Taman Wisata Papringan Magelang terletak di Sawangan, kabupaten Magelang. Nama Papringan diambil dari kata Pring (bahasa Jawa) yang artinya bambu. Penamaan ini cukup beralasan, karena obyek wisata adalah taman buatan bernuansa kreasi bambu.

Bambu-bambu dibuat menjadi bentuk memukau sehingga menghasilkan seni tingkat tinggi. Dibuka tahun 2018 lalu, taman ini memanjakan wisatawan dengan spot-spot berbagai bentuk dari bambu. Wisatawan pun bisa berswafoto ria dan menikmati pemandangan sekitar yang alami dengan taman bunga warna-warni.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Papringan

Taman rekreasi ini dibuka setiap hari dari pagi hingga sore. Harga tiket masuk pun sangat murah untuk setiap harinya.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Papringan
Senin – MingguRp6.000

Baca: Candi Borobudur Magelang Tiket & 4 Aktivitas

Jam Buka Taman Wisata Papringan

Taman rekreasi bertemakan landmark dunia ini buka setiap hari. Dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Senin – MingguPk. 07.00 – 17.30

Spot Foto Cantik Taman Wisata Papringan

Landmark dunia dari bambu
Daya pikat Taman Wisata Papringan terletak pada replika landmark dunia yang berbahan bambu. Foto: Google Maps/Rifki Hillman

Di Taman Wisata Papringan wisatawan bisa menikmati pemandangan indah hamparan luas persawahan. Dari sini juga dapat terlihat aktivitas warga yang sedang bercocok tanam. Taman ini dibuka dengan tujuan agar wisatawan dapat menikmati suasana pedesaan yang menyegarkan.

Terutama bagi wisatawan yang terbiasa dengan hiruk-pikuk perkotaan. Tentunya liburan ke sini akan mengembalikan semangat wisatawan. Berikut adalah aktivitas wisata yang ada di Taman rekreasi bertemakan bambu ini.

Baca: GEREJA AYAM Bukit Rhema Tiket & 5 Aktivitas Pilihan

1. Lorong Jembatan Bambu

lorong jembatan bambu taman wisata papringan magelang jawa tengah
Wisatawan menyusuri lorong jembatan bambu ini untuk menuju ke Taman Wisata Papringan Magelang. Foto : Instagram/koko_vinks

Begitu tiba di area taman, wisatawan akan menyusuri jembatan bambu yang dibuat menyerupai lorong menuju area taman. Jembatan bambu ini dibuat apik agar menarik kesan pertama yang menyambut tiap wisatawan yang datang.

Disinilah spot awal di mana pengunjung dapat berfoto berlatar belakang taman. Di bawah jembatan adalah area persawahan yang masih aktif.

Baca: Hutan Pinus Kragilan Magelang Tiket & 10 Spot Selfie OK

2. Menara Eiffel dari bambu

replika menara eiffel bambu taman wisata papringan magelang
Replika menara Eiffel yang unik terbuat dari bambu. Foto: Google Maps/ Aris Margo Susanto

Replika Menara Eiffel ala Perancis adalah ikon utama dari Taman Wisata Papringan. Setiap wisatawan yang datang berkunjung pasti tak akan melewatkan untuk berfoto dengan latar replika menara Eiffel ini.

Hal yang unik dari ikon Taman Papringan adalah bahwa replika yang sangat tinggi ini dibuat dari bambu. Inilah kenapa taman wisata ini diberi nama Papringan. Wisatawan dapat menikmati panorama alam sekitar  dari ketinggian tingkat tiga menara menggunakan tangga yang juga dari bambu.

3. Replika Opera House

replika eiffel dan replika opera house di taman wisata papringan magelang jawa tengah
Replika Eiffel dan replika Opera House di area Taman.
Foto : Instagram/wisatapapringan

Bangunan replika ini juga dibuat dari bambu dengan bentuk menyerupai Gedung Teater (Opera House) yang ada di Brisbane, Australia. Di spot ini wisatawan dapat duduk bersantai menikmati area taman yang asri dan alami.

Pengunjung juga bisa naik ke tiap tingkatnya, mengelilingi serta menyentuh atapnya pada selasar yang tersedia. Tentunya, ini menjadi salah satu spot menarik bagi wisatawan untuk berswafoto.

Baca: PUNTHUK SETUMBU Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

4. Spot Taman Bunga Warna-warni

taman bunga di area taman
Aneka bunga warna-warni menyejukkan mata terhampar di tiap bagian Taman. Foto : Instagram/dera_adin

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan indah dengan kebun bunga warna-warni di setiap bagiannya. Menyusuri taman penuh bunga, wisatawan dibuat merasa bagai sedang berwisata di kebun tulip Belanda.

Berbagai jenis bunga sengaja ditanam untuk mempercantik area taman rekreasi. Pemandangan indah yang tersaji inilah yang membuat wisatawan betah berlama-lama. Aneka jenis bunga bukan hanya mempercantik nuansa taman, tapi juga membuat suasana lebih sejuk dan teduh.

5. Kolam-kolam Taman Wisata

kolam ikan koi
Aneka ragam ikan mengisi kolam-kolam ikan yang ada di Taman Wisata Papringan Magelang Magelang. Foto : Instagram/wisatapapringan

Memasuki area Taman Bambu Papringan, wisatawan akan mendapati adanya kolam – kolam berbentuk lingkaran maupun berbentuk huruf L. Mata setiap wisatawan akan dimanjakan dengan ikan cantik yang berenang di dalam kolam. Salah satu jenis ikan yang memenuhi kolam ini yaitu ikan Koi.

Terdapat juga ikan predator pemangasa yang dapat ditemukan di kolam lain. Pada kolam lainnya, yaitu kolam ikan terapi wisatawan dapat merendam kaki sebagai salah satu terapi dengan ikan-ikan yang menggelitik kaki.

6. Gazebo

kubah gazebo bambu
Kubah Gazebo bambu bukan hanya tempat yang indah untuk berteduh, tapi juga spot menarik untuk berswafoto. Foto : Instagram/himaeun

Keindahan lain yang turut menghiasi dan melengkapi Taman Wisata Papringan adalah adanya Gazebo yang juga dibuat dari bambu. Di tempat ini wisatawan dapat berteduh dan beristirahat melepas lelah setelah menjelajahi taman. Beberapa wisatawan menggunakan Gazebo ini untuk beribadah dan bersantap bersama keluarga.

Dengan atap yang dibuat transparan, Gazebo bambu ini juga merupakan spot foto yang menarik. Dengan jalinan bambu yang dirangkai menyusun kubah gazebo akan menghasilkan gambar yang memukau. Ini menjadikannya sebagai salah satu titik favorit pengunjung.

Lokasi Tempat Wisata

Obyek Wisata ini berlokasi di Dusun Papringan,  Desa Gondowangi,  Kecamatan Sawangan,  Kabupaten Magelang,  Jawa Tengah. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi nomor 082297096661 (whatsapp).

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.