Beranda Tiket Wisata

Curug Banyunibo Bantul Tiket Masuk Gratis Airnya Jernih - Mei 2022

0
Curug BanyuniboHarga Tiket Masuk: GratisJam Buka: 08:00 - 16:00 WIBNo Telp: -Alamat: Dusun Kabrukan Kulon, Kelurahan Sendangsari, Pajangan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia, 55751

Jika sedang berada di Bantul, sempatkan untuk mampir ke sebuah air terjun bernama Curug Banyunibo. Sebenarnya, ada beberapa nama air terjun Banyunibo di Yogyakarta. Diantaranya di Bantul, Ratu Boko, dan Gunung Kidul.

Lokasi air terjun berada di tengah hutan, kurang lebih 20 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Untuk mencapainya, wisatawan harus menuju ke sebuah desa dengan jalan yang sempit dan berbatu. Namun, perjalanan itu akan terbayar dengan keindahan air terjun. Pesonanya berbeda dari air terjun lain, bahkan air terjun ini dapat didaki oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk Curug Banyunibo Bantul

Untuk menikmati objek wisata ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya tarif parkir sesuai dengan kendaraan pengunjung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Tarif Parkir
MotorRp 2.000
MobilRp 10.000

Baca: AIR TERJUN SRI GETHUK Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Curug Banyunibo Bantul

Objek wisata ini buka dari pagi hingga sore hari. Jika ingin puas menikmati suasana air terjun, datanglah saat pagi hari. Udara yang sejuk dan tempat yang teduh benar-benar membuat nyaman ketika berada di sini.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 16:00 WIB

Mengagumi Keindahan Tersembunyi Curug Banyunibo

Keindahan Tersembunyi Curug Banyunibo
Keindahan Tersembunyi Curug Banyunibo. Foto: Gmap/Heru Prabowo

Curug Banyunibo begitu istimewa, air terjun ini memiliki keunikan yang tak banyak dimiliki air terjun lain. Bentuknya berupa lereng batu kapur dengan aliran air yang sangat jernih. Tinggi air terjun ini hanya sekitar 10 meter, bahkan wisatawan dapat melihat ujungnya dari bawah. Sementara kemiringan batuannya sekitar 70 derajat, jadi tidak lurus vertikal seperti air terjun biasanya.

Air yang mengalir begitu jernih dan sangat segar. Beberapa saat tampak hijau karena lumut yang ada di batuan yang dilalui air. Sinar matahari juga menambah kilauan air yang mengalir di lereng batu ini. Air yang mengalir akan langsung menuju kolam di bawahnya.

Warna air kolam ini tampak jernih kehijauan, apalagi ketika tersinari cahaya matahari, tampak berkilauan. Wisatawan bisa bermain di kolam karena terbilang dangkal. Ditambah dengan aliran air di kolam pun tidak deras, sehingga lebih aman. Kawasan air terjun pun terbilang teduh, karena di sekeliling kolam tumbuh pepohonan rindang.

Baca: Air Terjun KEMBANG SOKA Kulon Progo Tiket & Keunikan

Mendaki Air Terjun

Mendaki Curug Banyunibo
Mendaki Curug Banyunibo. Foto: Gmap/Narko Prasetyo

Di mana lagi jika bukan di Curug Banyunibo, wisatawan dapat mendaki air terjun. Air terjun yang landai memungkinkan wisatawan untuk naik ke atasnya. Tentunya harus tetap berhati-hati karena batuan licin. Gunakan alas kaki anti selip agar lebih aman dan nyaman selama menaiki air terjun.

Untuk bisa mendaki air terjun, wisatawan dapat memulai dari batuan di sekitar kolam. Batuan ini akan membawa wisatawan meniti batu-batu di samping aliran air terjun. Seperti sudah terbentuk oleh alam, batuan yang menjadi titik titian sudah berbentuk seperti anak tangga. Sehingga ada pijakan-pijakan kecil di setiap langkah menuju puncak air terjun.

Di atas air terjun ini, wisatawan dapat berfoto dan bergaya dengan santai. Aliran air terjun yang tidak deras membuat wisatawan bisa lebih aman ketika berada di batuan ini. Selain berfoto, bagi yang hendak berenang di kolam juga dapat terjun dari atas sini. Tentunya cukup terjun dari area terbawah, supaya bisa tepat langsung masuk ke dalam kolam.

Baca: GROJOGAN WATU PURBO Sleman: Air terjun unik bertingkat Unik

Berenang di Kolam Curug

Berenang di Kolam Curug
Berenang di Kolam Curug. Foto: Gmap/Tito

Bermain di curug, tak lengkap jika tanpa membasahi tubuh. Karena itu untuk memperlengkap pengalaman bermain di Curug Banyunibo, wisatawan dapat berenang di kolamnya. Kolam di bawah air terjun terbilang jernih. Dengan warna kehijauan karena lumut di dasar kolam. Wisatawan bisa berenang seru di kawasan kolam ini, apalagi kawasan kolam terbilang teduh.

Jika takut tenggelam, wisatawan dapat membawa ban pelampung untuk lebih amannya. Selain aman dengan pelampung wisatawan dapat mengikuti aliran sungai yang ada di dekat air terjun. Sungai ini memang dangkal, dengan ketinggian tidak lebih dari lutut orang dewasa. Dengan batuan yang tersebar di kanan dan kiri sungai, serta alirannya yang tenang.

Pada saat hari libur, biasanya ada anak-anak warga sekitar yang sedang asyik bermain di kolam. Tawa mereka memecah keheningan suasana hutan ini. Sesekali suara daun terdengar bergemeresik karena tersapu angin sepoi yang menghela. Menambah kesejukan di kawasan air terjun ini.

Baca: Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Wisata Kuliner di Pinggir Curug

Selesai bermain di curug dan sungai, wisatawan dapat menghangatkan diri dengan menyantap kuliner hangat. Terdapat beberapa warung warga sekitar di kawasan curug. Berbagai makanan dijual di sini, mulai dari mie, gorengan, serta berbagai menu nasi. Minuman pun beraneka macam, mulai dari minuman hangat hingga dingin tersedia di sini.

Sederhana namun menyenangkan, wisatawan dapat menyantap kuliner ini di pinggir curug. Sembari menikmati hijaunya pemandangan sekitar, dan hembusan angin sepoi dari dahan pohon yang melambai. Suara aliran air pun menjadi pelengkap nyamannya suasana objek wisata ini.

Trekking dan Bersepeda Ke Curug Banyunibo

Bersepeda sampai Curug Banyunibo
Bersepeda sampai Curug Banyunibo. Foto: Gmap/denykrisnamurti

Untuk menuju curug ini, wisatawan harus berjalan melewati hutan dan jalanan yang berbatu serta sempit. Jika ingin lebih menantang, dapat melakukan trekking untuk sampai ke lokasi. Berjalan melalui belantara hutan, hingga akhirnya sampai di depan air terjun.

Tak hanya trekking, beberapa komunitas pesepeda biasanya menjadikan Curug Banyunibo sebagai tujuan bersepeda. Jalanan sempit menuju air terjun menjadi tantangan tersendiri. Lelah setelah bersepeda akan terbayar dengan pemandangan indah curug. Ditambah dengan suasana asri dan teduh sekitar air terjun.

Lokasi Curug Banyunibo Bantul

Air terjun ini berlokasi di Dusun Kabrukan Kulon, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini