Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Pemalang Wisata Murah Lengkap Tengah Kota Oktober 2021

Alun-alun PemalangHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Jend. Sudirman, Kebondalem, Pemalang, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia, 52312

Alun-alun Pemalang merupakan salah satu sarana wisata tengah kota yang menarik. Taman dengan luas setidaknya 1 Hektare ini juga menjadi ikon kota yang terkenal dengan nanas madunya. Selain ikon, Alun-alun Pemalang juga menjadi ruang terbuka hijau yang menjadi penyejuk kawasan perkotaan. Karena banyaknya pepohonan serta rerumputan yang memenuhi area di tengah alun-alun.

Taman ini juga sering menjadi tujuan rekreasi bagi wisatawan yang singgah di Pemalang. Hal ini karena berbagai kuliner juga tersaji di sekeliling alun-alun. Tidak hanya itu, area paving serta di tengah alun-alun juga dapat menjadi area olahraga. Tak sedikit anak-anak dan orang dewasa yang menghabiskan waktu berolahraga di sini.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Pemalang

Untuk menikmati objek wisata ini, wisatawan tidak perlu khawatir. Karena tidak ada biaya tiket masuk. Hanya saja perlu menyiapkan uang untuk tarif parkir. Serta siapkan kocek untuk membeli kuliner di kawasan objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 4 Destinasi Wisata Menarik di Pemalang

Jam Buka Alun-alun Pemalang

Alun-alun Pemalang dapat dinikmati kapan saja. Mulai dari pagi, siang, sore, hingga malam hari. Dan wisatawan akan menemukan kesan tersendiri di setiap suasananya.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Ruang Terbuka Hijau di Alun-alun Pemalang

Berolahraga di Kawasan Alun-alun
Berolahraga di Kawasan Alun-alun. Foto: Gmap/Iam SeML

Alun-alun Pemalang salah satu tujuan wisatawan ketika berada di Pemalang atau melewati kota ini. Selama di sini wisatawan dapat menikmati ruang terbuka hijau yang luas. Ditambah dengan bangunan-bangunan penting dan kantor pemerintahan Kabupaten Pemalang.

Alun-alun ini berbentuk melingkar yang bagian tengahnya berupa lapangan rumput yang luas. Dengan beberapa area yang terbuat dari paving block untuk area tiang bendera. Ada juga beberapa spot terdapat ikon-ikon khas Pemalang. Sedangkan areanya sendiri penuh dengan pepohonan rindang. Selanjutnya sebagai pembatas jalan terdapat paving block melingkar.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di objek wisata ini. Wisatawan dapat menikmati kuliner yang ada di tepian alun-alun. Pada saat pagi atau sore, tempat ini menjadi tujuan yang tepat untuk berolahraga ringan. Seperti jogging, bersepeda santai, hingga bermain bola di area rerumputan.

Berfoto di Ikon Alun-alun Pemalang

Patung Nanas Madu Belik
Patung Nanas Madu Belik. Foto: Gmap/Parikesit sadewo

Alun-alun Pemalang selain hijau dan teduh, juga penuh ikon unik. Wisatawan seringkali berfoto di ikon-ikon ini. Salah satunya adalah ikon bertuliskan “Pemalang” di salah satu sisi alun-alun. Tulisan ini dibuat berwarna-warni dengan font yang unik.

Wisatawan biasanya berdiri di samping tulisan ini supaya tulisan terlihat keseluruhan. Atau berfoto di depan tulisan ini. Ada juga patung pejuang yang membawa bambu runcing sebagai senjatanya. Patung ini sebagai bentuk penghormatan terhadap para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Yang tak kalah menarik, ada sebuah patung nanas dengan badan berwarna emas dan daunnya berwarna hijau. Patung ini dikenal juga dengan patung Nanas Madu Belik. Buah nanas dipilih karena merupakan buah unggulan dari Kabupaten Pemalang. Yang rasanya manis, seolah mengandung madu di dalam buah tersebut.

Baca: Widuri Water Park Pemalang Tiket & Wahana

Mencicipi Berbagai Kuliner di Alun-alun Pemalang

Sate Loso Khas Pemalang
Sate Loso Khas Pemalang. Foto: Gmap/Hengky Kik

Ketika berada di Pemalang atau sedang di alun-alun, singgahlah untuk berwisata kuliner. Berbagai makanan khas Pemalang tersedia di objek wisata ini. Wisatawan dapat mudah menemukan berbagai kuliner ini karena tersebar di kawasan sekitar alun-alun. Mulai dari penjaja makanan keliling, booth makanan, hingga warung-warung tenda.

Sedangkan di sebelah utara alun-alun, wisatawan dapat menemui berbagai makanan khas. Mulai dari nasi grombyang, sate loso, lontong dekem, dan banyak lagi. Menikmati sate loso di tepi jalan alun-alun sambil menyaksikan lalu-lalang jalanan membawa memori tersendiri. Apalagi sambil menyantap sate kerbau dengan bumbu bacem dan sambal kacang yang unik.

Makanan tradisional seperti apem juga tersedia di sini. Jajanan anak-anak lain serta buah nanas madu pun ada di kawasan alun-alun. Beberapa makanan juga tersedia sebagai buah tangan. Akhirnya jangan lupa membawa buah tangan nanas madu khas Pemalang.

Baca: CURUG SIBEDIL Pemalang Tiket & Ragam Aktivitas

Wisata Malam Sekitar Taman

Objek wisata ini seolah tidak pernah tidur. Selalu ada hiburan di setiap waktunya. Pada saat malam hari selayaknya tempat wisata lain tutup, tempat ini justru semakin ramai. Berbagai hiburan tersedia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan masyarakat sekitar.

Penjaja kuliner malam mulai memadati tepian kawasan objek wisata ini. Selanjutnya tenda lesehan mulai penuh oleh para pengunjung yang duduk santai sambil menikmati berbagai sajian kuliner. Bahkan, ada juga yang menggelar tikar di area rerumputan supaya lebih luas.

Permainan anak-anak pun tak luput meramaikan suasana malam ini. Ada balon trampolin, hingga mobil hingga motor kecil untuk anak-anak. Kereta-kereta mini dengan rel berputar merupakan daya tarik favorit bagi anak-anak.

Berkeliling Kawasan Alun-alun dengan Delman

wahana mobil kayuh di alun-alun pemalang
wahana mobil kayuh di alun-alun pemalang. Foto: Google Maps/ glen padli

Bagi wisatawan luar Pemalang, berkeliling alun-alun merupakan salah satu aktivitas mengasyikan. Apalagi jika berkeliling dengan delman. Kapasitasnya dapat menampung 3 hingga 4 wisatawan sekali jalan. Tentu akan sangat menarik dan menimbulkan kesan rekreasi yang seru.

Keliling Pemalang di malam hari sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Ditarik oleh kuda yang jalannya naik turun. Berteman cerita kusir mengenai salah satu kota di jalur Pantura ini.

Jika naik delman dapat berkeliling ke luar kawasan alun-alun maka berbeda halnya dengan wahana sepeda kayuh. Di sini juga terdapat penyewaan sepeda kayuh yang badannya berupa mobil. Biasanya disewakan untuk berputar di kawasan alun-alun. Semakin seru karena sepeda berhias lampu warna-warni lengkap dengan alunan musik.

Baca: BUKIT TANGKEBAN Pemalang: Tiket & Wahana

Lokasi Alun-alun Pemalang

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Jendral Sudirman, Kebondalem, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Lokasinya berada di tengah kota sehingga tak sulit untuk menemukan taman publik ini.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini