Beranda Tiket Wisata

CURUG LEUWI ASIH Tiket & Ragam Aktivitas Oktober 2021

Curug Leuwi AsihHarga Tiket: Rp20.000Jam Buka: 07.00-17.00 WIBNo Telp: -Alamat: Jl. Kp. Wangun landeuh, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Curug Leuwi Asih adalah objek wisata air terjun alami di kawasan Sentul, Bogor. Air terjun ini terkenal dengan sungainya yang lebar dan memiliki kolam alami ramah anak. Selain itu kawasannya juga populer sebagai destinasi trekking Sentul yang menantang. Bagi yang menyukai aktivitas trekking, wisata ke curug ini bisa menjadi pilihan.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Asih

Harga tiket masuk Curug Leuwi Asih memang agak lebih mahal dari objek wisata curug lainnya. Tarif tiket sebesar 20 ribu rupiah per orang belum termasuk biaya parkir. Tapi, harga ini sebanding dengan kelengkapan fasilitas yang ada di dalam areanya.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk CurugRp20.000/orang
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp20.000
Sewa PelampungRp20.000

Baca Juga: 30 Wisata Curug Terbaik di Bogor

Jam Buka

Curug Leuwi Asih buka setiap hari. Pengunjung bisa datang sejak pagi hari hingga sore hari. Penginapan sekitar curug dibuka untuk reservasi setiap hari selama 24 jam.

Jam Operasional
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Bermain di Curug Leuwi Asih

Curug Leuwi Asih
Bebatuan besar yang membentuk curug – Foto; Google Maps/leo kim

Kegiatan luar ruangan semakin digemari belakangan ini terutama oleh generasi muda. Banyak yang sengaja melancong ke alam terbuka sebagai sarana rekreasi. Bagi warga sekitar ibukota, kegiatan seperti ini membantu menghilangkan stress dan lelah. Pilihan destinasinya pun biasanya tak jauh dari sekitar ibukota, yaitu Bogor.

Soal wisata alam, aktivitas trekking pun tak pernah sepi peminat. Seperti halnya rekreasi ke Curug Leuwi Asih di sekitar kawasan Gunung Pancar yang asri. Curug indah ini sudah tidak asing lagi sebagai tujuan trekking.

Air terjun ini memikat wisatawan tidak hanya karena kesegaran air terjunnya. Tetapi juga rute menuju lokasi curug yang cukup menantang sebagai jalur trekking. Alih-alih lelah, pengunjung justru akan terpuaskan setelah berjalan kaki sejauh 3 kilometer. Pemandangan suasana pedesaan yang alami mampu menghilangkan rasa pegal di kaki selama berjalan.

Rute Trekking Menantang

trekking Menyusuri sawah menuju curug leuwi asih
Banyak pemandangan alam yang bisa dinikmati di sepanjang jalur tracking – Foto: Google Maps/Suhendi Ahmad

Terdapat dua pintu masuk menuju Curug. Gerbang masuk yang biasa hanya membutuhkan jalan kaki selama 5 menit. Ini cocok untuk pengunjung yang membawa balita dan anak kecil.

Selanjutnya jalan memutar melewati perbukitan. Inilah jalur yang populer sebagai jalur trekking. Pengunjung akan diajak naik-turun bukit dan hutan bambu. Medan jalan yang masih tanah cukup berbahaya jika tidak menggunakan alas kaki yang tepat.

Keluar bukit, panorama hamparan sawah yang mempesona akan langsung menyambut. Wisatawan akan diajak melintasinya melalui jalur pematang. Pemandangan di sekeliling hanya perbukitan yang hijau dan asri.

Tak lama dari sini, wisatawan akan turun menuju sungai. Eits, meski memiliki air terjun namun ini bukan lokasi Curug Leuwi Asih. Di sini pengunjung bisa beristirahat di warung atau mendinginkan kaki di sungai. Airnya jernih dan menyegarkan untuk jadi arena berenang, lho.

Curug Leuwi Asih

Bermain air di sekitar curug
Pengunjung ramai bermain air dan berenang di sekitar curug – Foto: Google Maps/Curug Leuwi Asih

Setelah melewati sungai, masih ada area sawah yang harus dilewati. Jalur trekking kemudian membawa wisatawan kembali menanjak bukit. Di bukit ini terdapat kandang kambing dan kerbau milik warga setempat sebagai check-point.

Dari kandang kerbau, ada jalur yang terapit semak-semak yang harus dilewati. Jalurnya pendek dan berakhir di sebuah lapangan kecil. Ada gardu pandang sederhana yang bisa menjadi spot selfie.

Area ini jadi medan terakhir sebelum akhirnya tiba di lokasi curug. Jangan kaget jika wisatawan harus sedikit menyusuri sungai terlebih dahulu. Curug Leuwi Asih memang berada di ujung sungai ini.

Keunikan Curug Berbatu

Berpose di bendungan sungai curug leuwi asih
Area sungai yang dibendung sebagai kolam dengan air terjun buatannya – Foto: Google Maps/Aminudin

Berjalan ke arah hulu, terdapat Curug Leuwi Asih. Air terjun ini bukan tipe air terjun yang mengalir dari tebing. Tapi hasil dari perbedaan tinggi sungai yang terhalang bebatuan besar. Akibatnya, jadilah air terjun alami yang eksotis.

Di tebing sisi sungai, terdapat sebuah air terjun lain. Pengunjung sering salah mengira curug ini sebagai Leuwi Asih. Padahal air terjun ini sebenarnya Curug Handeuleum. Aliran airnya cukup deras dan bisa menimbulkan sensasi pijatan ketika terkena punggung.

Air yang mengalir ke sungai dari curug sangat menyegarkan. Warnanya lebih sering agak kecoklatan tapi bukan karena kotor. Ini karena pasir yang terbawa aliran di dasar sungainya. Ketika berenang, perhatikan tali tanda bagian sungai yang cukup dalam.

Fasilitas Curug Leuwi Asih

Fasilitas pendukung di Curug Leuwi Asih lebih dari lengkap. Ada sarana umum seperti area parkir, toilet dan kamar mandi bilas, musala, serta warung makan. Beberapa warung juga dilengkapi pendopo atau gazebo untuk beristirahat. Di sekitar curug juga terdapat bungalow dan villa untuk menginap.

Fasilitas Lengkap

fasilitas penginapan, area makan di tepi sungai curug leuwi asih
Sarana pendukung yang memadai membuat acara wisata di curug ini jadi lebih nyaman dan menyenangkan – Foto: Google Maps/Fardiah Nafisah Oemar

Di sungai ini, pengunjung sudah bisa melihat berbagai fasilitas yang ada di tepian. Warung makan dengan gazebo bambu berderet rapi dan bertingkat. Ada juga penginapan bergaya tradisional di bagian atas. Penginapan ini menyajikan panorama sungai yang menyejukkan mata.

Di tengah sungai, terdapat sebuah jembatan bambu. Jembatan ramping ini biasanya jadi salah satu lokasi berfoto yang tak pernah sepi. Di bawahnya, ada kolam yang dibuat dari bendungan air sungai.

Kolam ini memiliki kedalaman yang aman untuk anak-anak sekalipun. Pengunjung bisa berenang menggunakan pelampung dan bersantai di sini. Dinding bendungan yang rapi menghasilkan air terjun lainnya yang melebar. Ini adalah spot cantik lainnya untuk berpose di depan kamera.

Lokasi Curug Leuwi Asih

Air Terjun ini berada di Kampung Wangun Landeuh, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Wisatawan dari Bogor bisa melalui rute jalan arah Gunung Pancar. Gerbang masuknya tidak jauh dari objek wisata Teras Wangun. Medan jalan di kawasan Gunung Pancar memang sempit dan menanjak, namun mulus karena sudah beraspal.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 3

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini