Beranda Tiket Wisata

Air Terjun Sidoharjo Tiket Masuk Murah Ada Pelanginya September 2022

0
Harga Tiket Masuk Air Terjun Sidoharjo : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Sumoroto, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55673

Dilewati rangkaian perbukitan Menoreh membuat Kulon Progo diberkahi alam yang indah. Beragam pesona alam khas pegunungan bisa ditemukan, salah satunya adalah Air Terjun Sidoharjo. Air terjun ini masih sangat alami dan belum banyak terdengar. Memiliki ketinggian sekitar 50 meter membuat air terjun ini menjadi yang tertinggi di Kulon Progo.

Berada di kawasan hutan, suasananya masih sangat asri. Airnya sangat jernih dan menyegarkan karena berasal langsung dari pegunungan. Yang menarik kerap tercipta pelangi di bagian bawah air terjun. Pelangi tersebut tercipta dari pembiasan air dan cahaya matahari. Jika beruntung wisatawan bisa berfoto bersanding dengan pelangi yang cantik.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sidoharjo

Untuk harga tiket ke air terjun masih murah. Cukup sekali bayar wisatawan bisa sepuasnya menikmati sajian alam yang cantik. Ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Air Terjun Sidoharjo
Tiket MasukRp5.000
Parkir
MotorRp3.000
MobilRp5.000

Baca: Air Terjun KEDUNG PEDUT Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Air Terjun Sidoharjo

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk menikmati keindahannya adalah pagi atau siang hari. Pada saat pagi antara jam 7-9 wisatawan bisa melihat pelangi jika beruntung.

Jam Buka Air Terjun Sidoharjo
Setiap Hari24 Jam

Air Terjun Tertinggi Dengan Pesona Alami

Pesona Air Terjun Sidoharjo
Tebing tinggi dengan air yang mengalir deras menjadi ciri khas keindahan dari tempat ini. Foto: Gmaps/Apris Kiswandi

Nama Air Terjun Sidoharjo memang belum terlalu populer dibanding wisata lain di Kulon Progo. Padahal tempat ini punya keindahan yang luar biasa. Memiliki ketinggian mencapai 50 meter, air terjun ini menjadi yang tertinggi. Tak hanya di Kulon Progo namun juga seluruh wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri khasnya berupa tebing lurus 90 derajat dengan airnya yang deras dan jernih.

Air Terjun ini juga punya nama lain yaitu Air Terjun Perawan. Belum jelas asal-usul pemberian nama “perawan” untuk air terjun ini. Terletak di kawasan Perbukitan Menoreh menyuguhkan pemandangan sekitar yang sangat memukau. Hutan hijau dengan bukit-bukit menjulang menjadi teman selama berada di kawasan air terjun.

Baca: Air Terjun KEMBANG SOKA Kulon Progo Tiket & Keunikan

Trekking Hutan Untuk Mencapai Air Terjun

Akses untuk mencapai Air Terjun Sidoharjo
Wisatawan akan merasakan sensasi petualangan menyusuir hutan untuk mencapai air terjun. Foto: Gmaps/Bonifacius Danardana

Dari lokasi parkir kendaraan wisatawan harus trekking terlebih dahulu sebelum mencapai ari terjun. Kemudian akan melewati kawasan hutan dengan jalan setapak. Tidak perlu khawatir karena jalurnya sudah bagus dan sangat ramah. Dari parkiran ke air terjun jalurnya menurun. Namun hal itu bisa jadi tantangan tersendiri apabila datang setelah hujan.

Kawasan hutan di area wisata ini masih sangat asri. Di kanan kiri tumbuh pepohonan tinggi dan lebat. Membuat suasana terasa teduh dengan udara yang sangat menyegarkan. Pada saat siang yang terik pun tidak akan terasa panas. Selama perjalanan wisatawan juga bisa melihat keindahan sawah terasering milik penduduk.

Baca: EMBUNG KLECO Tiket Masuk Murah Pemdangan Mewah

Nikmati Keindahan Air Terjun Tertinggi

Menikmati keindahan Air Terjun Sidoharjo
Alamnya yang masih asri sangat cocok dipakai untuk bersantai dan menyegarkan pikiran. Foto: Gmaps/Al Julianto

Sesampainya di area air terjun wisatawan akan terpukau dengan pesonanya. Sebuah tebing batu tinggi dengan aliran deras air yang mengucur ke bawah. Di kanan kirinya ditumbuhi dedaunan rimbun yang memberikan kesan alami. Ketika berada di bawahnya percikan air yang terkena anggota tubuh terasa begitu menyegarkan.

Saat terbaik untuk menikmati keindahan air terjun adalah di musim hujan. Di saat itu debit air yang turun sangat deras dan menciptakan pemandangan yang indah. Di saat kemarau sebenarnya pemandangan tak kalah cantik. Hanya saja aliran airnya tidak terlalu deras.

Baca: PUNCAK SUROLOYO Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Bermain Kesegaran Air Pegunungan

Bermain air di Air Terjun Sidoharjo
Air terjun ini memiliki sumber air yang jernih dan sangat segar untuk mandi. Foto: Gmaps/Nindhyta

Air yang ada di Air Terjun Sidoharjo berasal langsung dari pegunungan. Tak heran hal itu membuatnya sangat jernih dan menyegarkan. Tepat di bawah air terjun terdapat sebuah genangan air yang cukup luas. Tidak terlalu dalam sehingga sangat aman dipakai untuk mandi dan berenang.

Wisatawan bisa bermain air sepuasnya di area ini. Airnya yang sangat segar membuat siapa pun akan betah berlama-lama.

Baca: Wisata Mangrove Kulon Progo Tiket & Aktivitas

Pelangi di Air Terjun Sidoharjo

Hal menarik lainnya yaitu fenomena pelangi yang sering muncul di bawah air terjun. Pelangi ini bisa muncul karena hasil dari pembiasan air dan cahaya matahari. Yang menarik dari pelangi ini adalah posisinya yang sangat indah. Ketika momen itu muncul wisatawan bisa berfoto bersebelahan dengan pelangi tersebut.

Untuk bisa menikmati momen ini maka wisatawan harus datang ketika pagi. Fenomena pelangi di Air Terjun Sidoharjo biasa muncul sekitar pukul 7-9 pagi. Selain itu datang ketika pagi udara terasa lebih sejuk dan menyegarkan. Embun yang masih menempel di dedaunan ciptakan pesona tersendiri.

Area Foto Menarik

Wisatawan juga bisa berfoto ria dengan keindahan alam di kawasan wisata. Selain berfoto dengan air terjun masih banyak hal menarik lainnya. Salah satu yang jadi favorit adalah sebuah jembatan kayu. Jembatan ini berdiri di atas aliran sungai dekat dengan air terjun. Di sisi kanan kirinya dipenuhi dengan pohon dan dedaunan hijau. Sehingga nuansa alam hutan begitu kental terasa.

Baca: Bendungan Kamijoro Sunset Eksotis Di Sungai Progo

Fasilitas

Tempat wisata ini sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai. Sudah tersedia area parkir yang luas, toilet dan kamar mandi, gazebo dan mushola. Terdapat juga beberapa warung yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

 

Lokasi Air Terjun Sidoharjo

Kawasan wisata air terjun ini beralamat di Dusun Sumoroto, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 26

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini