Beranda Tiket Wisata

AIR TERJUN SRI GETHUK – Tiket & Ragam Aktivitas Desember 2021

Air Terjun Sri Gethuk YogyakartaHarga Tiket: Rp15.000Jam Buka: 08.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Mungguran II, Bleberan, Playen, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, -

Air Terjun Sri Gethuk salah satu objek wisata yang terkenal di Gunung Kidul. Objek wisata alam yang tidak saja menawarkan keindahan panorama air terjun tapi juga aliran sungai. Karena lokasinya yang memang berada tepi Sungai Oyo. Bagi yang ingin ke air terjun ini bisa menyusuri sungai dengan rakit ataupun berjalan di tepian sungai.

Air terjun ini terbentuk dari 3 sumber mata air yang mengalir melalui tebing tinggi. Ketiga sumber mata air tersebut yaitu mata air Ngandong, Dong Poh, dan Ngumbul. Dari 3 aliran mata air ini bisa membentuk 3 sampai 5 air terjun tergantung pada musim. Sebagai tambahan, ketinggian air terjun ini dapat mencapai sekitar 25 meter.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun ini dengan harga tiket yang tergolong terjangkau. Harga tiket tersebut juga sudah termasuk menikmati pemandangan sungai dan tebing. Namun, untuk menuju air terjun dengan rakit perlu membayar biaya sewa lagi. Selain itu, beberapa fasilitas dan wahana yang tersedia juga mengenakan biaya tambahan.

Harga Tiket Masuk
Anak-Anak/DewasaRp15.000/orang
Sewa Fasilitas
RakitRp10.000/orang (PP)
Flying FoxRp35.000/orang
Body RaftingRp30.000/orang
PelampungRp20.000/orang

Baca Juga: 3 Air Terjun Seru di Yogyakarta

Jam Buka

Bagi yang ingin berwisata ke air terjun ini datanglah di pagi hari. Karena pada pagi hari kawasannya masih sepi sehingga bisa lebih leluasa beraktivitas. Sedangkan untuk jam operasionalnya hanya buka hingga sore hari.

Jam Buka
Selasa – Minggu08.00 – 16.00

Aktivitas dan Wahana di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Wisata Air Terjun Sri Gethuk ini menawarkan keindahan bentang alam. Berbagai pemandangan alam yang dapat dinikmati, yaitu air terjun, sungai, dan tebing kapur. Kemudian di sepanjang jalan menuju air terjun, pengunjung dapat menikmati pemandangan pepohonan yang masih asri. Selain itu, juga terdapat berbagai wahana yang beragam.

Pemandangan Alam di Air Terjun Sri Gethuk Yogyakarta

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
Pemandangan Alam yang Terlihat Menghiasi Sekitar Air Terjun. Foto: Google Maps/Bara Purnomo

Air terjun ini berlokasi Gunung Kidul yang memiliki kontur dataran perbukitan. Tak heran selama perjalanan menuju ke air terjun sajian pemandangan bukit kapur dengan lebatnya pepohonan akan menemani.

Selain itu tak ketinggalan aliran sungai Oyo menambah suasana asri. Saat musim kemarau, air sungai akan tampak jernih dengan warna kehijauan. Namun pada saat musim hujan pemandangan air sungai tidak tampak seindah biasanya.

Baca: GROJOGAN WATU PURBO: Air terjun unik bertingkat

Berenang dan Berfoto di Air Terjun

Sungai Oyo dan Air Terjun Gunung Kidul
Pengunjung yang Tampak Beraktivitas dengan Berswafoto dan Berenang. Foto: Google Maps/Artine Indonesia

Bagi penyuka kegiatan fotografi, area sekitar air terjun sangat cocok menjadi objek foto. Foto eksotik air terjun berlatar perbukitan hijau sering menjadi incaran. Ditambah dengan aliran sungai yang jernih kehijauan membuat foto akan terkesan unik dan tak biasa.

Setelah berfoto pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berenang di sungai di depan air terjun. Aliran cukup tenang dan aman. Namun harus tetap berhati-hati sungi ini cukup dalam. Oleh karena itu bagi yang berenang wajib pelampung yang dapat disewa disini.

Wahana Flying Fox, Body Rafting, dan Rakit

Fasilitas Rakit di Air Terjun Sri Gethuk
Pengunjung yang Tampak Menaiki Rakit Untuk Menuju Spot Air Terjun. Foto: Google Maps/Siti Zaenab

Di sekitar wisata air terjun ini juga terdapat berbagai wahana yang bisa memacu adrenalin. Beberapa wahana tersebut antara lain flying fox dan body rafting. Wahana flying fox sangat cocok bagi yang ingin menikmati pemandangan sambil beratraksi.

Sedangkan untuk wahana body rafting cocok bagi yang ingin bersantai di atas aliran sungai sambil menikmati pemandangan. Wisatawan akan terapung sepanjang aliran sungai hingga sampai ke air terjun. Jaraknya sekitar 350 meter saja.

Bagi yang tidak ingin berjalan atau body rafting menuju air terjun bisa menumpangi rakit yang sudah tersedia. Untuk biayanya sendiri jauh lebih murah daripada body rafting. Kapasitas tampung rakitnya hingga 14 penumpang dengan waktu tempuh ke air terjun hanya 7 menit saja.

Baca Juga: Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Wisata Kuliner

Di sekitar kawasan air terjun terdapat warung yang menjual makanan dan minuman dengan berbagai variasi menu. Salah satu warung yang dapat dijumpai disini adalah Warung Sri Agung. Menawarkan berbagai menu seperti nasi goreng, soto ayam, ayam goreng, dan lainnya.

Selain makanan menu minumannya juga terbilang lengkap Beberapa sajian minuman yang tersedia antara lain Teh Rosella, Susu Jahe, Degan Kakar, dll. Tak ketinggalan tentu saja minuman hangat khas Yogyakarta, yaitu wedang uwuh. Harga dari menu makanan dan minuman di warung tersebut juga cukup terjangkau.

Fasilitas

Fasilitas Tempat Parkir Air Terjun Gunung Kidul
Fasilitas Tempat Parkir Mobil yang Luas Di Wisata Air Terjun. Foto: Google Maps/Arina Rakhmawati

Tempat wisata ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas yang tersedia, antara lain toilet, mushola, dan tempat parkir yang luas. Bagi yang hendak mengganti pakaian juga tersedia kamar ganti. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan tempat penyewaan wahana dan warung makan.

Rute & Lokasi Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri ini berlokasi di Desa Bleberan, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pengunjung dapat menggunakan motor ataupun mobil untuk sampai ke lokasi. Karena lokasinya yang berada di area dataran tinggi tak heran jika jalan menuju ke sini cukup menanjak. Jadi siapkan kendaraan dalam kondisi prima agar perjalanan lancar.

Akses jalan menuju ke wisata ini sudah bagus. Jarak tempuh dari Kota Yogyakarta menuju air terjun sekitar 38 kilometer. Biasanya akan memakan waktu sekitar 1,5 jam jika tidak macet. Pengunjung dapat melalui jalan Imogiri-Dlingo ataupun Jalan Pleret-Pathuk.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 5

Kasi Bintang