Beranda Tiket Wisata

Curug Hiji Tiket Terjangkau Bisa Berkemah di Hutan Pinus – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Curug Hiji : Rp15.000 - Rp35.000Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Kampung Pasir Gaok, RT.03/RW.05, Gn. Malang, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16370

Kota Bogor bisa dikatakan kota seribu curug atau air terjun. Beragam air terjun indah ada di kota ini salah satunya adalah Curug Hiji. Dari namanya ini memang masih asing terdengar dan belum sepopuler Curug Bidadari. Meski begitu sejatinya air terjun ini punya daya tarik tersendiri yang membuatnya berbeda.

Curug Hiji berada di kaki Gunung Salak dan berada di ketinggian 200 Mdpl. Alamnya masih sangat sari dengan hutan hijau dan udara segar. Yang menarik selain air terjun tempat ini juga punya pesona pada hutan pinusnya. Wisatawan bisa sekaligus menikmati hamparan hutan pinus. Area hutan ini juga dipakai sebagai camping area.

Harga Tiket Masuk Curug Hiji

Untuk berwisata ke Curug Hiji akan perlu membayar tiket masuk. Terdapat dua kategori tiket untuk memasuki kawasan air terjun. Yaitu tiket untuk ke air terjun saja dan paket air terjun sekaligus berkemah di hutan pinus.

Harga Tiket Masuk Curug Hiji
Tiket air terjun Rp15.000
Tiket air terjun + camping area hutan pinus Rp35.000
Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: CURUG LEUWI HEJO Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Curug Hiji

Wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke tempat ini. Sebab destinasi wisata alam yang satu ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari. Di saat itu udara di sekitar air terjun masih sangat sejuk dan menyegarkan.

Jam Buka Curug Hiji
Setiap Hari 24 Jam

Air Terjun Asri di Kaki Gunung Salak

Pesona Curug IHiji dengan airnya yang sangat jernih
Meski tidak terlalu tinggi namun air terjun ini punya pesona yang indah. Foto: Gmaps/Khairullah

Berada di kaki Gunung Salak, Curug Hiji menawarkan wisata yang masih sangat alami. Selain air terjun di sekitar areanya punya daya tarik hamparan hutan Pinus. Setidaknya terdapat dua air terjun, di mana salah satunya memiliki ukuran yang lebih kecil. Lokasinya yang berada di tengah area hutan menjadikannya cocok untuk menyegarkan pikiran.

Beragam aktivitas alam bisa dilakukan. Wisatawan dapat menikmati air terjun ataupun berenang di airnya yang segar. Selain itu bagi yang ingin berlama-lama tersedia area untuk camping. Untuk area berkemah sendiri sangat indah karena berada di tengah-tengah hamparan hutan pinus. Dengan perpaduan air terjun dan hutan pinus tempat ini bisa menjadi pilihan wisata yang menarik.

Baca: HUTAN PINUS Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Berjalan Menyusuri Keindahan Alam Desa

Keindahan alam di kawasan wisata Curug Hiji
Selain air terjun pemndangan alam di tempat ini sngatlah memukau. Foto: Gmaps/Revan Abieputra

Sesampainya di kawasan wisata ini wisatawan harus memarkirkan kendaraan. Setelah itu harus melanjutkan perjalanan lagi dengan berjalan kaki. Untuk menuju air terjun perlu berjalan kaki sepanjang kurang lebih 1km. Aksesnya berupa jalan setapak khas pedesaan lereng gunung.

Di awal perjalanan wisatawan akan disuguhi pesona hamparan sawah terasering yang begitu cantik. Di depannya tampak Gunung Salak berdiri dengan gagah. Biasanya banyak yang berhenti dan berfoto ria di area sawah ini.

Setelah melewati hamparan sawah tak berselang lama akan sampai di batas hutan. Selanjutnya hamparan hutan pinus yang asri menyambut. Hutan pinus yang tinggi tumbuh berjejer dan terlihat sangat rapi. Suasana sekitar begitu teduh karena sinar matahari tidak bisa masuk seutuhnya.

Setelah menyusuri hutan pinus wisatawan akan mulai mendengar suara deburan air yang jatuh. Ini menandakan air terjun sudah sangat dekat. Total membutuhkan perjalanan sekitar 20-30 menit untuk mencapai air terjun. Tergantung intensitas dan kecepatan dalam berjalan.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Bersantai Menikmati Keindahan Air Terjun

Air terjun yang pertama adalah air terjun berukuran kecil. Meski tidak terlalu besar namun keindahannya sangat memanjakan mata. Aliran air yang jernih seakan menggoda wisatawan untuk merasakan langsung kesegarannya.

Di bawah air terjun kecil ini terdapat sebuah kolam yang tidak terlalu dalam. Wisatawan dapat bermain air di area tersebut. Air yang segar khas pegunungan mampu membuat rasa lelah sepanjang perjalanan hilang.

Sementara untuk melihat air terjun yang satu lagi, wisatawan harus berjalan naik lagi. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 5 menit berjalan. Jalurnya berupa jalan berbatu dengan pepohonan rindang di kanan kiri. Harus berhati-hati karena batuannya sangat licin dan tajam.

Tak berselang lama air terjun akan terlihat. Tingginya sekitar 15 meter dengan aliran air cukup deras. Inilah air terjun utama dari Curug Hiji. Area air terjun besar ini juga dapat dipakai berenang.

Baca: CURUG CIHERANG Sentul Tiket Masuk & Aktivitas

Jalan-Jalan di Area Hutan Pinus

Panorama hutan pinus di Curug Hiji
Wisatawan dapat menikmati keindahan dengan bersantai di area hutan pinus yang teduh. Foto: Gmaps/Wisata Alam Curug Hiji

Selain air terjun pilihan tempat indah lainnya yaitu hutan pinus. Wisatawan dapat duduk bersantai di tempat ini sembari menikmati udara segar. Jarak antara satu pohon ke pohon lainnya berdekatan sehingga terasa sangat teduh. Sehingga memudahkan bagi yang ingin memasang hammock di antara dua pohon.

Berkemah di Curug Hiji

Suasana berkemah di Curug Hiji
Wisatawan dapat berkemah dengan mendirikan tenda di kawasan hutan pinus. Foto: Gmaps/Wisata Alam Curug Hiji

Alamnya yang asri membuat wisata ini sangat cocok sebagai lokasi berkemah. Tersedia banyak camp area di kawasan hutan pinusnya.  Wisatawan dapat mendirikan di area datar dengan dikelilingi Pohon Pinus. Menikmati suasana malam hari yang sunyi di tengah hutan pinus tentu bisa menentramkan jiwa. Ketika pagi tiba wisatawan berkesempatan melihat panorama indah di kaki Gunung Salak.

Fasilitas Curug Hiji

Tempat wisata ini juga sudah menyediakan sarana dan prasaran yang sangat memadai. Tersedia area parkir, toilet, saung, musala serta warung kuliner. Di area hutan pinus juga banyak disediakan kursi-kursi bambu untuk bersantai.

Lokasi Curug Hiji

Kawasan wisata Air Terjun ini beralamat di Kampung Pasir Gaok, RT.03/RW.05, Gn. Malang, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari pusat kota berjarak sekitar 18km. Untuk mencapainya bisa ditempuh perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 37

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini