CURUG CIGENTIS Tiket & Aktivitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Curug Cigentis: Rp25.000
  • Jam Buka: 07.00-17.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Mekarbuana, Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat, Indonesia, 41362

Karawang mungkin memang identik sebagai kota yang padat dengan kegiatan industri. Namun, ternyata kota ini masih menyimpan keindahan alamnya yang terjaga dengan baik. Salah satunya adalah Curug Cigentis yang berada di kawasan Gunung Sanggabuana.

Objek wisata air terjun ini seringkali menjadi pilihan wisata warga sekitar. Tidak hanya karena kejernihan dan kesegaran air terjun tetapi juga keindahan alam sekitar.

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis

Kawasan wisata Curug Cigentis memberlakukan tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Tiket ini berlaku baik untuk pengunjung anak-anak maupun dewasa. Harga tiket masuk Curug Cigentis sendiri hanya Rp25.000

Baca: GUNUNG SANGGABUANA Karawang Tiket Masuk & Ragam Pesona

Jam Buka Curug Cigentis

Air terjun ini terbuka untuk umum mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Daya Tarik Curug Cigentis

Jembatan Curug Cigentis
Curug Cigentis terletak di Gunung Sanggabuana, Karawang – Foto: Google Maps/Jhiung channel 28

Curug Cigentis merupakan salah satu dari rangkaian air terjun yang ada di kawasan Gunung Loji dan Gunung Sanggabuana. Kawasan ini berada di bawah pengawasan RPH Cigunungsari BKPH Purwakarta.

Air terjun ini memiliki tinggi total kurang lebih 25 meter dan berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Sebagai lokasi wisata, curug ini menawarkan panorama air terjun memukau yang berbalut pemandangan alam yang masih asri.

Baca: 3 Tempat Wisata Pilihan di Karawang

Kisah di Balik Cigentis

Curug Cigentis
Curug Cigentis memiliki ketinggian 25 meter – Foto: Google Maps/Siti Turiyati

Ada beberapa kisah yang berkaitan dan melatarbelakangi keberadaan air terjun ini. Konon, Gunung Sanggabuana yang menjadi lokasi curug dahulu merupakan kawasan yang tidak memiliki mata air ataupun aliran sungai. Saat itu, para Wali Songo tengah berdakwah di daerah Cigentis. Mereka dikawal sekumpulan pengawal yang diterjunkan langsung oleh Prabu Siliwangi.

Setelah tidak henti-hentinya Wali Songo berdoa pada Allah SWT, tiba-tiba muncul mata air dari sebuah batu besar. Mata air itu kemudian membentuk air terjun yang terkenal saat ini. Salah satu pengawal yang bernama Nu Geulis Nyi Gentis sontak melompat untuk menikmati air yang mengalir tersebut. Nama inilah yang kemudian menjadi nama air terjun Cigentis.

Tetapi, kisah ini sebenarnya masih perlu pembuktian sumbernya. Meskipun begitu, objek wisata ini hingga saat ini tetap menjadi salah satu air terjun di Karawang yang memiliki pesona luar biasa.

Baca: Santasea Waterpark Tiket Masuk & Wahana

Keasrian Kawasan Air Terjun

Jajaran kios dan saung
Barisan kios dan saung yang tertata rapi di sepanjang jalan menuju curug – Foto: Google Maps/Moch Taufik Firdaus

Sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah, air terjun ini memiliki kemudahan akses serta kelengkapan fasilitas. Perjalanan menuju tempat wisata ini terasa nyaman karena kondisi jalan yang sudah beraspal. Selain itu, pemandangan sawah dan pegunungan juga akan memanjakan mata.

Sampai di kawasan wisata ini, pengunjung harus berjalan dari area parkir untuk menuju lokasi air terjun. Jaraknya sekitar 300 meter melalui jalan setapak berbatu. Sepanjang jalan, berjajar warung dan kios makanan serta saung-saung peristirahatan. Apabila lelah, pengunjung bisa rehat terlebih dahulu dan menikmati pemandangan sekitar yang masih hijau dan alami.

Baca: CURUG PANGERAN Bogor Tiket Masuk & Aktivitas Wisata

Pesona Curug Cigentis

Panorama curug
Aliran air terjun yang terapit tebing batu dengan tanaman liar yang masih terjaga – Foto: Google Maps/Kasidi Kasidi

Curug Cigentis adalah air terjun yang berada di ketinggian 25 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang tinggi dan berpagar tebing. Dinding tebing lebat tumbuhan liar, menjadikan suasana asri dan sejuk.

Sumber aliran air curug berasal dari sungai kecil yang ada di atas tebing. Sungai ini merupakan gabungan dari berbagai mata air di Gunung Sanggabuana. Sanggabuana sendiri bermakna “penopang semesta”. Nama ini kemungkinan berangkat dari fakta bahwa kawasan ini adalah titik tertinggi di Karawang.

Dengan debit airnya yang tinggi, hawa di sekitar air terjun terasa segar karena adanya tempias air. Air kemudian mengalir ke telaga dan sungai dengan sebaran bebatuan licin. Pengunjung bisa bebas bermain air di sekitar area ini.

Baca: WONDERLAND Karawang Tiket Masuk & Wahana

Aktivitas di Curug

camping ground
Wisatawan dapat berkemah di sekitar Curug Cigentis – Foto: Google Maps/Herekk Motorider

Wisatawan dapat menikmati keindahan alam di sekitar sambil bermain air atau berenang di telaga. Sungai yang mengalir di sekitarnya terdapat sebaran bebatuan yang bisa menjadi tempat berpijak dan beristirahat. Sambil santai, abadikan momen dan panorama melalui kamera dari sini. Spot lainnya yang tak kalah menarik adalah jembatan di atas Sungai Cigentis dengan tulisan “Curug Cigentis”.

Jika ingin bermalam, terdapat fasilitas penginapan yang ada di sekitar kawasan Curug Cigentis. Vila maupun homestay tersedia di sini. Bagi pecinta suasana alam, bida mendirikan tenda dan berkemah di sekitar curug. Pengalaman bermalam sambil berteman suara pegunungan dan gemercik air tentu akan memberikan penyegaran bagi tubuh maupun pikiran.

Baca: CURUG LEUWI HEJO Bogor Tiket Masuk & Aktivitas

Fasilitas Curug Cigentis

Sebagai kawasan wisata yang berada di bawah pengelolaan Perhutani setempat. Area curug sudah tersedia pelayan dan fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut yaitu area parkir motor dan mobil, jalan setapak yang baik, toilet, masjid, serta deretan kios makanan dan minuman serta saung peristirahatan. Terdapat beragam penginapan yang mengakomodasi untuk bermalam serta area berkemah di sekitar curug.

Akses & Lokasi Curug Cigentis

Jalan menuju tempat wisata ini sudah dalam keadaan baik dengan cor beton serta aspal. Namun, pengemudi tetap harus berhati-hati dalam perjalanan. Di beberapa titik terdapat tanjakan atau turunan curam, sehingga membutuhkan kondisi kendaraan yang baik serta kemampuan mengemudi yang lihai, terutama dalam pengaturan rem.

Objek wisata air terjun ini berada di Gunung Sanggabuana, tepatnya di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 44 kilometer dari pusat Kota Karawang dan bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Ulasan Pembaca

4.6 - 67 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

4 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Untuk penginapan bisa menyewa buat beberapa jam tidak? kayak buat istirahat untuk perjalanan jauh bukan nginap buat semalaman, semoga dibalas🙏

  2. Mobil Parkir di bawah, dari parkir menuju pintu loket karcis akses bisa berjalan kaki ataupun dapat ditempuh dengan ojek