengitari kawasan danau dengan sepeda kayuh. Lajunya lebih pelan, sehingga lebih aman. Serta wisatawan bisa lebih puas menikmati setiap titik kawasan danau. Namun tentunya, perlu sedikit ekstra tenaga untuk mengayuh sepeda ini.

Baca: Hutan Mangrove Kebumen Tiket, Pesona & Aktivitas

Memancing di Waduk

Waduk Wadaslintang juga menjadi habitat dari beberapa jenis ikan air tawar. Beberapa ikan menjadi sumber tangkapan nelayan yang kemudian dijual langsung kepada pengunjung. Ada yang dijual dalam kondisi mentah, ada juga yang sudah diolah. Umumnya diolah dengan cara dipanggang.

Namun, wisatawan juga tetap bisa mendapatkan ikan tanpa membeli. Yaitu dengan cara memancing langsung dari waduk. Ada spot-spot yang dapat dikunjungi wisatawan untuk melempar kail. Atau bisa juga menyewa perahu untuk ke tengah danau dan memancing di sana.

Suasana danau cukup tenang, sehingga tak sulit mendapatkan ikan. Apalagi, memancing juga dapat menjadi sarana untuk merilekskan pikiran. Jenis ikan yang biasa didapatkan di sini adalah ikan nila, patin siam, hampal, brek, dan betutu.

Bermain Seru dengan Banana Boat

Di Waduk Wadaslintang memang tidak boleh untuk berenang. Karena danau yang terbilang dalam. Namun, wisatawan tetap bisa bermain banana boat. Wahana air sewaan ini cocok untuk menikmati sensasi seru bermain air.

Wisatawan akan mendapat perlengkapan khusus seperti pelampung, supaya aman ketika bermain. Dan tentunya, tiap permainan akan mendapat pengawasan pemandu yang akan turut naik di atas pelampung.

Baca: GOA JATIJAJAR Tiket & Pesona

Menikmati Sore di Waduk Wadaslintang

Menikmati Sore di Waduk Wadaslintang
Menikmati Sore di Waduk Wadaslintang. Foto: Gmap/Ade Ard

Sore adalah waktu yang tepat bagi wisatawan menikmati suasana di sini. Ada banyak spot yang menampilkan pemandangan matahari terbenam yang menawan. Wisatawan bisa juga berjalan-jalan santai atau menaiki sepeda di jalanan aspalnya. Pemandangan dari atas jalanan sungguh indah dan memanjakan mata.

Fasilitas

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum penunjang. Seperti toilet, mushola, lahan parkir, serta warung. Ada juga taman bermain anak di kawasan waduk yang dapat dinikmati secara gratis.

Lokasi Waduk Wadaslintang

Waduk ini berlokasi di Sigudeg, Sendangdalem, Kec. Padureso, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54394. Berjarak hanya 22 kilometer dari Alun-alun Kebumen dengan jarak tempuh hanya 40 menit berkendara.

Rating Pembaca

4.6 - 29 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: