Beranda Tiket Wisata

Bendungan Kamijoro Sunset Eksotis Di Sungai Progo - November 2020

Bendungan Kamijoro
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kaliwiru, Tuksono,Sentolo,Kulon Progo,DI Yogyakarta,Indonesia,55664.

Sebagai salah satu idola para wisatawan, Jogja memang tak pernah kehabisan stok objek wisata. Selalu ada destinasi baru di Jogja, salah satunya yang kini tengah populer adalah Bendungan Kamijoro.

Tak hanya berfungsi sebagai sarana irigasi untuk pertanian, Bendungan ini yang baru direhab sekitar akhir tahun lalu itu kini tampil lebih cantik. Konstruksi berarsitektur kolonialisme berpadu dengan gemerlap khas milenial membuat bendungan yang membatasi Kabupaten Bantul dan Kulonprogo, DIY itu menjadi kini idola baru bagi para traveller.

Peremajaan kompleks bendung yang melintangi Sungai Progo itu awalnya memang hanya untuk keperluan irigasi. Namun, dengan kreativitasnya, warga di sekitar bendung melengkapinya dengan taman yang cantik.

Ditambah dengan pembangunan jembatan sepanjang 161 meter di atas Sungai Progo, penampilan Kamijoro semakin cantik. Sekadar catatan, Bendungan ini merupakan program irigasi pemerintah untuk mengairi sawah seluas 2.370 hektare di Kabupaten Bantul.

Antusiasme masyarakat yang luar biasa menjadikan Bendungan ini lebih dari sekedar jaringan irigasi. Tempat ini kini menjadi tempat wisata murah di Jogja dengan berbagai fasilitas.

Harga Tiket Masuk Bendungan Kamijoro

Untuk menikmati eksotisnya pemandangan Sungai Progo, wisatawan tak perlu repot-repot mengeluarkan uang. Sampai saat ini, baik Pemkab Bantul, Pemkab Kulonprogo, maupun pengelola objek wisata di kedua sisinya, belum mematok tiket masuk.

Jika ingin berwisata ke sini, wisatawan cukup membayar biaya parkir di area yang dikelola warga sekitar.

HARGA TIKET
Tiket masuk
ParkirRp2.000 – Rp10.000*

*Tergantung jenis kendaraan

Baca: PULE PAYUNG Kulon Progo Tiket & Spot Foto

Jam Buka

Lantaran belum ada tiket masuk, objek wisata ini pun pada dasarnya buka selama 24 jam penuh. Namun biasanya warga yang bertugas di area parkir, mulai standy by sejak pukul 08.00 WIB.

Jam Buka
Senin-Minggu08.00 WIB – 24.00

Eksotisme Sungai Progo Di Bendungan Kamijoro

Lokasi Bendung Kamijoro tampak atas
Bendungan Kamijoro dan jembatan kontrolnya di atas Sungai Progo. Foto: Instagram/zee_drone

Sebagai ruang publik yang tidak memiliki batas jam buka, di sini memang menawarkan konsep wisata keluarga yang bisa dinikmati kapan pun dan oleh siapa pun.

Ada gula ada semut, peribahasa itu tepat menggambarkan kondisi Bendungan Kamijoro. Lantaran semakin banyaknya pengunjung yang datang, maka kian banyak pula pedagang yang mengais rezeki di sana.

Baca: Wisata Mangrove Kulon Progo Tiket & Aktivitas

Dengan begitu, wisatawan tak perlu takut kesulitan untuk membeli makanan dan minuman, bahkan suvenir pun kini sudah banyak dijual di objek wisata itu.

Jembatan Cantik nan Eksotik

Jembatan
Jembatan cantik nan eksotik yang jadi idola para wisatawan saat berkunjung ke Bendungan Kamijoro. Foto: Google Maps/Bima Putratama

Siapapun yang hendak berkunjung ke tempat wisata ini, kebanyakan pasti ingin menikmati pemandangan Sungai Progo. Sudut pandang terbaik untuk menikmati pemandangan sungai yang berhulu di Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah, tersebut memang ada di atas jembatan sepanjang 161 meter.

Baca: WISATA KALIBIRU Jogja Tiket & Pesona Alam

Jembatan ini sendiri sebenarnya adalah jembatan kontrol. Jadi memiliki pintu air juga. Bendungan saat ini belum sepenuhnya selesai. Proses finishing ditargetkan selesai akhir tahun ini.

Taman Bermain Anak

Wahana permainan anak-anak di Taman
Tak hanya bendungan, Kamijoro kini juga dilengkapi dengan taman bermain untuk anak-anak. Foto: Google Maps/Fhe Kornelius

Tidak hanya jembatan yang cantik, Bendungan ini juga memiliki ruang publik dengan berbagai fasilitas. Selain pemandangan eksotik Sungai Progo, wisatawan juga dapat menghabiskan waktu di taman yang ada di area bendungan.

Tak hanya suasananya yang asri dengan semilir angin tepi sungai, di taman tersebut kini juga telah tersedia berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Fasilitas umum seperti toilet hingga musala juga telah tersedia di lokasi wisata baru di DIY ini.

Arsitektur Kolonial

Salah satu sudut konstruksi bendungan
Bangunan Bendungan Kamijoro merupakan konstruksi Belanda. Foto: Google Maps/Tubagus Yudi

Tak hanya taman bermain anak dan spot foto idola para milenial, Bendungan Kamijoro juga memiliki arsitektur berkarakter kolonial yang tak kalah instagramable.

Bendungan ini juga merupakan salah satu cagar budaya peninggalan Belanda. Di masanya, bangunan itu digunakan sebagai bendungan untuk menampung air Sungai Progo, sekaligus mengalirkannya ke sawah ribuan hektare sawah yang ada di lima kecamatan di sekitarnya.

Baca: Watu Goyang Yogya Tiket & Aktivitas

Di tempat itu juga ada prasasti perjanjian pembangunan Bendungan antara Belanda dengan Kasultanan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang diwakili oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Matahari Terbenam

Suasana sunset di Bendungan Kamijoro
Menikmati senja di Bendungan Kamijoro juga menjadi salah satu idola bagi wisatawan. Foto: Instagram/hermawan_can

Lokasi Bendungan Kamijoro yang dekat dengan muara Sungai Progo menjadikan pesona matahari terbenam (sunset) menjadi salah satu momen yang tak boleh dilewatkan.

Meski tak sejelas pemandangan matahari terbenam di pantai, namun suguhan senja di sini juga tak bisa disepelekan. Sekadar saran, jika hendak memburu pemandangan matahari terbenam di Bendungan Kamijoro, datanglah saat musim kemarau dan ketika langit sedang cerah.

Lokasi Bendungan Kamijoro

Bendungan Kamijoro berada di dua sisi bantaran Sungai Progo, tepatnya di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo dan Desa Triwidadi, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Dengan begitu wisatawan tak sulit jika hendak menuju ke objek wisata tersebut.

Dari pusat Kota Jogja, lokasi Bendungan berjarak sekitar 20 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 30 menit jika wisatawan mengendarai kendaraan bermotor. Arus lalu lintas menuju ke objek wisata pun tidak begitu padat, terutama setelah keluar dari pusat kota.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,50 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini