Beranda Tiket Wisata

LEMBAH TEPUS Bogor tiket & pesona air terjun bertingkat Desember 2021

Lembah TepusHarga Tiket: Rp10.000 - Rp20.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: 085773367168Alamat: Jl. Curug Cigamea, Gn. Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Lembah Tepus adalah destinasi wisata berupa sungai dan air terjun bertingkat di Bogor. Lokasinya termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Air terjun bertingkat dengan air yang berwarna biru jernih jadi daya tarik utamanya. Berpagar panorama alam yang asri, Lembah Tepus sangat pas menjadi ‘pelarian’ singkat di akhir pekan.

Tiket Masuk Lembah Tepus

Wisatawan akan dikenai dua jenis tiket untuk berkunjung ke Lembah Tepus. Pertama, tiket masuk TNGHS dan kedua adalah tiket masuk area wisata. Sedangkan tiketnya sudah termasuk asuransi.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp10.000
Tiket CampingRp20.000
Parkir Motor Rp5.000
Parkir Mobil Rp10.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Lembah Tepus buka setiap hari untuk wisatawan umum. Pengunjung bisa datang sejak pagi hari. Tidak ada penginapan atau area berkemah di sekitar curug. Sehingga, pengunjung hanya bisa menikmati wisata di sini hingga malam hari.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Wisata Sungai & Air Terjun Bertingkat Lembah Tepus

Lembah Tepus, destinasi wisata alam di Bogor
Destinasi wisata alam berupa sungai dan curug alami dengan air yang jernih – Foto: Google Maps/Abdul Hamid

Berwisata ke Bogor rasanya tidak akan pernah terasa membosankan. Daerah ini selalu memiliki hal baru yang bisa ditawarkan. Potensi alamnya selalu jadi favorit terutama bagi warga di kota tetangganya. Salah satu keindahan alam yang belakangan semakin populer yaitu Lembah Tepus.

Lembah Tepus merupakan aliran sungai di hutan dengan curug alami. Karena posisinya yang berada di lembah, air terjunnya membentuk beberapa tingkat secara alami. Lokasinya berada di hutan yang masih terjaga kelestariannya.

Kondisi ini membuat kawasan wisata ini jadi primadona wisata terbaru dari TNGHS. Airnya yang berwarna biru dan jernih membuat siapapun terpesona. Terlebih lokasinya dekat dari ibukota Jakarta. Bagi yang mencari suasana alam untuk berakhir pekan, Lembah Tepus adalah tempat yang layak sebagai tujuan rekreasi.

Baca Juga: CURUG KONDANG GSE Tiket & Ragam Pesona

Trekking Singkat

Jalan setapak ke curug
Jalan setapak yang harus ditempuh untuk bisa sampai ke lokasi curug. Cocok untuk penyuka kegiatan trekking – Foto: Google Maps/Yermia Tangguh

Memasuki kawasan wisata, pengunjung akan mendapati area parkir yang luas. Ada berbagai warung dan kios yang berdiri di sini. Sebelum masuk, pengunjung bisa membeli perbekalan yang diperlukan.

Setelah melewati loket, wisatawan harus berjalan kaki menuju lokasi curug. Waktu tempuh sekitar 10 menit. Namun tenang saja karena jalan setapak yang dilalui tidak se-ekstrem jalan masuk area wisata ini. Jalan ini juga berhiaskan bunga-bunga layaknya taman di tengah hutan.

Jalan setapak yang tersedia sudah rapi dan memiliki pagar pengaman. Sedangkan konturnya cukup landai dengan permukaan berbatu. Anak-anak maupun lansia bisa melakukan trekking dengan nyaman di sini. Sepanjang perjalanan, bunga-bunga cantik dan hutan yang asri di kanan-kiri akan memanjakan mata.

Sebelum mencapai lokasi curug, terdapat sebuah musala. Tidak jauh dari sini, ada deretan toilet dan kamar mandi. Fasilitas ini tidak ada di sekitar area curug. Jadi, wisatawan yang ingin beribadah bisa berhenti dahulu di sini.

Wisata terdekat: CURUG CIGAMEA Tiket, Aktivitas & Pesoan

Wisata Alam Instagramable

Aliran air terjun dengan kolam yang bersih dan jernih
Jernihnya aliran sungai yang mengalir – Foto: Google Maps/Rizky Oktavian

Sebelum tiba di curug, wisatawan akan menyeberangi jembatan bambu sederhana. Jembatan ini melintang di atas aliran sungai utama Lembah Tepus. Kemudian dari jembatan ini, pengunjung bisa melihat pemandangan curug bertingkatnya.

Daya tarik utama objek wisata ini yaitu sungai dengan air terjun dan kolam-kolamnya. Aliran sungai alaminya terisi batuan berukuran kecil hingga sangat besar. Diantara bebatuan tersebut, terdapat aliran air terjun.

Di berbagai sudutnya, pengunjung dapat menjumpai kolam-kolam berbagai ukuran. Ada kolam sedalam 1 meter hingga 4 meter. Yang paling menarik perhatian tentu saja kualitas airnya. Air dari mata air pegunungan ini tampak berwarna biru dan sangat jernih.

Baca Juga: RANGGON HILLS Wisata Selfie Di Gunung Salak

Kolam Alami Sejernih Kristal

Asyik bersantai menikmati olam alami Lembah Tepus
Wisatawan menikmati segarnya air kolam alami di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Gusti

Kejernihan air di Lembah Tepus memang mengundang untuk diselami. Dengan mata telanjang saja, dasar kolam dan sungainya sudah bisa terlihat. Selain itu, airnya sejuk akan menyegarkan tubuh. Wisatawan bisa berenang di kolam-kolam yang tersedia.

Untuk anak-anak, disarankan untuk bermain di kolam dengan kedalaman 1 meter.  Ada penyewaan pelampung bagi yang ingin bermain di kolam yang lebih dalam. Petugas jaga akan terus memantau keamanan dan keselamatan pengunjung dari sekitar curug. 

Di sekitar sungai, terdapat warung dan sejumlah shelter. Shelter untuk tempat beristirahat ini memiliki desain yang agak unik. Posisinya sedikit ‘mengapung’ dan menggunakan perpaduan kayu dan tali. Talinya terbuat dari jaring yang bisa menjadi tempat bersantai bagi wisatawan.

Baca Juga: BUKIT PANORAMA Gunung Salak Endah Tiket & Aktivitas

Fasilitas Lembah Tepus

Lembah Tepus memiliki area parkir yang luas. Warung atau kios bisa dijumpai di area parkir dan sekitar air terjun. Mushola, kamar mandi, dan ruang ganti berada beberapa meter sebelum lokasi curug. Banyak juga tersedia gazebo dan saung untuk beristirahat.

Lokasi Lembah Tepus

Lembah Tepus adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Tepatnya di Kampung Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jalan masuknya berada di samping Villa Kita di Jalan Gunung Picung.

Medan Jalan Menanjak Berbatu

Lembah Tepus terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Kawasan ini sudah populer sejak lama sebagai destinasi wisata alam. Terutama karena hutan alami dan banyaknya curug yang terdapat di sini. Karena itu keberadaan Lembah Tepus pun menambah panjang daftar opsi curug di sini.

Tidak ada kendaraan umum yang melintasi kawasan ini. Wisatawan harus bersiap menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, medan jalannya akan cukup menantang. Meskipun tidak terlalu panjang, namun bisa jadi merongrong kondisi kendaraan.

Untuk mengunjunginya, wisatawan harus sedikit berjuang melewati akses jalan yang terbatas. Jalan menanjak dan berbatu akan jadi teman selama perjalanan. Terlebih lebar jalan hanya muat untuk satu mobil saja. Benar-benar jalan yang cukup menguji ketahanan kendaraan, baik motor maupun mobil.

Tanggapan:

4.1 / 5. dari 25

Kasi Bintang