Beranda Tiket Wisata

Air Terjun KEMBANG SOKA Tiket & Keunikan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka : Rp10.000Jam Buka: 08.00 WIB - 16.00 WIBNo. Telepon: -Alamat: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55674

Jauh dari pusat kota Kulon Progo terdapat sebuah air terjun dengan suasana asri dan alami. Namanya adalah Air Terjun Kembang Soka yang berbatasan langsung dengan Purworejo. Keunikannya terletak pada 2 aliran air terjun dan kolam di bawahnya.

Keindahan paling mencolok terlihat pada air kolamnya yang berwarna biru. Kolam tersebut mengalir dua sungai dan satu mata air sehingga tidak pernah kering meski di musim kemarau. Dua aliran sungai tersebut adalah Sungai Mudal dan Sungai Miri. Berada di area lembah dan jauh dari hingar bingar membuatnya cocok jadi tempat menyegarkan pikiran.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kembang Soka

Untuk harga tiketnya sendiri pengelola wisata membanderolnya dengan harga yang sangat murah. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan air terjun sepuasnya. Akan ada biaya tambahan untuk parkir dan penyewaan perlengkapan main air.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Rp10.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Air Terjun Kembang Soka

Untuk jam operasionalnya sendiri destinasi wisata ini selalu buka setiap hari. Jam bukanya juga panjang dari pagi hingga sore.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 WIB – 17.00 WIB

Keindahan Dua Aliran Air Terjun

Pesona air terjun dengan kolam biru di bawahnya
Pemandangan air terjun dengan kolam berwarna biru toska yang sangat cantik. Foto: Gmaps/Hasim Ikhwanudin

Nama Kembang Soka disematkan karena di sekitar kawasan terdapat banyak pepohonan Soka. Lokasinya berada di antara lembah sungai Perbukitan Menoreh. Memiliki keunikan dengan 2 aliran air terjun. Di bawahnya ada kolam besar dengan airnya yang berwarna biru toska yang menyegarkan. Dengan suasana alami yang masih sangat terasa. Pepohonan tinggi membuat suasana terasa begitu teduh.

Kolam di air terjun ini tidak pernah surut meski kemarau panjang sekalipun. Hal ini karena keberadaan 3 mata air yaitu dari Tuk Jaran, Sungai Mudal dan Sungai Miri. Kolamnya memiliki kedalaman yang bervariasi sehingga cocok untuk semua umur.

Baca: PANTAI TRISIK Tiket Murah Bisa Lihat Penyu

Kental Dengan Konsep ‘Back to Nature’

Aliran kolam kecil dari mata air Tuk Jaran
Suasana asri sangat terasa dengan pepohonan yang mengelilingi kawasan air terjun. Foto: Gmaps/Erlia Paramitha

Air Terjun ini memang kental dengan nuansa alam. Dari parkiran, suguhan pemandangan pedesaan yang sangat asri sudah menyambut. Kemudian untuk sampai ke air terjun membutuhkan perjalanan sekitar 200 meter. Sementara jalurnya berupa jalan setapak tanah dengan pepohonan bambu di kanan kirinya.

Jika sudah dekat dengan air terjun nantinya akan menyeberangi sungai dengan jembatan. Jembatan tersebut terbuat dari kayu dan bambu dengan arsitektur yang sangat unik. Tak hanya jembatannya saja, berbagai ornamen lain pun dibuat dari bahan kayu dan bambu. Pancuran, bangku taman, tempat melompat, gazebo hingga warung kuliner semua dibuat menggunakan bahan yang berasal dari alam.

Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang unik. Wisatawan akan merasa terbawa dengan nuansa tradisional ala desa jaman dahulu.

Baca: GUNUNG KENDIL Tiket & Daya Tarik

Berenang di Air Terjun Kembang Soka

Air terjun dengan suasana sangat asri
Kolam berwarna biru toska seakan menggoda siapa saja untuk menceburkan diri ke dalamnya. Foto: Gmaps/Dzulfikrie AvicenaAtmadja

Aktivitas utama jika berkunjung tentu saja berenang. Kolam dengan warna biru toska seakan menggoda wisatawan untuk segera menceburkan diri. Tempat ini memiliki beberapa kolam dengan kedalaman yang bervariasi. Namun yang paling utama dan paling besar memiliki kedalaman 2,5 meter.

Kolam utama berasal di air terjun paling besar dan tinggi. Bagi yang tidak bisa berenang bisa menyewa ban atau pelampung. Atau bisa juga bermain air di kolam kecil di sebelah kolam utama. Untuk kolam kecil ini lebih ramah untuk anak-anak karena tidak terlalu dalam. Aliran airnya berasal dari pancuran Tuk Jaran.

Kemudian yang menarik pada kolam yang paling besar ada sebuah tempat untuk atraksi melompat. Dengan tinggi kurang lebih 5 meter. Melompat dari ketinggian tentu menjadi sensasi tersendiri yang memacu adrenalin. Wisatawan bisa juga melompat dari jembatan kayu yang membelah area kolam utama.

Baca: PUNCAK SUROLOYO Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Menikmati Keindahan Air Terjun

Pesona air terjun Kembang Soka
Berfoto di bawah air terjun menjadi pilihan favorit wisatawan yang gemar berselfie ria. Foto: Gmaps/Air Terjun Kembang Soka

Jika tidak ingin berbasah-basahan, wisatawan bisa sekedar bersantai menikmati keindahan air terjun. Tersedia bangku-bangku taman dari kayu di tepian kolam. Atau bisa juga duduk di bebatuan bawah air terjun yang punya karakteristik berundak-undak. Batuan di air terjun didominasi bebatuan karst sehingga tidak licin. Perpaduan suara deburan air terjun dengan pepohonan yang ditiup angin semakin menambah kenyamanan bersantai.

Bagi penggemar fotografi tempat ini adalah surga yang sangat memanjakan. Karena setiap sudut dari kawasan air terjun adalah keindahan. Tak hanya air terjun atau kolamnya, perbukitan yang mengelilingi tempat ini juga menjadi panorama yang menarik.

Fasilitas Air Terjun Kembang Soka

Meski memiliki konsep alami, namun tempat wisata ini sudah ditunjang dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai. Tersedia area parkir yang luas, toilet dan Kamar mandi bilas, mushola, bangku santai dan gazebo. Tersedia pula warung-warung kuliner yang menjajakan aneka jajanan khas Kulon Progo. Beberapa diantaranya adalah Benguk Santen, Cenil hingga Growol. Harganya sangat murah meriah.

Lokasi Air Terjun Kembang Soka

Tempat wisata ini berada di kawasan perbukitan Menoreh. Secara administratif beralamat di Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan wisata Kedung Pedut dan Sungai Mudal. Berjarak kurang lebih 17 km dari pusat kota dan bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini