Curug Cilember merupakan wisata populer dengan 7 air terjun di kawasan strategis Puncak, Bogor. Ketinggian air terjunnya bervariasi, dari jeram yang pendek higga dengan jeram tertinggi mencapai 40 meter. Wisata yang diresmikan sejak tahun 2000 ini selalu dikunjungi ratusan wisatawan tiap harinya.

Wana wisata ini terletak pada ketinggian 900 mdpl, dengan suhu udara 18 – 230 C. Curug Cilember berada pada area seluas 7 hektar yang didominasi pepohonan pinus merkusi.  Air terjunnya berada di tengah hutan lebat yang tenang dan dapat dijangkau dengan hiking.

Harga Tiket Masuk Curug Cilember

Harga tiket masuk sudah termasuk akses ke tujuh air terjun yang ada di sekitar kawasan. Biaya tersebut juga dipergunakan untuk perawatan tanaman, kemanan, kebersihan, dan pengelolaan observasi kupu-kupu.

Harga tiket masuk Curug Cilember
 Senin – MingguRp25.000

Baca: Curug Ciherang Puncak Bogor Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari baik hari biasa maupun akhir pekan. Buka mulai pagi dan tutup sore hari.

Waktu operasional
 Senin – Minggu06.00 – 18.00

Ragam Aktivitas di Curug Cilember

Wisata air terjun Curug Cilember Bogor
Wisata air terjun Curug Cilember Bogor. Foto : Instagram/irlandafauzan

Di sini wisatawan dapat merasakan langsung beragam wisata luar ruang. Seperti wisata alam tujuh air terjun, edukasi konservasi alam, dan konservasi kupu-kupu. Tersedia juga lahan perkemahan, penyewaan vila, hingga kegiatan luar ruang (outbond).

Air terjun ini dikenal juga dengan sebutan Curug Tujuh Cilember merupakan kawasan wisata alam yang mengusung konsep ekowisata. Ragam aktivitas wisata alam ini berperan memberi efek relaksasi yang mampu menstabilkan pernafasan.

Hiking Menyusuri Pesona Tujuh Air Terjun

Curug 7 adalah air terjun terdekat dari pintu masuk wisata Curug CIlember Bogor
Curug 7 adalah air terjun terdekat dari pintu masuk. Foto : Google Maps/bagus setyo

Keunikan dari Curug Cilember adalah adanya tujuh air terjun pada lokasi berbeda-beda. Curahan air terjunnya yang tertinggi mencapai 40 meter. Semakin kecil angkanya, maka semakin tinggi pula letak air terjun dan tingkat kesulitan mencapainya.

Jarak antar air terjunnya berkisar antara 150 – 800 meter dapat ditempuh dengan hiking. Curug yang paling sering dikunjungi adalah curug ketujuh karena lokasinya terdekat dari pintu masuk. Curug 7 Cilember inilah yang pertama akan ditemukan wisatawan dengan medan yang mudah.

Baca: Curug Seribu Bogor Tiket & Aktivitas

Tanjakan yang agak sulit dan bebatuan mulai ditemukan pada jalur menuju Curug 5. Sedangkan jalur mencapai Curug 3, Curug 2, dan Curug 1 kondisi jalannya cukup terjal. Pendakian paling jauh diperkenankan sampai Curug Dua, karena medan menuju Curug Satu terlalu berat.

Jalur treking menuju air terjun di Curug Cilember Bogor telah disusun rapi dengan jalan setapak bebatuan
Jalur treking menuju air terjun telah disusun rapi dengan jalan setapak bebatuan. Foto : Instagram/risnaajengtriani24

Berenang di Kolam Bawah Ai Terjun

Kawasan Curug Cilember menyajikan panorama keindahan dan kesejukan alami. Hijaunya hutan hujan tropis membingkai daya tarik utamanya, yaitu tujuh buah air terjun.

Hampir setiap curug memiliki area kolam di bawah alirannya. Kolam ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk berenang maupun bermain air.

Berteduh di Kesejukan Alami Hutan Pinus

Menikmati keteduhan hutan pinus yang menjadi vegetasi kawasan Curug Cilember Bogor
Menikmati keteduhan hutan pinus yang menjadi habitat di sekitar kawasan. Foto : Instagram/isalphotography26

Memasuki area wisata, pemandangan jajaran pepohonan pinus langsung tersaji. Wana wisata ini tersusun dari 2 hektar hutan tanaman Agathis, Rasamala dan Pinus. Pepohonan berusia puluhan hingga ratusan tahun tersebut memberikan suasana harmoni hening dan teduh.

Potensi visual lansekap menuju lokasi menyajikan pemandangan pegunungan dan perkebunan. Sedangkan di dalam kawasan mempunyai karakteristik khas berupa tegakan tanaman hutan dan panorama Bogor.

Mitos Curug Cilember

Papan mitos curug cilember
Beberapa mitos yang ada di Curug Cilember Bogor ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Foto : Instagram/Ritmanto Saleh

Cilember mengandung arti, yakni kata Ci (Cai) bermakna air dan Lember berarti jamur. Dinamakan Curug Cilember karena di lokasi ini terdapat banyak tumbuh jamur. Selain keindahan panorama alam, Curug Cilember memiliki beberapa mitos yang menarik kunjungan wisatawan.

Dipercayai penduduk setempat, air terjun ini merupakan tempat mandi para putri dari Kerajaan Siliwangi. Curug Keempat diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda, mempercepat jodoh serta menyembuhkan penyakit. Banyak juga dari perguruan silat datang untuk melatih pernafasan.

Baca: Curug Leuwi Hejo Sentul Tiket & Aktivitas

Di atas lokasi Curug 7 tedapat sebuah makam keramat keturunan Prabu Siliwangi. Setiap harinya makam ini ramai dikunjungi masyarakat untuk berziarah. Puncak kunjungan ziarah biasanya pada Maulid Nabi dan malam Jumat Kliwon bulan Muharam.

Menyaksikan Keindahan Taman Kupu-kupu

kubah Taman Kupu-kupu
Konservasi puluhan kupu-kupu dalam kubah Taman Kupu-kupu. Foto : Instagram/alexander.dion

Di tengah perjalan menuju Curug 7, wisatawan akan melewati tempat penangkaran puluhan kupu-kupu. Butterfly Park ini terisi oleh 12 jenis spesies kupu-kupu yang akan menambah pengetahuan wisatawan. Bangunan berbentuk kubah jaring raksasa ini dibangun dengan konsep green house.

Taman Konservasi Kupu-Kupu seluas 500 m2 ini dipenuhi aneka ragam tanaman dan bunga. Di sini, wisatawan akan disajikan tahapan metamorfosis dari telur hingga menjadi kupu-kupu cantik.

Wahana dan Outbond

Sepeda gantung sekitar air terjun
Sepeda Gantung merupakan salah satu dari berbagai wahana outbond yang ada di Curug Cilember Bogor.
Foto : Instagram/fauzi_saepul_rohman

Kawasan wisata air terjun ini telah menyiapkan aneka wahana dan mendukung kegiatan outbond. Seperti flying fox,  panahan, dan Sepeda Gantung. Kolam terapi ikan dan taman kelinci pun ada di sekitar are air terjun.

Wahana-wahana yang tersedia berada di sekitar area air terjun. Contohnya Sepeda Gantung yang terletak pada ketinggian persis di depan air terjun.

Berkemah di Camping Ground

Bersantai dengan menginap di tenda dalam area camping ground
Bersantai dengan menginap di tenda dalam area camping ground.Foto : Instagram/allamsyahh_33

Camping Ground di kawasan sekitar air terjun terbagi di tiga area. Yaitu Camp Lembah Pakis, Camp Curug 7, dan Camp Curug 5. Di area tersebut juga disediakan penyewaan tenda wisatawan yang ingin beristirahat maupun menginap.

Dengan berkemah, wisatawan memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati pemandangan alam di Curug Cilember. Beberapa sekolah dan komunitas seringkali menggelar wisata petualangan di area ini. Mulai dari tracking, hiking, dan outbond.

Baca: CURUG NANGKA Bogor Tiket, Aktivitas & Rute

Wisatawan juga dapat menambatkan hammock pada batang pohon pinus untuk bersantai. Tidak perlu khawatir dengan keamanan selama berkemah. Petugas atau pegawai kehutanan berpatroli sepanjang malam untuk menjaga keamanan wisatawan yang melakukan perkemahan.

Penginapan & Villa di Curug Cilember

Villa Jungle Lodge di curug cilember
Jugle Lodge merupakan pondok-pondok yang disediakan di dalam kawasan alam Curug Cilember Bogor. Foto : Instagram/binksvilla

Beberapa vila hunian yang disewakan memberi pilihan menarik bagi wisatawan yang ingin bermalam. Pondok-pondok kayu ini berada di sekitar air terjun dan kawasan hutan Pinus.

Selain Jungle Lodge, wisatawan juga dapat menemukan penginapan dan hotel di sekitar kawasan wisata. Terdapat banyak villa hingga resort di sekitar kawasan. Penginapan berjarak kurang lebih 4 Km atau 15 menit berkendara dari air terjun. Harga penginapan di sekitar curug cilember juga beragam mulai dari Rp100.000 sampai Rp500an ribu.

Rute Ke Curug Cilember

Curug Cilember merupakan salah satu obyek wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bogor. Obyek wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari arah Bogor. Kondisi jalan umumnya baik dan sudah beraspal serta dapat dilalui kendaraan roda empat.

Wisatawan juga dapat menggunakan transportasi umum untuk menuju lokasi Air terjun. Lalu dilanjutkan dengan sewa motor dari jalan jurusan Bogor – Puncak. Jika dari Bogor bisa mengambil angkutan umum 2A jurusan Cisarua. Lalu lanjutkan dengan kendaraan sewa sepeti ojek.

Baca: Curug Bidadari Sentul Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Curug Cilember dikelola oleh BUMN yang dibawahi Kementerian Kehutanan serta Dinas Pariwisata Kota Bogor. Kawasan Curug Cilember telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Seperti area parkir, musola yang terawat, dan toilet hingga air terjun yang teratas.

Bangku-bangku taman lengkap dengan tong sampah juga telah tersedia. Berbagai kios penjual makanan dan minuman pun banyak terdapat di sepanjang jalur menuju curug. Kawasan wisata ini juga dilengkapi gardu pandang, pos jaga, pondok kerja, jalan setapak, serta ruang informasi.

Kontak dan Lokasi Curug Cilember

Kawasan wisata air terjun ini berlokasi di desa Cilember Jl. Raya Puncak No.KM. 15, Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat 16750.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.