CURUG LOVE Bogor Tiket Masuk, Jam Buka dan Pesona Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Curug Love: Rp15.000
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16650

Bogor terkenal dengan julukan Kota Hujan. Meski tidak setiap hari turun hujan, namun siapa sangka ini berdampak pada wisatanya. Di mana banyak sekali wisata air berupa air terjun di sini. Sebut saja salah satunya adalah Curug Love, yang ada di Kabupaten Bogor.

Sebutan Curug Love muncul karena bentuknya yang seperti hati. Namun, masyarakat setempat lebih mengenal tempat ini dengan nama Curug Catang atau Curug Leuwi Cateng. Jika biasanya air terjun ada di gunung atau hutan, objek wisata ini menawarkan keindahan lain. Yaitu air terjun yang sekelilingnya merupakan perkebunan dan persawahan hijau nan asri.

Harga Tiket Masuk Curug Love Bogor

Keindahan objek wisata ini dapat dinikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun mematok tarif parkir, namun tarif parkirnya tetap terjangkau untuk tempat wisata. Untuk harga tiket masuk Curug Love Bogor sebesar Rp15.000.

Baca: PANORAMA PABANGBON Bogor Tiket Masuk & Wahana

Jam Buka Curug Love

Objek wisata ini sudah buka dari pagi pukul 07.00 hingga jam 05.00 sore hari. Waktu yang paling tepat adalah di pagi hari. Ketika sinar matahari masih hangat dan sinarannya memantulkan keindahan air. Sehingga warna air tampak semakin unik.

Wisata Populer Bogor

Air Terjun Biru Berdinding Batu Berkelok

Sungai yang Diapit oleh Dinding Batu Berkelok
Sungai yang terapit oleh Dinding Batu Berkelok. Foto: Gmap/Verbena Lens

Baca: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Curug Love memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar lima meter ketinggiannya. Dua air yang mengalir jernih dengan cukup deras, langsung memenuhi kolam yang ada di bawahnya. Airnya begitu jernih dan bersih, menggenangi kolam yang juga jernih di bawahnya. Yang kemudian dari kolam ini mengalir ke area sungai yang kanan kirinya bebatuan.

Di sinilah keunikan dari air terjun ini, yang air sungainya berwarna biru. Warna airnya begitu biru meski berasal dari air terjun yang jernih di atasnya. Mengalir lembut menuju ke hilir, menggoda siapa pun ingin masuk ke dalam aliran air ini. Kolam serta aliran sungai ini dangkal, hanya sekitar satu meter dengan air yang tidak deras.

Air akan tampak sangat biru ketika musim kemarau, dan terkena sinar mentari. Di musim hujan, debit air lebih tinggi, dan air tampak berwarna biru kehijauan. Di kanan kirinya terdapat batuan berkelok yang mengapit dengan goresan alami akibat abrasi. Seperti tembok batuan di Grand Canyon, benar – benar mirip, dengan sungai yang mengalir di tengahnya.

Baca: CURUG CIHERANG Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Kawasan Air Terjun yang sangat Unik

Area Persawahan di Curug Love
Area Persawahan di Curug Love. Foto: Gmap/Opita Andri

Batuan berkelok ini secara alami membentuk hati, hingga muncullah sebutan Curug Love. Jika air terjun biasanya berada di gunung atau hutan, berbeda dengan objek wisata ini. Di mana, kawasan air terjun berada di area persawahan dan perkebunan warga. Tepatnya berada di atas batuan yang mengapit sungai dari aliran air terjun.

Di tepi-tepi batuannya pun tumbuh tanaman dan semak-semak. Bahkan, tak jarang wisatawan menemui selang panjang yang mengalir ke sawah. Karena memang, aliran airnya juga bermanfaat untuk warga setempat mengairi sawah dan kebun. Yang sepintas membuatnya tampak seperti Curug Putri di Pandeglang.

Meski begitu, wisatawan tetap dapat bermain di air terjun tanpa mengganggu aktivitas para warga. Begitu pun warga, yang juga tidak terganggu dengan kehadiran wisatawan. Keberadaan sawah dan perkebunan justru membuat kawasan tampak semakin asri dan menyejukkan. Hingga suasana pedesaan semakin terasa ketika mengunjungi objek wisata ini.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Berenang dan Rafting di Curug Love

Berenang dan Body Rafting di Curug Love
Berenang dan Body Rafting di Curug Love. Foto: Gmap/Farhan Rizkisaputra

Kegiatan ketika sudah di kawasan air terjun tentu tidak jauh dari bermain air. Wisatawan dapat berenang puas di Curug Love. Kolamnya yang dangkal dan arus yang tenang membuatnya aman untuk wisatawan. Wisatawan pun dapat dengan bebas berenang dekat dengan air terjun.

Hal seru lainnya yaitu rafting dengan ban pelampung. Sayangnya, di sini belum menyediakan sewa pelampung. Sehingga wisatawan harus membawa sendiri pelampung untuk bermain. Karena sungai tidak terlalu lebar, lebih baik menggunakan pelampung yang tidak terlalu besar.

Wisatawan dapat naik pelampung dan membiarkan tubuh mengalir sesuai aliran sungai. Mengalir perlahan sambil menyaksikan tebing di kanan kirinya yang begitu indah. Ketenangan dan rasa nyaman akan langsung terasa begitu menaiki pelampung. Dan biarkan tubuh berelaksasi sembari merasakan kesejukan alam Curug Love.

Baca: CURUG PANGERAN Bogor Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Siapkan Kamera untuk Berfoto

Keindahan Aliran Sungai Curug Love yang Diapit Batuan Berkelok
Keindahan Aliran Sungai Curug Love yang terapit Batuan Berkelok. Foto: Gmap/Ao

Berada di tempat indah tentu jangan sampai lupa membawa kamera. Wisatawan dapat mengabadikan momen indah dengan berfoto. Banyak spot foto indah dan latar belakang alam yang memukau. Apalagi jika berfoto di area sungai yang berkelok, dan foto diambil dari ketinggian.

Mitos di Curug Love

Adanya wisata alam tentu tidak terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat. Secara turun temurun, masyarakat percaya jika di kawasan ini terdapat suara wanita. Tepatnya, suara wanita itu berasal dari area air terjun. Yang masyarakat yakini adalah suara dari Putri Kencana yang merupakan putri kerajaan.

Jika mendengar ada suara wanita di sekitar air terjun, bisa jadi itu suara Putri Kencana. Namun, kembali lagi karena ini mitos, dapat percaya atau mengabaikannya. Yang terpenting, tetap sopan saat berwisata dan jaga kebersihan kawasan wisata.

Baca: 25+ Curug Terbaik di Bogor

Lokasi Curug Love Bogor

Obyek wisata air terjun ini berlokasi di Desa Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 38 Kilometer dari kota bogor. Dengan waktu tempuh 2 jam berkendara.

Ulasan Pembaca

4.7 - 71 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *