Harga Tiket Masuk Curug Luhur : Rp35.000-Rp45.000Jam Buka: 08.00 - 18.00No. Telepon: -Alamat: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat , Indonesia, 16370

Curug Luhur Bogor merupakan salah satu air terjun dalam kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Objek wisata ini berada di ketinggian 630 Mdpl, di lereng Gunung Salak yang asri. Akses menuju lokasinya berada tepat di sisi jalan raya membuatnya banyak menarik minat wisatawan.

Sementara curahan air Curug Luhur memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Kata Luhur (bahasa Sunda) dalam bahasa Indonesia berarti tinggi. Jadi, penamaan Curug dapat berarti sebagai air terjun yang tinggi.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur

Wisatawan yang datang berkunjung ke air terjun ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk memang tidak bisa dikatakan murah untuk objek wisata air terjun.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur
Tiket Masuk Hari Biasa Rp35.000
Tiket Masuk Akhir Pekan Rp45.000

Baca: CURUG CIAMPEA Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Curug Luhur

Objek wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari baik hari biasa maupun akhir pekan.

Waktu operasional
Senin – Minggu 08.00 – 18.00

Ragam Aktivitas Wisata

2 buah air terjun
Curug Luhur Bogor memiliki dua buah air terjun, salah satunya merupakan hasil pembelokan alur sungai oleh warga sekitar. Foto : Instagram/muhamadnauvalkahfi

Untuk mencapai lokasi air terjun hanya memerlukan waktu tempuh tidak sampai 5 menit. Wisatawan hanya perlu berjalan sekitar 150 meter menuruni tangga dari area parkir kendaraan. Sedangkan lokasi Curug Luhur berada tak jauh dari Curug Nangka hanya berjarak 2 Kilometer saja.

Setelah mendekati lokasi, terdapat sederet limpahan air pada dinding tanah dengan ketinggian sekitar 2 meter. Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun mini tersebut untuk membasuh tangan dan kaki.

Baca: Curug Bidadari Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Menikmati Keindahan Air Terjun

kejernihan air terjun dengan warna kebiruan di bagian kolam bawah air terjunnya
Kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun sangat jernih menghasilkan warna hijau toska. Foto : Google Maps/laulla17

Curug Luhur memiliki dua air terjun utama yang letaknya sejajar. Air terjun kedua merupakan cabang buatan penduduk setempat hasil pembelokan aliran sungai. Kedua air terjun tersebut airnya alami, dingin, dan segar khas air pegunungan.

Air terjun yang berada di kaki Gunung Salak ini memiliki panorama yang indah. Selain itu udaranya pun sangat sejuk dengan suasana yang asri. Di sekitar air terjun juga terdapat tempat-tempat untuk bersantai bagi wisatawan.

Baca: CURUG NANGKA Bogor Tiket Masuk, Aktivitas & Rute

Bermain Air di Kolam Bawah Air Terjun

Berenang di air terjun
Wisatawan bisa berenang di kolam bawah air terjun atau sekedar bermain air di curahan derasnya air terjun. Foto : Instagram/ahmadsufandi22

Di bawah curahan Curug Luhur terdapat sebuah kolam besar dengan airnya terlihat berwarna kebiruan. Kolam bentukan alam ini cukup dalam karena merupakan hasil gerusan curahan air. Sejauh ini pengelola telah memasang tali sebagai pembatas daerah aman.

Wisatawan kerap berenang, berendam atau sekedar bermain air di tepiannya yang dangkal. Kemudian terdapat larangan bermain air melewati batas yang terpasang demi alasan keamanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Aliran air di air terjun ini sangat jernih. Wisatawan yang turun ke tepian kolam dapat melihat dengan jelas bebatuan dasar kolam. Lokasi ini juga merupakan spot favorit untuk berfoto berlatar air terjun.

Baca: Curug Ciherang Puncak Tiket Masuk & Aktivitas

Berenang dan Berseluncur di Waterpark

Wahana kolam dan waterpark curug luhur bogor
Waterpark di Curug Luhur Bogor dengan berbagai wahana permainan air. Foto : Google Maps/zulfa indah

Di lokasi Curug Luhur terdapat banyak kolam buatan yang airnya melimpah ruah. Airnya bersumber dari aliran mata air alami Gunung Salak yang tak pernah kering. Jenis kolam pun tersedia bervariasi, baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Kolam-kolam buatan tersebut merupakan waterpark lengkap dengan berbagai wahananya. Seperti misalnya seluncur air, perluncuran spiral, dan ember tumpah. Bahkan, ada juga pipa seluncur panjang dan berkelok yang cukup memacu adrenalin.

Berenang di kolam buatan memang sangat menyegarkan dan cocok untuk rekreasi keluarga. Airnya jernih alami, bersih, dingin, tidak perih di mata dan tidak mengandung kaporit.

Baca: Curug Cigamea Gunung Salak Endah Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Salah satu kolam buatan dalam Waterpark Curug Luhur Bogor dengan seluncur air untuk anak-anak
Salah satu kolam buatan dalam Waterpark dengan seluncur air untuk anak-anak. Foto : Google Maps/ione poetra

Fasilitas

Area wisata Curug Luhur menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Area parkir disediakan pada sebuah lahan yang cukup luas. Telah tersedia juga sarana seperti toilet, musala, ruang ganti, dan tempat bilas.

Di dekat area parkir kendaraan terdapat banyak penjual makanan dan minuman dari yang ringan hingga hidangan utama. Dengan udara kawasan yang sejuk, di sekitar lokasi wisata ini banyak terdapat penginapan. Sayangnya, belum tersedia area perkemahan di sekitar kawasan wisata.

Akses Menuju Curug Luhur

Lokasi air terjun tepat berada di sisi jalan raya Bogor – Gunung Salak Endah. Untuk menuju lokasi ini wisatawan bisa menggunakan angkutan umum. Aksesnya yang mudah membuat air terjun ini cenderung ramai kunjungan wisatawan.

Jarak air terjun dari kota Bogor sekitar 24 kilometer atau sekitar 1,5 jam perjalanan. Untuk menuju lokasinya, dapat melalui dua alternatif. Pertama melalui jalur Ciapus atau yang kedua alternatif lain arah Leuwiliang ke Ciampea kemudian Tenjolaya.

Bagi pengguna angkutan umum, dapat naik dari Bogor Trade Mall (BTM) jurusan Ciapus – Ramayana. Sedangkan jika dari terminal Laladon, bisa naik jurusan Laladon – Tenjolaya. Kemudian lanjutkan angkutan menuju Curug Luhur. Kedua alternatif angkutan umum tersebut akan mengantarkan wisatawan sampai di gerbang Curug Luhur.

Lokasi Curug Luhur

Objek Wisata air terjun ini berada di Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 39

Berikan Rating

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini