Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Ujung Berung Wisata Gratis Di Taman Cantik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-alun Ujung Berung : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Cigending No.3, Cigending, Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40611

Alun-Alun Ujung Berung menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak digemari masyarakat Bandung dan sekitarnya. Salah satunya karena rekreasi ke taman kota ini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Fasilitas yang tersedia juga tergolong lengkap, mulai dari gazebo, bangku taman, sampai jogging track. Selain itu, terdapat jalur batu-batu refleksi untuk pengobatan dan memelihara kesehatan.

Pada tahun 2015, alun-alun ini resmi terbuka untuk umum setelah mengalami renovasi. Dengan tujuan penambahan beberapa fasilitas. Seperti misalnya penambahan beberapa bola batu yang sama seperti di kawasan Asia-Afrika.

Setiap pagi dan sore akan ramai terlihat pengunjung berolahraga atau berkeliling taman sambil berjalan kaki. Tidak jarang juga yang membeli sejumlah jajanan di sekitar alun-alun dan menyantapnya sambil duduk di bangku atau gazebo.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Ujung Berung

Untuk masuk ke sini pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya perlu menyiapkan biaya jika ingin membeli jajanan di sekitar taman. Bagi yang membawa kendaraan, maka perlu menyiapkan biaya parkir sesuai jenis kendaraannya.

Harga Tiket Masuk
Per orang gratis

Baca: Harga Tiket Trans Studio Bandung & 11 Wahana

Jam Buka Alun-Alun Ujung Berung

Alun-Alun Ujung Berung beroperasi setiap hari selama 24 jam. Waktu yang nyaman untuk bersantai atau berolahraga di sini yaitu saat pagi atau sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari 24 jam

Wisata Murah Meriah di Bandung

Lantai pelangi di Alun-Alun Ujung Berung
Alun-Alun Ujung Berung menjadi salah satu tempat wisata murah meriah di Bandung karena tidak dibutuhkan tiket masuk untuk berekreasi di sini. Foto: Google Map/Arli Aditya24

Berkunjung ke Bandung tidak lengkap jika tidak mampir ke Alun-Alun Ujung Berung. Tempat ini menjadi populer karena pengunjung bisa berekreasi tanpa mengeluarkan banyak biaya. Seluruh fasilitas di taman ini bisa digunakan secara gratis, seperti gazebo dan area bermain anak. Selain itu, taman ini juga dibuka setiap hari selama 24 jam.

Alun-alun sempat mengalami proses renovasi pada tahun 2015 untuk melengkapi fasilitas. Fasilitas antara lain tempat duduk yang berbentuk seperti tribun stadion. Kemudian di dekat bangku, dibangun kolam ikan, area bermain anak, dan jogging track untuk berolahraga. Tidak hanya itu, sebagai tempat istirahat di sini juga dibangun menara gazebo.

Baca: KEBUN BINATANG BANDUNG Tiket & Atraksi

Melihat Alun-Alun dari Gazebo

Gazebo yang berbentuk seperti menara
Gazebo di sekitar alun-alun bisa digunakan sebagai tempat beristirahat sekaligus menara pandang. Foto: Google Map/Miftahur Rizqi

Pengelola menyediakan beberapa fasilitas untuk duduk dan bersitirahat, seperti bangku taman dan area duduk. Fasilitas lainnya yaitu gazebo yang berdiri di ujung utara dan selatan alun-alun. Berbeda dengan tempat lain, gazebo di sini dibangun seperti menara pandang. Untuk sampai ke atas, pengunjung harus menaiki tangga yang cukup tinggi.

Karena bangunannya yang cukup tinggi, dari sini pengunjung bisa melihat hampir seluruh pemandangan alun-alun. Dari kejauhan bisa terlihat Masjid Agung yang berdiri dengan kokoh. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan gazebo ini sebagai tempat untuk makan atau liwetan bersama keluarga. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa melihat gunung dari gazebo ini.

Baca: KIARA ARTHA PARK: Tiket Aktivitas & Atraksi

Olahraga di Alun-Alun Ujung Berung

Pengunjung yang berolahraga di Alun-Alun Ujung Berung
Area untuk berolahraga yang nyaman seperti jogging track. Foto: Google Map/Dian Saptadi

Alun-Alun Ujung Berung memiliki desain yang nyaman untuk berolahraga. Wilayahnya yang luas bisa menjadi tempat untuk olahraga bulu tangkis atau senam. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat jogging track yang cukup nyaman. Jogging track ini memiliki luas jalan 3 meter dan panjang trek sekitar 50 meter.

Ambil waktu pada pagi atau sore hari jika ingin berolahraga di sini. Suasana yang teduh dan udara yang sejuk akan membuat olahraga terasa nyaman. Selain jogging, pengunjung juga bisa bersepeda mengelilingi area taman. Namun, harap berhati-hati karena jalanan di sekitar taman lumayan padat, terutama jika mendekati pasar.

Aktivitas Seru di Alun-Alun

Ada beberapa aktivitas seru selama berada di Alun-Alun Ujung Berung, salah satunya berfoto. Beberapa area di sini bisa menjadi tempat berfoto yang menawan. Pengunjung bisa berfoto di gazebo atau sambil duduk di bola batu yang mirip seperti yang ada di kawasan Asia-Afrika. Tempat berfoto lainnya yaitu di depan landmark atau di bangku taman dengan lantai yang bercat warna pelangi.

Di sekitar alun-alun, pengunjung juga bisa naik kuda untuk berkeliling. Lalu, pengunjung juga bisa membaca buku di sini. Di dekat kolam ikan, terdapat tempat duduk untuk bersantai sambil mengamati suasana alun-alun.

Aktivitas lain yang menarik lainnya yaitu berwisata kuliner. Terdapat beberapa pedagang yang berjualan aneka kudapan di dalam maupun luar alun-alun. Di alun-alun terdapat sebuah panggung amfiteater dengan luas panggung 5 meter. Pada saat sedang ada pertunjukkan kesenian, pengunjung bisa menonton dari area alun-alun.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di sini yaitu area duduk yang cukup luas dengan 2 buah kolam ikan di dekatnya. Kemudian ada juga jogging track dan jalur batu refleksi. Selanjutnya gazebo dan area bermain serta panggung pertunjukkan. Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain toilet, penjual makanan, musala, dan area untuk parkir.

Lokasi Alun-Alun Ujung Berung

Alun-Alun Ujung Berung berlokasi di Jalan A.H. Nasution, Kecamatan Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat. Alun-alun ini terletak di pinggir jalan sehingga mudah untuk ditemukan.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 17

Berikan Rating