Beranda Tiket Wisata

PENDOPO CIHERANG Tujuan Staycation Ajib di Sentul Desember 2021

Pendopo CiherangHarga Tiket: Rp25.000 - Rp100.000Jam Buka: 09.00 - 17.00No Telp: 085714805156Alamat: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810

Pendopo Ciherang adalah penginapan dan kafe yang berada di pinggiran sungai kawasan Babakan Madang, Bogor. Tempat wisata ini baru saja buka pada pertengahan tahun 2020. Lokasinya tidak jauh dari perkotaan namun memiliki suasana alam yang asri. Sangat pas menjadi tujuan staycation singkat di akhir pekan bersama pasangan atau keluarga.

Tiket Masuk Pendopo Ciherang

Sebagai tempat wisata, Pendopo Ciherang memberlakukan tiket masuk. Tiket ini berlaku untuk pengunjung yang tidak berencana menginap.

Tarif & Tiket Masuk
Jenis TiketWeekdayWeekend
DewasaRp30.000Rp30.000
Anak-AnakRp25.000Rp25.000
Family (2 Dewasa, 2 anak-anak)Rp100.000Rp100.000
BerenangRp30.000

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Pendopo Ciherang dibuka untuk umum setiap hari. Untuk pengunjung yang tidak menginap, tempat ini buka sejak pagi hingga sore hari. Area sungai akan ditutup jika cuaca tidak mendukung. Karena itu, hindari berkunjung di musim hujan.

Jam Operasional
Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Pendopo Ciherang

Pendopo Ciherang
Pendopo Ciherang menawarkan fasilitas menginap, kafe dan restoran, serta sejumlah wahana menarik untuk liburan keluarga di kawasan Bogor – Foto: Google Maps/Mirhan Fauzi

Bogor memang tujuan berlibur favorit warga kota besar di sekitarnya. Selain dekat dan memiliki akses yang mudah, Bogor punya beragam opsi destinasi wisata. Tidak heran jika kota ini seringkali jadi tujuan untuk staycation. Pendopo Ciherang yang terletak di Babakan Madang menambah daftar tujuan staycation di kota hujan tersebut.

Pendopo Ciherang merupakan kawasan wisata yang terdiri dari penginapan dan tempat makan. Letaknya yang berada di area pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan asri. Ditambah dengan lokasinya menempati area pinggiran sungai yang sejuk. Selain itu spot-spot dengan desain menarik menambah nilainya sebagai destinasi wisata Instagramable.

Baca Juga: CURUG CIHERANG Bogor Tiket & Aktivitas

Lima Pilihan Bungalow

Rumah Empat dan Lima
Pendopo Ciherang memiliki lima penginapan yang menyajikan pemandangan sungai dan bukit – Foto: Google Maps/Def Bow

Untuk ukuran tempat wisata alam, tarif tiket masuk Pendopo Ciherang memang terbilang tidak murah. Karenanya, sangat disarankan untuk menjadikan tempat ini sebagai tujuan staycation. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati seluruh fasilitas yang ada secara maksimal.

Terdapat 5 bungalow dengan kapasitas 2-4 orang yang yang ada di sini. Setiap bungalow memiliki desain bangunan yang sedikit berbeda. Secara keseluruhan, semuanya memiliki fasilitas yang serupa. Hanya saja, Rumah Tiga memiliki tambahan gazebo tepat di depan kolam renang.

Sedangkan untuk fasilitas kolam renangnya merupakan kolam standar tanpa wahana tambahan. Kolam dengan kedalaman untuk anak-anak ukurannya lebih kecil. Sambil berenang, pengunjung bisa menikmati udara segar serta panorama alam di sekeliling.

Baca Juga: Curug PUTRI KENCANA Sentul Tiket & Aktivitas

Pendopo Eatery

Sungai Pendopo Ciherang
Pemandangan sungai yang menemani di Pendopo Ciherang – Foto: Google Maps/edi supriyanto

Penginapan tentu tidak lengkap jika tidak memiliki tempat makan. Di sini, terdapat kafe berkonsep semi-outdoor bernama Pendopo Eatery. Hampir seluruh area makannya berada di area terbuka. Bahkan beberapa meja-kursi berada tepat di pinggiran sungai yang dangkal.

Selanjutnya terdapat satu area yang menyerupai teras dengan posisi menjorok ke sungai. Duduk di area ini, pengunjung serasa makan di atas sungai. Sehingga memberikan suasana makan yang unik dengan suara gemericik aliran air sungai di bawah kaki.

Sedangkan untuk menunya cukup banyak dan beragam. Ada aneka sajian nasi, lauk, cemilan, serta kopi dan non-kopi. Semuanya santapan yang pas dinikmati untuk menemani waktu santai.

Baca Juga: GUNUNG PANCAR Sentul Tiket & Ragam Aktivitas

Wisata Tepi Sungai

Aliran sungai yang jernih
Tidak hanya dinikmati dari tepi, pengunjung juga bisa turun dan bermain air sungai ketika cuaca memungkinkan – Foto: Google Maps/Fandy Irawan

Daya tarik utama Pendopo Ciherang yaitu lokasinya yang berada di pinggiran sungai kecil. Sungai ini berpagar perbukitan hijau. Aliran airnya yang alami masih sangat bersih dan jernih. Ditambah dengan bebatuan berukuran besar bertebaran di sepanjang alirannya.

Fasilitas penginapan dibangun di sekitar sungai. Dengan begitu, pengunjung akan dimanjakan oleh gemericik air serta suasana hutan nan asri. Kemudian terdapat jalan setapak yang dibangun di atas pinggiran sungai. Area ini sering menjadi tempat favorit untuk menikmati pemandangan sekaligus berfoto.

Selanjutnya dari jalan setapak ini juga terdapat akses untuk turun ke sungai. Sehingga pengunjung bebas turun ke sungai dan bermain air sepuasnya. Sedangkan untuk menikmati sarana ini, direkomendasikan untuk datang pada akhir musim kemarau. Karena akses ini hanya buka ketika cuaca cerah. 

Baca Juga: VILLA KHAYANGAN Tiket & Ragam Wahana

Galeri Mini & Flying Fox

Deretan foto presiden Indonesia
Galeri mini bertemakan sejarah dan budaya Indonesia – Foto: Google Maps/Adhitya Mukti Wibowo

Sebagai tambahan wahana rekreasi, Pendopo Ciherang membuka sebuah galeri. Setidaknya ada dua galeri kecil dengan tema seputar Indonesia. Terdapat foto-foto presiden Indonesia, koleksi figurin pesawat tempur, hingga senjata tradisional.

Wahana lainnya yaitu flying fox yang terbentang di atas sungai. Pengunjung yang ingin menguji adrenalin bisa mencoba wahana ini. Meski treknya tidak terlalu panjang, tapi ketinggiannya cukup membuat badan gemetar, lho.

Baca Juga: NIRVANA VALLEY Tiket & Wahana Lengkap

Fasilitas Pendopo Ciherang

Fasilitas utama di Pendopo Ciherang diantaranya penginapan, kolam renang, dan kafe. Selanjutnya terdapat area sungai, galeri mini, dan wahana flying fox sebagai rekreasi tambahan. Sarana pendukung yang tersedia yaitu area parkir, toilet, dan musala. Pendopo Ciherang juga menyediakan penampilan live music di hari tertentu.

Lokasi Pendopo Ciherang

Pendopo Ciherang terletak di Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Lokasinya di sebelah timur Gunung Pancar, Sentul. Bisa diakses sekitar 1 jam dari Bogor dan 2 jam dari Jakarta. Medan jalannya sempit sehingga disarankan menggunakan kendaraan pribadi berukuran kecil atau roda dua.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 5

Kasi Bintang