Patahan Lembang
Harga Tiket: Rp5.000 - Rp12.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Batu Lonceng Kulon,Cimenyan,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40197.

Objek wisata alam tak pernah kehilangan pesonanya. Salah satunya adalah Sesar Lembang yang ada di Jawa Barat. Meskipun berpotensi terjadi longsor, namun keindahannya mampu membius wisatawan untuk berkunjung.

Sesar Lembang biasa dikenal dengan Patahan Lembang. Merupakan patahan yang terdapat pada tubuh bumi dan mengalami pergerakan. Patahan Lembang sendiri memanjang secara horizontal sejauh 29 kilometer mulai dari Kecamatan Ngamprah hingga Lembang.

Harga Tiket Masuk Sesar Lembang

Di Sesar Lembang sendiri terdapat wisata bernama Puncak Bintang. Pengunjung dikenakan tiket masuk jika ingin berkunjung ke sini. Jika tidak, pengunjung hanya akan dikenakan tiket parkir kendaraan.

Tiket Masuk Wisata
Tiket ParkirRp5.000
Tiket Masuk Puncak BintangRp12.000

Baca: Bukit Moko Bandung Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Untuk mengunjungi area wisata ini pengunjung dapat datang kapan saja. Namun karena lokasinya berada di bukit, waktu yang tepat yaitu pagi atau sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pesona Keindahan Sesar Lembang

pemandangan sesar lembang dari Puncak Bintang
Pemandangan Indah dari Sesar Lembang. Foto: Gmap/Johanes Jenito

Sesar Lembang berbentuk tebing yang memanjang. Berupa susunan batuan yang kokoh dan menjulang, hingga membentuk bentang alam yang indah. Ditambah lagi, barisan pepohonan yang menjadikan pemandangan sekitar semakin indah.

Pengunjung dapat naik hingga ke atas tebing, sehingga mendapatkan pemandangan yang begitu indah. Apalagi, udara di sekitar sangat sejuk dan cenderung dingin. Bagi yang menyukai fotografi, tempat ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata.

Posisi Patahan Lembang tepat diantara Gunung Tangkuban Perahu dengan daratan Kota Bandung. Sehingga, tempat ini membentuk dua blok, yaitu blok utara dan selatan. Keduanya menjadi tempat dengan spot pemandangan yang menakjubkan.

Baca: TEBING KERATON Bandung Tiket & Raga Aktivitas Wisata Seru

Terjadinya Sesar Lembang

Sekitar 2.000 tahun yang lalu, menurut penelitian telah terjadi gempa besar berkekuatan 6,8 SR. Hal ini menjadi bukti nyata pergerakan patahan mampu menghasilkan gempa bumi dengan kekuatan besar. Rekam jejak gempa ini ditemukan dari penggalian endapan kolam di Cihideung.

Gerakan Sesar Lembang mampu mengakibatkan permukaan tanah di bagian utara meninggi. Hal ini mengakibatkan aliran air dari tangkapan air sisi selatan terbendung di kaki dinding patahan. Material yang terbawa air dan angin lalu mengisi genangan air dan mengendap.

Endapan air ini membentuk kolam yang ditumbuhi berbagai tanaman yang mati dan mengendap. Ini menyebabkan terbentuknya lapisan gambut. Sebagian tumbuhan lain membentuk lapisan gambut yang mengambang di kolam.

Keindahan Patahan Lembang dari Puncak Bintang

bentang alam lembah dan bukit
Pemandangan patahan lembang yang sangat fantastis dengan lembah dan Gunung dilihat dari Puncak Bintang. Foto: Gmap/Enigma’s

Puncak Bintang, Hutan Bongkor, berada di lokasi Sesar Lembang. Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara, menilai Puncak Bintang sebagai kawasan strategis. Terutama untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai Patahan Lembang.

Baca: Puncak Bintang Bandung Tiket & Ragam Aktivitas Di Keindahan Alam

Selain itu, Puncak Bintang juga difokuskan sebagai hutan lindung, wisata hutan, serta edukasi alam. Termasuk juga sebagai aspek sosial ekonomi dan ekologi bagi masyarakat sekitar. Dengan kunjungan wisatawan, tentunya tujuan tersebut dapat terealisasikan.

Di Puncak Bintang, terdapat spot foto dengan latar belakang bintang raksasa. Pengunjung juga dapat naik di atasnya melalui tangga yang berada di belakang spot bintang ini. Dari atas sini, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama Patahan Lembang.

Aktivitas di Sesar Lembang

Keindahan bentang alam kawasan sesar lembang
Keindahan lanskap Patahan Lembang yang menakjubkan dengan bukit hijau berlatar pegunungan. Foto: Google Maps/Harry Budiman

Di Sesar Lembang, tidak tersedia permainan outbound atau semacamnya. Pengunjung dapat memanfaatkan anggota tubuh untuk beraktivitas di sini. Tentu saja, kondisi tubuh harus dalam keadaan baik saat berkunjung ke Patahan Lembang.

Pengunjung dapat melakukan trekking atau bersepeda ke bukit hingga puncak patahan. Persiapkan peralatan seperti pakaian yang nyaman dan hangat. Serta alas kaki yang tidak licin, seperti sandal gunung atau sepatu gunung.

Selain itu, kawasan wisata alam ini juga menjadi tempat dengan spot foto yang indah. Bagi pecinta fotografi, tepat rasanya berkunjung ke Patahan Lemabang.

Menyaksikan Matahari Terbit dan Terbenam

Lokasinya yang berada di puncak memungkinkan pengunjung menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam. Matahari terbit yang membelah kabut. Memancarkan cahayanya perlahan sembari menyemburkan sinar ke segala penjuru.

Di kala senja, matahari mulai turun perlahan kembali ke peraduannya. Meninggalkan mega oranye yang perlahan mulai berganti menjadi gelap malam.

Lokasi Sesar Lembang

Kawasan wisata alam lembah dan perbukitan ini berlokasi di Bukit Moko, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Berada tidak jauh dari pusat kota Bandung kurang lebih berjarak 12 kilometer. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor dalam waktu 40 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,67 | 3 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini