Batang Dolphins Center Harga Tiket: Rp30.000 - Rp40.000 Jam Buka: 08.30 - 17.30 No. Telepon: 082326134161 Alamat: Jl. Pantai Sigandu - Ujungnegoro, Klidang Lor,Batang,Batang,Jawa Tengah,Indonesia,51216.

Indonesia memiliki taman safari yang tersebar di beberapa tempat, sesuai dengan habitat hewan. Ada di Taman Safari di Jawa Barat, Taman Safari Prigen di Jawa Timur, Bali Safari di Bali, serta Jakarta Aquarium di Jakarta. Sedangkan di Jawa Tengah Kabupaten Batang ternyata juga memiliki taman safari yang khusus menangani lumba – lumba, yaitu Batang Dolphin Center (BDC).

BDC tergabung dalam unit Taman Safari Indonesia. Selain itu, juga bekerjasama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam. Meskipun ditetapkan sebagai penangkaran lumba – lumba, tapi di sini juga terdapat hewan lainnya.

Harga Tiket Masuk Batang Dolphin Center

Meskipun tergabung dalam Taman Safari Indonesia, harga tiket BDC tidak terlalu mahal. Bahkan cukup terjangkau meskipun sedang akhir pekan maupun liburan. Selain itu, pengunjung yang ingin naik hewan lain akan dikenakan tiket tersendiri.

Harga Tiket Masuk Batang Dolphin Center
Hari biasaRp30.000
Akhir pekanRp40.000
Musim LiburanRp40.000
Tarif Naik Hewan
GajahRp25.000
UntaRp20.000
KudaRp10.000

Baca: Wisata Kebun Teh Pagilaran Tiket & Aktivitas

Jam Buka Batang Dolphin Center

Wisatawan dapat berkunjung ke taman satwa lumba-lumba ini setiap hari. Memuaskan diri menyaksikan hewan – hewan dari pagi hingga sore. Ditambah lagi, pengunjung dapat menyaksikan atraksi lumba – lumba dan hewan lainnya.

Jam Operasional
Jam Buka Setiap hari08.30 – 17.00
Pertunjukan ketangkasan hewan (Pertunjukan anjing, kucing, tikus, burung, ayam)11.00
Pertunjukan lumba – lumba13.00
Pertunjukan hewan pemangsa14.00

Atraksi di Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center Lumba-lumba
Melihat atraksi utama lumba-lumba di Batang Dolphin Center yang masih tergabung dalam Taman Safari Indonesia. Foto: Google Maps/Mays Kuroh

Batang Dolphin Center tidak hanya menjadi tempat wisata, tapi juga penangkaran dan konservasi. Tidak hanya lumba – lumba, binatang lain pun juga ditangkarkan di sini. Seperti Llama, gnu, emmu, serta satwa langka lainnya.

Lumba – lumba menjadi alasan utama pengunjung mendatangi taman satwa lumba-lumba ini. Pengunjung dapat melihat lumba – lumba di berbagai kolam. Ada yang di kolam, ada juga yang ditempatkan di aquarium besar.

Baca: Candi Gedong Songo Tiket & Aktivitas

Selain itu, ada juga atraksi lumba – lumba yang berdurasi selama 30 menit. Pengunjung dapat berfoto dan berinteraksi langsung dengan lumba – lumba ini. Pemandu juga memberikan informasi penting mengenai lumba – lumba di setiap sesi pertunjukan.

Berkeliling di Batang Dolphin Center

hewan watusi yang langka
Watusi, salah satu hewan langka yang ditangkarkan di Batang Dolphin Center. Foto: Gmap/Swastika adi

Meskipun menangkarkan banyak hewan, namun Batang Dolphin Center tidak seluas Taman Safari. Objek wisata ini berdiri di atas lahan seluas 15 hektar. Dimana terdapat kurang lebih 42 ekor hewan, baik jenis unggas, reptil, serta mamalia.

Ada watusi, gajah, beruang madu, orangutan, macan tutul, burung unta, serta kuda nil. Ditambah lagi unta, burung emu, landak, lingsang, serta hewan lainnya.

Baca: PRPP Semarang Tiket & Beragam Anjungan

Hewan – hewan ini kebanyakan hewan endemik Indonesia dan Afrika. Dikarenakan lingkungan BDC yang memiliki suhu tinggi, yaitu di atas 30 derajat celcius. Dan hewan dari Indonesia serta Afrika tahan dengan suhu ini.

Menyaksikan Pertunjukan Satwa

Atraksi lumba-lumba di Batang Dolphin Center
Pertunjukan Hewan di Batang Dolphin Center. Foto: Gmap/Naufal Rifki

Objek wisata ini menyediakan pertunjukan atraksi satwa di waktu tertentu. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan tersebut tanpa dipungut biaya lagi.

Seperti pertunjukan ketangkasan satwa. Di sini, pengunjung akan menyaksikan berbagai satwa unjuk kebolehan melakukan ketangkasan. Ada juga pertunjukan hewan buas, yang tentunya sangat menarik disaksikan.

Tak lupa, pertunjukan lumba – lumba yang menjadi daya tarik utama. Pengunjung akan menyaksikan lumba – lumba unjuk ketangkasan. Menari – nari indah di atas air, serta lucunya mereka ketika berinteraksi dengan pengunjung.

Berinteraksi dengan Hewan

Berinteraksi dengan kuda
Anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan berbagai hewan yang ada di taman satwa ini. Foto: Google Maps/RATNA SUSANTI

Di sini, terdapat hewan besar yang dapat ditunggangi oleh pengunjung. Diantaranya gajah, unta, serta kuda. Untuk menikmati naik hewan – hewan ini, pengunjung dikenakan biaya tambahan.

Berbeda dengan gajah dan unta yang dapat ditunggangi oleh semua usia. Untuk hewan kuda hanya boleh ditunggangi oleh anak – anak. Karena di sini hanya menyediakan kuda jenis poni dan kuda Madura.

Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan hewan – hewan jinak. Seperti memberi makan hewan, atau memberi makan burung di kandang khusus.

Menikmati Kunjungan ke Pantai Sigandu

Pantai Sigandu
Hanya berjarak 200 meter dari taman satwa ini pengunjung bisa bermain di Pantai Sigandu. Foto: Google Maps/ Arif R Hakim

Berjarak 200 meter dari taman wisata lumba-lumba ini pengunjung dapat mengunjungi Pantai Sigandu. Pantai nan indah di Kabupaten Batang. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah pantai lengkap dengan pepohonannya yang rindang.

Lumba – lumba yang ditangkarkan di BDC nantinya tidak selamanya dipelihara. Sebagian ditransfer ke taman safari lain di Indonesia. Sebagian lagi dilepaskan kembali ke lautan.

Lokasi Batang Dolphin Center

Objek wisata ini berada di Desa Sidomulyo, Kelurahan Klidang Lor, Kecamatan Batang, Batang. Berjarak kurang lebih 1 jam berkendara dari kota Semarang. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi no marketing BDC di 0823-2613-4161.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here