Beranda Tiket Wisata

Monumen Jalesveva Jayamahe Tiket & Ragam Aktivitas Januari 2022

Monumen Jalesveva JayamaheHarga Tiket: GratisJam Buka: 07.00 WIB - 15.00 WIBNo Telp: (031) 3201519Alamat: Armada Timur Ujung, Ujung, Semampir, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, 60155

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah bangunan wisata sejarah yang berlokasi di Kota Surabaya. Monumen ini juga terkenal dengan sebutan Monumen Monjaya. Terletak di pesisir utara Surabaya berdiri untuk mengingat kejayaan maritim Indonesia. Saat ini area monumen menjadi salah satu tempat wisata edukasi paling terkenal di Surabaya. Selain itu bangunannya juga berfungsi sebagai mercusuar bagi kapal-kapal yang berlayar di sekitarnya.

Di bangunan setinggi 85 meter ini, wisatawan bisa melihat dan belajar sejarah dunia maritim Indonesia. Selain itu terdapat pameran kapal perang angkatan laut yang begitu besar. Wisatawan juga bisa membeli berbagai pernak-pernik dengan tema angkatan laut di pusat souvenir. Uniknya meski sudah menjadi tempat wisata, namun untuk masuk ke tempat ini ada peraturan yang ketat. Hal itu karena lokasi monumen berada di Markas TNI-AL.

Harga Tiket Monumen Jalesveva Jayamahe

Untuk masuk dan melihat keindahan monumen wisatawan tidak perlu membayar biaya alias gratis. Namun hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Namun yang jadi catatan adalah adalah berbagai macam prosedur yang perlu dipenuhi sebelum bisa berwisata ke tempat ini.

Harga Tiket Monumen Jalesveva Jayamahe
Harga tiketGratis
Parkir Kendaraan
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: SURABAYA NORTH QUAY Tiket & Aktivitas

Jam Buka Monumen Jalesveva Jayamahe

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, harus memperhatikan jam bukanya. Karena monumen ini hanya buka pada hari dan jam kerja. Sedangkan untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur monumen tutup karena petugasnya juga libur.

Jam Buka
Senin-Jumat07.00 WIB – 15.00 WIB

Monumen untuk Mengingat Nenek Moyang Indonesia

Monumen yang terletak di tepi laut
Keindahan bangunan Monumen Jalesveva Jayamahe dan pemandangan sekitarnya. Foto: Gmaps/Fadli Khair

Seperti dalam sebuah lagu bahwa nenek moyang Indonesia adalah seorang pelaut, Monumen Jalesveva Jayamahe dibangun agar untuk terus mengingat hal tersebut. Memiliki tinggi kurang lebih 60 meter, monumen ini pernah menjadi patung tertinggi kedua di dunia setelah patung Liberty. Dibangun pada tahun 1990, patung pada monumen menggambarkan seorang perwira angkatan laut lengkap dengan pedang kehormatan di tangannya. Jalesveva Jayamahe sendiri memiliki arti “Di Air Kita Berjaya”, seperti slogan dari TNI-AL.

Hal menarik dari tempat ini yaitu wisatawan bisa belajar tentang dunia maritim Indonesia. Selain itu letaknya yang berada di tepi laut membuat pemandangan indah bisa terlihat dari sini. Karena berada di Markas TNI AL maka untuk kunjungan harus memenuhi persyaratan. Persyaratannya  antara lain melakukan permohonan sebelum masuk dan juga harus berpakaian rapi.

Baca: Monumen Kapal Selam Surabaya Tiket & Daya Tarik

Koleksi di Dalam Monumen Jalesveva Jayamahe

Koleksi di dalam Monumen Jalesveva Jayamahe
Wisatawan bisa belajar sejarah kemaritiman Indonesia lewat berbagai koleksi yang ada di dalam monumen. Foto: Gmaps/Anggi Ayu Ajeng.

Memasuki bagian dalam monumen wisatawan akan melihat banyak hal menarik. Pada bagian dalam monumen terdapat berbagai macam diorama tentang sejarah kemaritiman Indonesia. Terdapat juga miniatur-miniatur kapal perang berbagai model dari masa ke masa. Selain miniatur, koleksi foto-foto kapal perang yang sedang berlayar pun juga sangat lengkap. Di bagian ruangan lain, wisatawan bisa melihat berbagai piala penghargaan yang pernah diraih oleh Angkatan laut Indonesia.

Naik ke lantai atas, berbagai koleksi foto-foto menarik tersaji di ruang ini. Gambar berbagai kegiatan TNI-AL hingga foto ketua TNI-AL dari masa ke masa bisa dipelajari oleh wisatawan. Sebagai kenang-kenangan wisatawan juga dapat membeli aneka pernak-pernik bertema angkatan laut di toko souvenir yang terdapat di dalam monumen. 

Baca: ATLANTIS LAND KENJERAN: Tiket & 5 Wahana

Pemandangan dari Puncak Monumen

Wisatawan bisa menuju hingga ke puncak monumen dengan menaiki tangga. Dari puncak, pemandangan yang luar biasa akan terlihat jelas. Pesona kapal yang berlalu lalang dan Kota Surabaya bagian utara bisa terlihat. Selain itu pemandangan Jembatan Suramadu yang menjadi penghubung Surabaya-Madura juga dapat terlihat dari sini.

Dari puncak monumen Jalesveva Jayamahe wisatawan juga bisa melihat dari dekat patung perwira angkatan laut yang menjadi ciri khas dari monumen ini. Guratan pahatan dari I Nyoman Nuarta sosok nampak sangat cantik dan detail dilihat dari dekat. Sedikit informasi bahwa I Nyoman Nuarta adalah seniman yang juga membuat patung Garuda Wisnu Kencana yang sudah sangat begitu terkenal di Bali.

Melihat Gagahnya Kapal Perang Dewa Ruci

Kapal Dewa Ruci
Wisatawan bisa melihat dari dekat Kapal Dewa Ruci yang legendaris. Foto: Gmaps/Arlina Megasari.

Di luar bangunan monumen, wisatawan bisa melihat beberapa kapal perang yang bersandar di tepi laut markas TNI Angkatan Laut. Salah satu yang paling populer yaitu Kapal Perang Dewa Ruci. Ini adalah kapal perang legendaris milik TNI-AL dan menjadi yang terbesar ukurannya. Kapal Dewa Ruci dalam sejarahnya pernah dua kali mengelilingi dunia yaitu pada tahun 1964 dan 2012.

Selain karena sejarahnya, tampilan dari Kapal Dewa Ruci ini sangatlah luar biasa sehingga sangat menarik bagi wisatawan. Tiga tiang layar besar berhiaskan bendera dari berbagai macam negara membuat kapal ini menjadi tambah menarik.

Baca: WATERPARK KENJERAN Tiket & Wahana

Gong Terbesar di Dunia di Monumen Jalesveva Jayamahe

Gong terbesar di dunia
Yang menarik di Monumen Jalesveva Jayamahe adalah adanya gong raksasa bernama Gong Kyai Tentrem. Foto: Gmaps/Kurnia Rahman.

Hal menarik lainnya yang ada di monumen Jalesveva Jayamahe adalah gong berukuran besar dan merupakan yang terbesar di dunia. Gong yang terletak di depan depan bangunan monument ini diberi nama Gong Kyai Tentrem. Wisatawan bisa mengambil foto dan mengabadikan moment di depan gong ini.

Fasilitas di Monumen Jalesveva Jayamahe

Sebagai tempat wisata yang berada di markas TNI-AL maka fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap. Area parkir, toilet, kantin makan dan minum serta pusat souvenir tersedia di kawasan wisata ini. 

Lokasi Monumen Jalesveva Jayamahe

Monumen ini terletak di markas TNI-AL yang beralamat di Armada Timur Ujung, Ujung, Kecamatan. Semampir, Surabaya. Dari pusat kota Surabaya berjarak sekitar 8,5km dan bisa ditempuh dalam waktu 20-30 menit.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 22

Berikan Rating