Beranda Tiket Wisata

CURUG CIHURANG Pamijahan Tiket & Pesona September 2021

Curug CihurangHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 08.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Taman Nasional selalu memiliki spot indah yang sayang jika dilewatkan, seperti misalnya Curug Cihurang. Kawasan wisata air terjun yang masih berada dalam Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Keunikan air terjun ini yaitu memiliki 2 aliran yang jaraknya berdekatan. Airnya begitu jernih dan segar meskipun tidak terlalu tinggi.

Daerahnya masih sangat asri dan sejuk, di malam hari akan terasa begitu dingin dan berangin. Warung-warung tenda milik masyarakat sekitar turut meramaikan objek wisata ini. Wisatawan dapat menikmati keindahan tempat ini sambil bermain di air terjun. Atau juga bisa melakukan kemah di sini, karena banyak tanah lapang yang datar.

Harga Tiket Masuk Curug Cihurang Bogor

Objek wisata ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Selanjutnya ada biaya parkir bagi yang membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000
Tarif Parkir
Sepeda motorRp 5.000

Baca Juga: 28 Pilihan Wisata Air Terjun Terbaik di Bogor

Jam Buka Curug Cihurang Bogor

Objek wisata ini dapat buka dari pagi hingga sore hari. Namun jika wisatawan ingin berkemah, maka mendapatkan akses 24 jam. Yang terpenting harus izin kepada pengelola atau petugas terlebih dahulu.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 16:00 WIB

Menikmati Alam Indah di Curug Cihurang Bogor

Jajaran Pohon Pinus Indah di Kawasan Air Terjun
Jajaran Pohon Pinus Indah di Kawasan Air Terjun. Foto: Gmap/Agus Tian

Alam nan asri menjadi daya tarik utama objek wisata Curug Cihurang ini. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak membuatnya begitu terawat. Pepohonan rimbun melingkupi sebagian besar areanya, menambah teduh suasana. Apalagi, jajaran pohon pinus tampak begitu rapi, termasuk cabang-cabangnya yang dipangkas dengan teratur.

Objek wisata ini berada pada ketinggian 890 mdpl, menyebabkan kawasan ini begitu sejuk. Airnya pun tergolong dingin, jadi tak heran jika beberapa wisatawan takut untuk menceburkan diri di air terjun. Air terjun ini mengaliri sungai-sungai yang ada di sekitar kawasan. Sungai-sungai kecil yang berbatu-batu, dan tentunya dangkal. Alirannya pun tidak terlalu deras, serta air yang mengalir begitu jernih.

Wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang disuguhkan Curug Cihurang. Ketenangan juga akan langsung terasa ketika menjejaki objek wisata ini. Beberapa wisatawan tampak bermain seru di air terjun. Bahkan ada juga yang sedang mempersiapkan tenda untuk berkemah di sekitar curug.

Curug Kecil yang Penuh Pesona

Air Terjun Mini yang Penuh Pesona
Air Terjun Mini yang Penuh Pesona. Foto: Gmap/Irfan Saprudin

Curug Cihurang tidaklah tinggi, hanya beberapa meter saja. Ujungnya bahkan bisa terlihat dari bawah kawasan air terjun. Meski demikian, pesona keindahan curug ini tidak perlu diragukan lagi. Air yang mengalir pun sangat jernih dan segar walau hanya untuk membasuh wajah.

Air terjun pertama meluncur langsung ke arah bebatuan. Di bawahnya begitu banyak bebatuan hingga menyerupai kolam yang kecil. Karena ukurannya yang kecil tidak ada kolam yang dapat digunakan untuk mandi di air terjun pertama ini. Meski demikian, wisatawan tetap bisa menikmati guyuran air terjun di bawahnya.

Sementara air terjun satunya berada berdekatan, dengan ketinggian kurang lebih lima meter. Di bawahnya terdapat kolam alami yang airnya langsung dari air terjun. Kedalamannya pun hanya satu meter, dengan guyuran air terjun yang tidak terlalu deras. Bahkan tersedia seluncuran kecil untuk anak-anak supaya lebih asyik ketika bermain.

Berenang Seru di Curug Cihurang

Air terjun ini memiliki debit air yang tidak terlalu besar. Namun airnya sangat jernih dan menyegarkan. Terasa sangat sejuk bahkan cenderung dingin. Bagi yang tidak terbiasa tentu akan merasa kedinginan.

Namun jika sudah berendam di kolam, rasanya tak ingin beranjak meninggalkan kolam. Wisatawan juga dapat bermain-main air saja di pinggir kolam atau di bebatuan. Bahkan beberapa wisatawan tampak membawa ban pelampung untuk bermain.

Ada juga yang membawa pelampung berbentuk angsa atau pelampung matras. Kemudian pelampung tersebut dinaiki sambil bersantai. Merasakan kesejukan dan nyamannya suasana di bawah air terjun.

Berkemah di Curug Cihurang Bogor

Berkemah di Curug Cihurang
Berkemah di Curug Cihurang. Foto: Gmap/Andri Praba

Selain wisata alam, wisatawan juga dapat menjadikan objek wisata ini sebagai lokasi untuk berkemah. Banyak tempat landai yang dapat digunakan untuk mendirikan tenda. Bahkan, wisatawan dapat mendirikan tenda di dekat air terjun. Atau di tepian sungai yang merupakan sungai kecil aliran dari air terjun.

Untuk perlengkapan berkemah wisatawan harus membawa sendiri. Namun, untuk kayu bakar dapat membeli di masyarakat sekitar, warung, atau pada petugas. Kayu bakar ini berguna sebagai bahan bakar memasak. Atau bisa juga untuk menggelar acara api unggun untuk menghangatkan badan di malam hari.

Mencoba Kuliner di Area Air Terjun

Jajaran Warung di dekat Curug
Jajaran Warung di dekat Curug. Foto: Gmap/Muhammad Ulil Al-Bab

Di sepanjang jalan menuju air terjun, jajaran warung berjejer dengan rapi. Pemilik warung-warung ini adalah masyarakat sekitar objek wisata. Warung ini merupakan warung sederhana dengan bangunan semi permanen. Ada juga saung yang dapat digunakan wisatawan untuk beristirahat atau sekadar duduk menikmati pemandangan.

Di warung-warung ini, wisatawan bisa mencoba makanan ringan hingga berat seperti nasi dan mie. Makanan yang tersedia juga rata-rata baru saja dibuat atau dibuat dadakan. Sehingga masih hangat dan lebih nikmat rasanya. Apalagi dinikmati langsung di kawasan objek wisata yang sejuk itu.

Lokasi Curug Cihurang Bogor

Air terjun ini berlokasi di Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Lokasinya juga masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini