Beranda Tiket Wisata

Pantai Jodo Batang Tiket & Daya Tarik - Mei 2022

0
Pantai Jodo BatangHarga Tiket Masuk: Rp3.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Sidorejo, Sikluyu, Gringsing, Batang, Jawa Tengah, Indonesia, 51281

Batang merupakan salah satu jalur perlintasan dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah, memiliki pantai indah. Pantai ini bernama Pantai Jodo, dengan segudang keindahan dan mitosnya. Hamparan lautan biru dengan pasir kecokelatan akan menyambut wisatawan begitu sampai di area pantai. Jajaran pohon cemara juga turut menambah keindahan dan rindangnya kawasan pantai.

Selain indahnya pemandangan, banyak hal yang dapat dilakukan di Pantai Jodo. Di sini wisatawan dapat melakukan olahraga air seperti mendayung, atau hanya berkeliling dengan perahu. Bisa juga melakukan olahraga seperti sepak bola, voli, bahkan paralayang. Selain itu aktivitas bersantai sambil menikmati kuliner tradisional khas Batang juga layak dicoba.

Harga Tiket Masuk Pantai Jodo Batang

Objek wisata indah ini dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir sesuai dengan kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp3.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000

Baca: BATANG DOLPHIN CENTER Tiket & Atraksi

Jam Buka Pantai Jodo Batang

Objek wisata ini dapat dinikmati kapan saja. Umumnya, wisatawan akan datang dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Pantai dengan Bersantai

Pantai Jodo Kabupaten Batang
Pantai Jodo Kabupaten Batang. Foto: Gmap/Pangudi Kaweruh

Di tepian Pantai Jodo, terdapat kursi panjang dengan sandaran untuk bersantai. Di bawah pohon cemara udang, tepat menghadap ke arah pantai, merasakan keteduhan. Angin semilir membelai dengan lembutnya, membawa aroma khas lautan. Sepanjang mata memandang, hamparan lautan luas dengan ombak bergulung-gulung seolah menyapa.

Lautan berwarna biru dan jernih ini seraya menghampiri daratan. Membasuh keringnya pasir pantai di tepiannya. Pantai ini memiliki pasir kecokelatan yang halus dan lembut. Wisatawan dapat berjalan santai tanpa alas kaki untuk menjelajah pantai.

Kemudian di tepi pantainya wisatawan juga akan menjumpai jajaran pohon cemara udang yang rapi. Membuat kawasan semakin rimbun dan nyaman. Tak sedikit juga jajaran warung makan yang siap menyambut. Berada di sini, akan membuat betah berlama-lama menghabiskan waktu.

Baca: Sigembok Hills Top Batang Tiket & Aktivitas Menarik

Gardu Pandang dan Rel Kereta Api

Pemandangan Indah dari Gardu Pandang
Pemandangan Indah dari Gardu Pandang. Foto: Gmap/begundal 68

Berjalan ke sisi barat pantai, terdapat sebuah akses untuk naik ke tebing. Tebing ini sering menjadi gardu pandang. Apalagi jika tidak untuk melihat indahnya pemandangan pantai dari ketinggian. Serta berfoto untuk mengabadikan momen yang indah ini.

Dari atas tebing, wisatawan dapat menyaksikan hamparan lautan luas dengan ombak bergulung-gulung. Daun-daun dari pohon cemara juga tampak melambai diterpa angin. Angin semakin terasa di atas gardu pandang. Dan satu pemandangan unik dari gardu pandang, adalah keberadaan rel kereta api.

Tepat di bawah gardu pandang, terdapat jalur kereta api yang masih aktif. Tentu menjadi pemandangan yang indah sekaligus unik. Wisatawan dapat mengambil foto di kawasan ini, dengan rel kereta api sebagai latar belakangnya. Dan semakin indah ketika ada kereta api yang lewat di rel tersebut.

Baca: Wisata Kebun Teh Pagilaran Tiket & Aktivitas

Olahraga Air Favorit

Perahu Olahraga Favorit Wisatawan
Perahu Olahraga Favorit Wisatawan. Foto: Gmap/Alvin Septiyano

Bagi yang gemar olahraga air, tersedia tersedia berbagai wahana air. Salah satunya yaitu perahu dayung yang bisa digunakan untuk menjelajah area perairan sekitar pantai. Menggunakan sebuah perahu yang didayung sendiri. Tak perlu khawatir, karena ada instruktur yang akan menjaga dan mengikuti selama aktivitas berlangsung.

Tak hanya itu, bagi yang ingin lebih bersantai juga bisa berkeliling tanpa mendayung. Dengan perahu kayu yang sewaan, wisatawan bisa berkeliling perairan pantai. Harga sewa mulai dari Rp15.000 per orang, wisatawan sudah dapat berkeliling santai. Merasakan sepoi angit laut yang menerpa tubuh dengan nyaman.

Mencoba Paralayang di Pantai Jodo

Di kawasan objek wisata ini sedang dikembangkan olahraga paralayang. Wisatawan akan dapat terbang menggunakan paralayang melintasi kawasan pantai. Angin yang cukup kencang membantu menerbangkan parasut dengan baik. Bagi yang belum berani terbang sendiri, maka dapat ditemani oleh instruktur.

Olahraga Sore di Tepi Pantai

Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Tak sedikit masyarakat yang dapat ke pantai di kala sore untuk berolahraga. Sepak bola dan voli merupakan dua olahraga yang biasa dilakukan. Medan yang berupa pasir pantai cukup memberikan tantangan ketika berlari.

Tak jarang, beberapa pemain kesulitan berlari dan terjatuh. Bahkan ketika sedang membawa bola, bola sedikit terhambat ketika menggelinding. Namun, itulah salah satu tantangan ketika bermain di pantai. Yang mana justru menambah keseruannya.

Mitos di Pantai Jodo

Pantai ini terkenal juga dengan Pantai Buntu. Namun, masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan Pantai Jodo. Jodo dalam Bahasa Jawa berarti “jodoh”. Mitos yang beredar di pantai ini, konon jika datang bersama pasangan, akan langgeng.

Jika berfoto sendirian, maka tak berapa lama sejak kunjungan ke pantai, akan bertemu jodoh. Jika datang bersama teman sesama jenis, maka hubungan pertemanan atau persahabatan akan awet. Dan uniknya, jika seorang laki-laki berfoto dengan dua perempuan, di mana laki-laki berada di tengah. Maka, salah satu perempuan itu akan menjadi jodoh sang laki-laki.

Mitos ini memang terbukti secara ilmiah. Percaya atau tidak, kembali pada kepercayaan setiap individu. Namun, inilah yang kepercayaan masyarakat sekitar, yang menjadikan keunikan pantai ini.

Kuliner Ria di Tepi Pantai

Bersantai sambil Menikmati Kuliner di Tepi Pantai
Bersantai sambil Menikmati Kuliner di Tepi Pantai. Foto: Gmap/Arue

Di tepian pantai, terdapat jajaran warung yang menjual berbagai makanan tradisional. Mulai dari pecel, nasi megono, soto tauto, rujak, dan lainnya. Berbagai minuman mulai dari air kelapa muda hingga minuman bersoda juga tersedia.

Wisatawan dapat memilih makanan atau minuman yang ingin dinikmati. Dan mencari tempat di bawah rindangnya pohon cemara untuk menikmati kuliner tersebut.

Lokasi Pantai Jodo Batang

Pantai ini berlokasi di Buntu, Jalan Sidorejo, Sikluyu, Desa Sidorejo, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Berjarak kurang lebih 28 Kilometer dari pusat kota Batang. Memakan waktu sekitar 45 menit berkendara

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 15

Berikan Rating