Beranda Tiket Wisata

GUNUNG PANCAR Tiket & Aktivitas September 2021

Gunung PancarHarga Tiket: Rp5.000 - Rp7.500Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, -

Gunung Pancar adalah destinasi wisata alam di Kabupaten Bogor. Gunung ini menyajikan taman wisata dengan daya tarik utama kawasan hutan pinus yang sejuk. Sejumlah wahana dan paket aktivitas rekreasi yang tersedia sebagai pelengkap.

Gunung ini populer sebagai tujuan rekreasi bagi warga area Jabodetabek. Selain karena lokasinya yang dekat, fasilitasnya terbilang sangat lengkap. Lokasinya sangat pas bagi warga kota yang mencari udara segar di akhir pekan. Wisatawan bisa menggelar piknik atau liburan keluarga di sini.

Tiket Masuk Gunung Pancar

Tiket masuk taman wisata Gunung Pancar berbeda untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Selain itu harga tiket ini belum termasuk tarif parkir dan tiket masuk area spot foto. Terdapat biaya yang berbeda untuk paket kegiatan wisata seperti trekking, camping, dan outbond.

Tiket Masuk
Jenis TiketWeekdayWeekend
Tiket Masuk Rp5.000Rp7.500
Tiket WNA Rp100.000Rp150.000
Parkir Motor Rp5.000Rp10.000
Parkir Mobil Rp10.000Rp15.000
Biaya & Tiket Rekreasi
Area Foto per orangRp15.000 
Camping Individu (min. 3 orang) per orangRp100.000 – Rp200.000
Camping Rombongan (min. 30 orang) per orangRp270.000 – Rp300.000
Tracking (min. 4 orang) per orangRp150.000
Glamping (max. 4 orang) per orangRp1.500.000 – Rp2.100.000
Outbond/Team Building Activity (min. 25 orang) per orangRp250.000 – Rp350.000
Pre-Wedding per sesiRp750.000

Foto Buku Tahunan Sekolah per sesi

Rp1.500.000 

Baca Juga: 29 TEMPAT WISATA di BOGOR Paling Spektakuler

Jam Buka

Gunung Pancar terbuka untuk wisatawan setiap hari. Akhir pekan biasanya jadi waktu kunjungan yang padat. Jika ingin berfoto di sini, disarankan datang sebelum pukul 10 pagi atau setelah pukul 4 sore.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Wisata di Gunung Pancar

Area hutan pinus yang luas dan sejuk jadi daya tarik andalan di Gunung Pancar – Foto: Google Maps/Indrawan Saputra

Bagi warga perkotaan seperti Jakarta, berwisata ke alam bisa terkesan merepotkan. Lokasi wisata alam biasanya jauh dari keramaian kota besar. Tidak banyak yang rela menghabiskan waktu hanya untuk perjalanan yang jauh. Terlebih, waktu berlibur bisanya hanya tersedia di akhir pekan.

Gunung Pancar memang bisa menjadi alternatif wisata alam terbaik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Destinasi wisata ini berada kawasan Sentul, Bogor. Jaraknya dari Jakarta hanya sekitar 1,5 jam melalui Tol Jagorawi. Tanpa perlu jauh-jauh, wisatawan sudah bisa menikmati rekreasi di dataran tinggi sambil menghirup udara segar.

Baca Juga: HUTAN PINUS Sentul Tiket & Aktivitas

Trekking

Menyusuri sejuknya hutan pinus Sentul
Jalur trekking Gunung Pancar cukup bervariasi karena banyaknya spot alami seperti curug dan sungai – Foto: Google Maps/Glamping Gunung Pancar TheCarpenterOutdoor

Area hutan pinus yang luas mendominasi hampir keseluruhan kawasan wisata Gunung Pancar. Lokasinya cenderung teduh dan berselimut udara yang sejuk. Sehingga, kegiatan jalan-jalan atau trekking sangat tepat di sini.

Wisatawan dapat menyusuri lintasan yang sudah tertata dengan rapi mengelilingi hutan. Selama perjalanan banyak hal menarik yang bisa dilihat, seperti panorama Kota Bogor dan batu alam berukuran raksasa. Sejauh kaki melangkah, wisatawan dapat menghirup udara segar yang tentunya jauh berbeda dari kualitas udara di kota besar.

Baca Juga: Eco Art Park Sentul Tiket & Spot Foto

Spot Foto

Pengunjung berpose di depan spot foto yang ada di Gunung Pancar
Dihadirkan banyak spot foto kreatif yang mendukung potensi keindahan alami kawasan Gunung Pancar – Foto: Google Maps/Ninda Rizka Ayunda

Sambil trekking, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa area berfoto yang ada. Seperti tempat wisata kekinian pada umumnya, di sini terdapat banyak spot foto. Bentuknya bermacam-macam dan terbagi dalam beberapa area berbeda. Setiap area wisatawan perlu membayar tiket masuk tambahan per orang.

Instalasi foto kreatif yang ada sengaja dibuat untuk melengkapi suasana hutan nan asri. Misalnya, spot foto rumah hobbit, rumah pohon, dan ayunan. Ada juga beberapa gardu pandang aneka bentuk. Latar belakang pemandangan yang tersaji akan membuat terpana karena keindahannya.

Suasana hutan yang alami juga menarik untuk jadi lokasi sesi foto khusus seperti pre-wedding. Selain itu bisa juga sebagai area foto untuk buku kenangan kelulusan sekolah. Tidak hanya itu, hutan pinus Gunung Pancar juga sering terpilih sebagai lokasi syuting film atau iklan.

Baca Juga: TAMAN BUDAYA SENTUL Tiket & Aktivitas

Berkemah

Tenda di area berkemah Gunung Pancar
Selain camping keluarga, kawasan ini juga sering menjadi lokasi berkemah para pecinta alam, siswa sekolah, dan lain-lain – Foto: Google Maps/nurul afnawiyati

Tidak perlu mencari tempat yang jauh untuk mengadakan acara berkemah. Di sini, terdapat banyak area yang luas untuk wisatawan yang ingin bermalam dalam tendanya. Tidak hanya tenda, kawasan ini juga terbuka bagi para van campers. Berbagai kemudahan dan kenyamanan berkemah tersaji di sini.

Selain itu Gunung Pancar sangat cocok untuk kegiatan camping anak-anak maupun keluarga. Sarana pendukung seperti toilet dan kamar mandi bersih selalu tersedia di sini. Sejauh ini akses jalan menuju lokasi berkemah pun dapat dilalui dengan kendaraan roda empat. Tidak jarang bumi perkemahannya digunakan untuk kegiatan Pramuka.

Pengelola juga menyediakan paket siap kemah. Paket ini sudah termasuk tenda yang bisa menampung hingga empat orang. Tenda ini bahkan dilengkapi listrik dan lampu. Wisatawan cukup membawa kebutuhan tambahan seperti makanan atau perlengkapan alat tidur.

Baca Juga: 10+ Tempat Wisata Terbaik di Sentul

Glamping

Area glamping lengkap dengan api unggun, lampu hias sebagai penerangan, dan perlengkapan BBQ di Gunung Pancar
Rasakan sensasi berkemah mewah yang didukung fasilitas lengkap – Foto: Google Maps/Glamping Gunung Pancar TheCarpenterOutdoor


Di samping kegiatan berkemah, di sini juga menawarkan paket glamping. Paket ini merupakan hasil kerja sama dengan pihak swasta. Fasilitas yang tersedia tentunya berbeda dengan acara berkemah biasa. Karena kegiatan glamping menonjolkan berkemah yang mengutamakan kenyamanan.

Selain tenda dan listrik, fasilitas lainnya yang tersedia yaitu panggangan BBQ, kursi perlengkapan api unggun, dan meja makan. Tersedia paket dengan layanan tambahan sarapan, makan malam, dan trekking bersama pemandu. Kegiatan berlibur yang lengkap ini kayak dijajal untuk memanjakan diri atau keluarga di akhir pekan.

Outbond

Peserta mengikuti rangkaian permainan kekompakan
Kegiatan outbond untuk semua kalangan usia maupun acara team-building bisa diadakan di sini – Foto: Google Maps/Glamping Gunung Pancar TheCarpenterOutdoor

Gunung Pancar adalah lokasi yang pas untuk kegiatan keakraban outdoor. Banyak lahan luas yang teduh dan sejuk. Pengelola menawarkan paket pilihan untuk acara outbond yang lengkap dengan fasilitator. Peserta tidak perlu repot menyiapkan apapun karena semua kebutuhan sudah disediakan.

Setiap paket sudah termasuk makan siang, kudapan, dan rangkaian permainan menarik. Acara berlangsung dengan panduan dari fasilitator dan kru yang sudah berpengalaman. Jika mencari lokasi untuk acara outbond kantor atau sekolah.

Fasilitas Gunung Pancar

Fasilitas pendukung Gunung Pancar diantaranya area parkir, toilet dan kamar mandi bersih, dan musala. Sedangkan untuk sarana rekreasi yang tersedia yaitu spot foto, area camping dan glamping, serta paket outbond. Selanjutnya di sini juga menyediakan ranger/fasilitator yang siap membantu untuk setiap kegiatan.

Lokasi Gunung Pancar

Kawasan wisata area pegunungan ini berada di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Sangat dekat dan aksesnya mudah menggunakan kendaraan dari arah Sentul. Lokasinya juga tak jauh dari tempat wisata Jungle Land. Namun harus berhati-hati dengan pungutan liar yang biasanya mengatasnamakan pengelola wana wisata Gunung Pancar.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini