Beranda Tiket Wisata

ALUN-ALUN GRESIK 5 Daya Tarik Istimewa November 2021

Alun-alun GresikHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. KH. Wachid Hasyim, Bedilan, Gresik, Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61114

Gresik memang bukan kota wisata. Namun kesederhanaan kotanya memancarkan pesona tersendiri. Pesona itu bisa terasa ketika berkunjung ke Alun-Alun Gresik. Setelah mengalami renovasi selama dua tahun, alun-alun ini hadir kembali menjadi destinasi wisata menarik. Apa saja keistimewaan taman kota ini?

Tiket Masuk Alun-Alun Gresik

Alun-Alun Gresik merupakan fasilitas publik yang tidak menetapkan biaya tiket masuk. Masyarakat maupun wisatawan bisa mengunjungi alun-alun ini secara bebas.

Tiket Masuk
Harga Tiket Masuk Gratis

Baca: 4 Destinasi Wisata Terbaik di Gresik

Jam Buka

Alun-Alun Gresik selalu terbuka setiap hari sepanjang tahun. Kawasan ini selalu ramai terutama di malam hari. Banyak warga dan wisatawan yang hadir untuk berwisata kuliner di sekitar alun-alun.

Jam Operasional
Jam Buka24 Jam

Alun-Alun Gresik

Alun-ALun Gresik
Alun-Alun Gresik adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gresik – Foto: Google Maps/Satrya Wibowo

Dibandingkan Surabaya, Gresik memang tidaklah populer sebagai destinasi wisata. Daerah pelabuhan ini lebih terkenal sebagai merek produk semen. Hal ini karena kota ini memang tempat berdirinya perusahaan semen pertama dan terbesar di Indonesia.

Gresik adalah daerah yang sederhana. Jika ingin berwisata kemari, pilihannya memang tidak terlalu banyak. Beberapa yang sudah populer adalah Pantai Delegan dan Dynasty Water World.

Satu lagi yang baru setahun belakangan resmi terbuka untuk umum yaitu Alun-Alun Gresik. Sebelum proses renovasi di tahun 2017, area alun-alun merupakan tanah lapang dengan taman. Seperti alun-alun di daerah Jawa pada umumnya, tempat ini juga dulu berhiaskan pohon beringin. Saat ini, alun-alun ini menyajikan suasana yang berbeda. Lokasinya lebih nyaman untuk berbagai aktivitas bagi semua kalangan.

Baca Juga: PULAU BAWEAN Tiket & 6 Aktivitas

Suasana Madinah

Taman dalam alun-alun
Barisan pohon kurma yang menghiasi taman alun-alun – Foto: Google Maps/Denny Prasetyo

Alun-Alun Gresik sebelum mengalami penataan adalah sebuah lapangan luas dengan taman dan pepohonan. Warga Gresik biasa menjadikan tempat ini sebagai arena berolahraga maupun jalan-jalan sore. Lokasinya memang strategis karena berseberangan dengan Masjid Jami’ Gresik yang bersejarah.

Sekarang, alun-alun ini dikelilingi koridor dua lantai. Bagian dalamnya berupa taman dengan barisan pohon kurma. Keberadaan tanaman ini memberikan suasana yang lain dari sebelumnya.  Pohon kurma memang sengaja ditanam untuk memberi suasana a la Madinah.

Gresik memang terkenal sebagai kota bernuansa religi. Ini tak lepas dari perannya sebagai lokasi penyebaran agama Islam oleh Sunan Gresik. Ornamen-ornamennya juga sekilas akan mengingatkan pada suasana masjid. Lantai koridor dan pagar juga berisi ornamen bintang bersisi delapan. Taman yang penuh pohon kurma menambah kesan religi di alun-alun ini.

Arena Olahraga

Bermain futsal di taman alun-alun
Pengunjung berolahraga di salah satu sudut alun-alun yang teduh – Foto: Google Maps/Madu Asli Madu Sarang

Alun-alun biasanya identik dengan lapangan yang luas dengan jogging track. Masyarakat seringkali memanfaatkan alun-alun sebagai lokasi untuk berolahraga. Adanya koridor bertingkat membuat Alun-Alun Gresik tampak berbeda dari alun-alun biasanya.  

Namun, bukan berarti tempat ini tidak bisa menjadi arena olahraga. Adanya koridor justru memperluas trek untuk jogging di sini. Pengunjung bisa jogging keliling koridor di lantai 1 yang luas. Area ini memang cukup ramai, namun terlindung dari sinar matahari.

Jika ingin suasana yang lebih tenang, pengunjung bisa beralih ke lantai 2. Koridor ini lebih pas jika digunakan jogging di pagi atau sore hari. Pengunjung bisa berolahraga tanpa perlu takut kepanasan oleh terik matahari.

Rekreasi Keluarga

Jalur pedestrian lantai 2
Berjalan-jalan keliling alun-alun menyusuri jalur pedestrian ‘melayang’-nya – Foto: Google Maps/didik nugraha

Alun-Alun Gresik sering menjadi tujuan untuk rekreasi keluarga. Tempat ini memiliki fasilitas yang ramah untuk semua kalangan usia. Salah satunya koridor bertingkat yang menjadi jalur pedestrian. Selain tangga, ada jalur menanjak landai yang bisa digunakan kaum difabel atau lansia.

Berjalan keliling alun-alun adalah aktivitas rekreasi sederhana favorit di sini. Pengunjung bisa menikmati suasana Kota Gresik dikelilingi teduhnya berbagai pepohonan. Ada juga pendopo yang bisa menjadi tempat duduk-duduk santai.

Sayangnya, taman kota ini tidak memiliki area playground untuk anak-anak. Namun, banyak PKL yang menjajakan sewa berbagai jenis permainan anak. Salah satu yang paling laku adalah mobil dan skuter listrik. Anak-anak bisa bermain di area alun-alun yang luas.

Wisata Kuliner

Suasana malam di alun-alun
Suasana alun-alun di malam hari tampak terang benderang dengan penerangan yang cukup – Foto: Google Maps/Bunda Imah Chanel

Selama berada di alun-alun jangan lewatkan untuk berburu kuliner. Kawasan sekeliling alun-alun ramai dengan pasar kaget setiap hari Jumat hingga Minggu. Para PKL membuka lapak yang menjual pakaian, mainan, dan tak ketinggalan makanan.

Wisatawan bisa mendapatkan aneka kuliner khas Gresik di sekitar sini. Sebut saja martabak usus dan nasi krawu. Ragam kuliner ini memudahkan wisatawan yang ingin menggelar piknik di alun-alun. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempatnya, ya.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Alun-Alun Gresik di antaranya area parkir, toilet, jalur pedestrian, bangku taman, dan pendopo. Sementara fasilitas tempat ibadah berpusat di Masjid Jami’ Gresik. Di sekitar alun-alun, terdapat banyak PKL yang menyajikan beragam kuliner. 

Lokasi Alun-Alun Gresik

Taman kota ini terletak di Jalan KH. Wachid Hasyim, Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Alun-alun ini dikelilingi sejumlah tempat penting di Gresik, seperti Masjid Jami’ dan Gedung DPRD. Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi, angkutan umum, atau transportasi online.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang