Kabupaten Batang cukup jarang disebut sebagai destinasi wisata. Padahal, potensi alam Batang tidak bisa dikesampingkan. Seperti potensi alam Wisata Kebun Teh Pagilaran dijadikan kawasan Agro Wisata. Tidak hanya menyajikan pesona hijaunya perkebunan teh tapi juga beragam aktivitas lainnya.

Bak surga yang tersembunyi, keindahannya sangat alami dan terbungkus dengan hijaunya alam. Wisata alam ini pun sudah mendapat perhatian dari pemerintah. Oleh karena itu, objek wisata ini sudah terawat dan layak dikunjungi.

Harga Tiket Masuk Wisata Wisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Memasuki kawasan objek wisata, pengunjung dikenakan tiket dua kali. Pertama pada saat masuk ke gerbang utama Wisata Kebun Teh Pagilaran. Kedua, yaitu ketika tiba di area perkebunan.

Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Teh Pagilaran Batang
Tiket di gerbang utama (per dua orang/ satu motor)Rp10.000
Tiket area perkebunan tehRp10.000

Baca: Dataran Tinggi Dieng Tiket & Area Wisata

Jam Buka Wisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Objek wisata ini buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, pengunjung dapat mengunjunginya kapan pun. Namun, saat malam hari masih jarang terdapat hiburan atau penjual makanan di sini.

Aktivitas Wisata Kebun Teh Pagilaran Batang

Danau di Wisata Pagilaran. Foto: Gmap/RACHMA AFIFAH

Berada di ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl, membuat objek wisata ini terasa sangat sejuk. Suhu rata – rata di siang hari yaitu 15 – 21 derajat celcius. Di malam hari, suhu turun di kisaran angka 15 – 18 derajat celcius.

Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat memukau. Hijaunya kebun teh yang membentang pun menjadi penyejuk mata. Tak terkecuali, pemandangan alam di sekitarnya, ditambah dengan birunya langit yang menaungi.

Serunya Berkeliling di Kebun Teh Pagilaran

keindahan perkebunan teh
Wisata Kebun Teh Pagilaran yang Mempesona. Foto: Gmap/Rizky Yoga Perdana

Di area seluas 1.130 hektar ini, kebun teh menghampar dengan leluasa. Bukit – bukit hijau penuh teh menjadi hiburan utama yang menyejukkan mata. Selain tanaman teh, juga terdapat pohon cemara yang berdiri dengan kokohnya.

Pengunjung juga dapat mencoba memetik teh di pagi hari, mulai pukul 05.00 – 06.00 WIB. Dinginnya udara tidak akan terasa tatkala sinar matahari mulai membelah kabut. Di sinilah momen yang paling dinanti para pemburu matahari terbit.

Baca: Eling Bening Ambarawa Tiket & Aktivitas

Di pagi hari, pemandangan indah lainnya yang bisa disaksikan adalah para pemetik teh. Ibu – ibu pemetik teh dengan karung besar di punggung. Siap mengangkut teh segar untuk kemudian diolah menjadi bahan minuman yang enak.

Berfoto di Dermaga Cinta

Pemandangan hamparan tanaman teh
Pemandangan hamparan tanaman teh yang menyegarkan. Foto: Gmap/Arif Akbar Navis

Dermaga Cinta menjadi salah satu spot yang diburu para pengunjung. Di sini, terdapat jembatan yang menjorok ke arah danau. Jembatan ini dicat berwarna merah dan kuning, yang membuatnya tampak cerah.

Di ujung jembatan, terdapat bingkai berbentuk hati. Ukurannya besar, dan lebih tinggi dari tinggi orang dewasa. Di sini, pengunjung dapat mengambil foto dengan latar belakang danau.

Baca: Bukit Sikunir Dieng Tiket & Aktvitas

Tidak perlu khawatir jatuh ke danau, karena kanan kiri jembatan terdapat pegangan. Ditambah lagi, ujung jembatan juga ditutup dengan pagar. Sehingga pengunjung yang berfoto tetap aman.

Dari Air Terjun hingga Outbound

Bermain flying fox di kebun teh pagilaran
Bermain wahana outbond salah satunya Flying Fox. Foto: Google Map/Jooon Beeerk

Tidak jauh dari Wisata Kebun Teh Pagilaran, terdapat air terjun yang sangat terkenal. Yaitu Curug Binorong dan Curug Kembar. Yang mana memiliki panorama sangat indah serta alami, berupa pegunungan dan kebun teh. Pengunjung pun dapat menikmati beberapa wahana outbound di kawasan wisata.

Berfoto di Tulisan Pagilaran Dermaga Cinta

Masih berada di Dermaga Cinta, ada spot lain selain bingkai berbentuk hati. Di atas jembatan sebelum sampai ke bingkai hati, terdapat tulisan “PAGILARAN”. Tulisan di atas bidang berbentuk lingkaran, yang dicat warna – warni.

Pengunjung dapat berfoto di bawah tulisan ini. Latar belakang pemandangan adalah kebun teh dan pohon cemara yang berdiri tegak. Lebih indah lagi ketika kabut sedang turun tipis-tipis.

Berfoto di Ikon Pagilaran Area Kebun Teh Pagilaran

kawasan wisata kebun teh pagilaran
Kawasan Wisata Perkebunan Teh Pagilaran Batang dengan beragam aktivitas. Foto: Google Maps/Zoel Fachmi

Selain Dermaga Cinta, ikon dengan tulisan “PAGILARAN” juga ada di area kebun teh. Ikon tulisan ini berada tepat di atas tanah. Dan di belakangnya tepat kebun teh menghampar.

Lokasinya berada di area bukit kecil. Dimana pasti akan dilewati pengunjung ketika akan memasuki area kebun teh.

Fasilitas

Bagi pengunjung yang ingin bermalam di kawasan wisata, ada beberapa alternatif pilihan penginapan. Diantaranya wisma dan homestay, dengan harga sewa mulai dari Rp 30.000-Rp 150.000. Selain itu, ada juga fasilitas olahraga serta gedung pertemuan yang disediakan.

Lokasi Kebun Teh Pagilaran

Objek wisata ini berada di Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Dari pusat Kota Batang, memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,40 / 5 pembaca