Beranda Tiket Wisata

GOA KEBON Tiket & Daya Tarik September 2022

0
Harga Tiket Masuk Goa Kebon : Rp6.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Dukuh VII, Krembangan, Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55655

Goa Kebon adalah salah satu tempat wisata populer yang berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Objek wisata dengan perpaduan air terjun yang indah serta pemandangan alam yang asri begitu memanjakan mata. Udara segar dan lokasi yang jauh dari perkotaan akan langsung menghilangkan rasa lelah.

Tebing gua di sekitar air terjun makin mempercantik kawasan wisata ini. Jika sudah puas di bawah air terjun, pengunjung dapat langsung menikmati kolam terapi ikan. Sambil menunggu waktu pulang, berfoto di lokasi wisata ini adalah hal wajib untuk dilakukan.

Harga Tiket Masuk Goa Kebon

Pada awalnya, tidak ada biaya masuk ke Goa Kebon. Kini sebagai upaya untuk mengembangkan wisata alam ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000. Biaya parkir untuk sepeda motor dijual Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000.

Harga Tiket Masuk Goa Kebon
TiketRp6.000

Baca: Wisata Waduk Sermo Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Goa Kebon

Wisata alam ini buka dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 17.00 sore setiap hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00 – 17.00

Daya Tarik Wisata Goa Kebon

Air terjun di Goa Kebon, Kulon Progo
Air terjun dari mata air yang mengalir di mulut goa. – Foto: Instagram/goakebonkulonprogo

Menuju air terjun, pengunjung disajikan pemandangan yang indah. Kebun warga di setiap sisi membuat perjalanan tidak terasa melelahkan. Warga sekitar yang ramah, menjadi peneman yang menghibur sepanjang perjalanan.

Perjalanan dari halaman parkir menuju Goa Kebon harus turun melewati sejumlah anak tangga. Perjalanan tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Anak-anak tangga ini langsung mengarahkan pengunjung ke mulut gua dengan air terjun yang mengalir.

Tidak perlu khawatir mengenai parkir, karena tersedia halaman yang luas. Bukan hanya motor dan mobil, beberapa bus berukuran besar juga mampu dengan mudah tiba di lokasi ini. Penduduk sekitar mengklaim bahwa air terjun di Goa Kebon tidak pernah kering bahkan di musim kemarau. Air yang mengalir di air terjun Goa Kebon ini berasal dari mata air Sendang Kiai Pitu.

Diklaim tidak pernah kering, perlu sedikit waspada saat berkunjung di musim hujan. Di musim itu, debit air di lokasi ini cenderung berlebih. Selain itu, air cenderung keruh dan kotor. Di musim panas, selain segar, aliran airnya pun begitu jernih. Sayangnya, terdapat larangan keras untuk meminum air dari lokasi ini. Alasannya karena airnya mengandung kapur yang tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi.

Goa Kebon tidak hanya memesona dengan air terjun di mulut gua. Bagian dalam gua tak kalah indah dengan susunan batuan stalagmit dan stalaktit yang saling bertemu di bagian tengah gua. Walaupun begitu, sampai saat ini, tidak ada yang mengetahui kedalaman dari gua.

Baca: TAMAN SUNGAI MUDAL Kulon Progo Tiket & Daya Tarik

Wisata Alam Dan Edukasi

Kawasan Goa Kebon, Kulon Progo
Sejumlah aktivitas yang dilakukan di sekitar kawasan. – Foto: Instagram/goakebonkulonprogo

Berada di barat Kota Yogyakarta, kawasan wisata ini menawarkan ketenangan yang dekat dengan alam. Keindahan pemandangan sekitar dijamin mampu membantu pengunjung untuk melepas stres.

Tidak hanya menawarkan wisata alam, di sini juga menawarkan wahana permainan outdoor. Beberapa wahana yang tersedia antara lain bumi perkemahan, outbond, terapi ikan, flying fox dan kolam renang.

Salah satu kegiatan menarik selama berada di sini yaitu berkemah. Di Bumi perkemahan ini menyediakan area kemah hingga api unggun di malam hari. Kegiatan bisa berlangsung dengan mengatur waktu dan tanggal kedatangan ke pihak pengelola.

Selain untuk berwisata areanya juga bisa digunakan untuk berbagai acara. Beberapa di antaranya adalah paket buka bersama pada waktu puasa hingga paket pernikahan di lokasi.

Baca: Kebun Teh Nglinggo Wisata Perbukitan Hijau

Spot Foto Cantik Di Goa Kebon

Spot foto favorit di air terjun Goa Kebon, Kulon Progo
Mengagumi kecantikan air terjun di di mulut gua, spot foto favorit pengunjung ini patut dicoba. – Foto: Google Maps/Rida Oktavian

Kurang rasanya jika tidak mengambil foto saat berkunjung ke Goa Kebon. Di kawasan tersebut, pengunjung bisa berfoto di depan spot yang berdesain khusus dengan tulisan “Wisata Alam Goa Kebon”. Spot foto ini berbentuk potongan kayu setengah lingkaran.

Spot foto wajib lainnya yaitu tepat di gerbang masuk menuju gua. Terbuat dari bambu-bambu berbentuk gerbang, pengunjung dapat langsung melihat tulisan “Selamat Datang di Wisata Alam Goa Kebon”.

Mengabadikan kawasan sekitar yang indah, pengunjung juga bisa berfoto di depan air terjun yang mengalir melalui mulut gua. Duduk-duduk sambil menghadap gua atau berdiri membelakangi air terjun menjadi pose paling populer. Tidak hanya di bagian depan, pengunjung juga dapat masuk ke dalam gua untuk mengabadikan momen wisata. Batu-batu gua yang tertata alami menjadi latar foto yang ciamik.

Fasilitas

Walaupun termasuk wisata alam dan wisata edukasi, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Tersedia toilet yang bersih dan terawat, kemudian terdapat musala serta area parkir yang cukup luas.

Lokasi & Alamat Goa Kebon

Wisata gua ini terletak di desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata alam dan wisata edukasi ini cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta yang menuju ke arah barat.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 24

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini