Curug Ngumpet merupakan salah satu objek wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Air terjun ini menawarkan kesegaran udara hutan rindang di ketinggian 900 mdpl. Air yang mengalir di air terjun ini bersumber dari Gunung Salak sehingga membuatnya terasa segar dan dingin.

Curug berarti air terjun, sedangkan ‘ngumpet’ berarti tersembunyi. Sesuai namanya, menuju objek wisata ini memerlukan sedikit perjuangan lebih. Air terjun dengan ketinggian 45 meter tersebut layaknya permata yang dilindungi hutan belantara.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Ngumpet

Berwisata ke kawasan air terjun ini pengunjung tidak perlu membayar mahal. Tarif tiket yang ditawarkan cukup murah hanya beberapa ribu saja,

Harga tiket Curug Ngumpet
Gerbang Kawasan Gunung SalakRp15.000
Tiket CurugRp10.000

Baca: Info Wisata Curug Nangka Bogor Lengkap: Tiket, Aktivitas, Rute, Penginapan dll.

Jam Buka Curug Ngumpet

Untuk waktu kunjungan bisa dilakukan di hari apapun. Air terjun ini buka setiap hari mulai dari pagi sampai sore hari.

Waktu operasional
Senin – MingguPk. 08.00 – 16.00

Ragam Aktivitas Wisata

Curug Ngumpet berada di lereng barat laut Gunung Salak. Pintu masuknya berada di tikungan dekat jalan yang menanjak. Akses jalan yang ramah wisatawan menjadikan kawasan air terjun ini cocok sebagai tujuan wisata keluarga. Wisatawan telah dipermudah dan didukung berbagai fasilitas yang tersedia di area wisata air terjun ini.

Treking Menuju Air Terjun

Jalur treking berupa tangga bebatuan dengan pemandangan pepohonan rimbun dan tepian sungai
Jalur treking berupa tangga bebatuan dengan pemandangan pepohonan rimbun dan tepian sungai. Foto : Instagram/reza.raafi90

Air Terjun ini termasuk ke dalam kawasan wisata Gunung Salak Endah. Dari pintu gerbang, wisatawan harus berjalan sejauh 2 km menuju air terjun tersebut. Selama treking, wisatawan disambut keasrian alam rimba yang sejuk dan teduh.

Meskipun namanya ‘Ngumpet’, namun akses menuju air terjuan ini tidak begitu sulit. Pihak pengelola Curug Nangka telah memasang petunjuk yang jelas.

Trek jalan kaki berupa tangga batu dengan pemandangan pinggir sungai dan hutan hujan. Trek jalan batu yang cenderung datar ini pun telah diberi pagar besi di pinggir area. Hal tersebut untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan wisatawan menelusuri jalur menuju air terjun.

Menikmati Keindahan Air Terjun

Area kolam di bawah air terjun Curug Ngumpet Bogor menjadi spot foto favorit wisatawan
Area kolam di bawah air terjun menjadi spot foto favorit wisatawan. Foto : Instagram/kurdykurniawan11

Saat melihat Curug Ngumpet, wisatawan dapat melihat keindahan air terjunnya yang alami. Airnya dingin dan sangat jernih dengan pantulan cahaya hijau kebiruan.

Di bawah air terjun, bebatuan disusun untuk membendung aliran air di cekungan kolam. Kolam hasil gerusan air terjun ini menjadi spot favorit wisatawan. Pepohonan dan lumut serta ranting-ranting turut menghias keindahan pemandangan area Curug Ngumpet.

Baca: Curug Leuwi Hejo Sentul Bogor Tiket & Aktivitas

Di lokasi curug memiliki 2 area air terjun, yaitu Curug Ngumpet 1 dan Curug Ngumpet 2. Dari pos masuk kawasan wisata, wisatawan akan menemukan air terjun pertama terlebih dulu. Air terjun selanjutnya atau Curug Kondang lebih populer karena kedalaman kolamnya.

Berenang, Menyelam dan Bermain Air

Wisatawan menikmati kesegaran air terjun Curug Ngumpet Bogor
Wisatawan yang sedang bermain dan menikmati kesegaran air terjun. Foto : Google Maps/Onay 417

Melihat keindahan air terjun Curug Nangka, setiap wisatawan pasti tertarik untuk bermain air di bawahnya. Terutama bagian cekungan kolam dengan air yang jernih.

Saat berenang di aliran airnya, wisatawan dapat merasakan dinginnya air dari curug setinggi 45 meter tersebut. Wisatawan yang datang bersama keluarga juga mengajak anak-anak bermain di area yang dangkal. Dengan pengawasan, area ini selalu dipantau oleh Petugas SAR setempat.

Baca: Curug Bidadari Sentul Bogor Tiket & Aktivitas

Batas tali di Curug Kondang (Air Terjun Ngumpet 2) menandakan dasar curug sedalam 5 meter. Wisatawan dewasa yang memiliki cukup kemampuan dapat menyelam di bawah air terjun ini. Freediving atau menyelam bebas dilakukan di sisi tebing bongkah lava.

Berkemah di Area Curug Ngumpet

Area Curug Ngumpet Bogor juga menyediakan lahan bagi wisatawan yang ingin berkemah
Di sekitar area air terjun juga tersedia lahan bagi wisatawan yang ingin berkemah. Foto : Google Maps/Nikita Kamka

Wisatawan yang ingin berkemah dapat memanfaatkan pelataran luas yang tersedia di area wisata ini. Camping gorund  tersebut berada di tempat yang asri. Letaknya dekat dengan aliran sungai membuat suasananya terasa alami.

Dengan berkemah, wisatawan dapat menikmati suasana dan udara segar area wisata air terjun lebih lama. Kegiatan ini menjadi alternatif wisata bagi penyuka kegiatan luar ruang (outdoor). Wisatawan juga dapat melakukan serangkaian kegiatan dengan waktu yang lebih terorganisir.

Berfoto Berlatar Air Terjun

Cerukan di bawah air terjun dibendung dengan bebatuan membentuk kolam
Cerukan di bawah air terjun dibendung dengan bebatuan membentuk kolam. Foto : Instagram/ptrisriwhynioctviani01

Pemandangan alam kawasan Curug Ngumpet sangat khas, dikelilingi tumbuhan hijau. Tidak mengherankan jika kawasan wisata ini terasa sejuk dan airnya sangat jernih. Saking jernihnya, wisatawan sering kali berswafoto di dasar sungai.

Spot foto menarik lainnya di air terjun ini berada di antara aliran air terjun. Selain itu, di sini juga terdapat tangga yang terbuat dari bebatuan.

Fasilitas

Wisata Curug Ngumpet berada di Kawasan Gunung Halimun Salak. Area wisata ini telah dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup memadai. Antara lain pelataran yang luas, musola, dan gazebo di area wisata.

Wisatawan pun telah mendapat perlindungan asuransi dari Jasa Raharja. Akses jalan dan area parkir telah tersedia dengan standar yang cukup baik.

Lokasi Curug Ngumpet

Wisata air terjun ini berada di dalam Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kec Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16810. Berjarak kurang lebih 30 Km dari Kota Bogor atau sekitar 1.5 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.