Beranda Tiket Wisata

Curug PUTRI KENCANA Sentul Kesegaran Telaga Jernih - Oktober 2019

Tgl. Update:Rabu, Oktober 9, 2019
Curug Putri Kencana Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Karang Tengah,Babakan Madang,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16810.

Curug Putri Kencana merupakan satu di antara curug-curug yang ada di Bogor. Air terjun ini sempat tayang di salah satu stasiun televisi swasta sebagai destinasi wisata alam yang menarik. Tidak salah, karena objek wisata ini memang menawarkan keindahan alam sekaligus berbagai aktivitas luar ruangan yang menantang.

Tiket Masuk

Tiket masuk area wisata air terjun untuk anak-anak dan dewasa harganya tidak dibedakan. Begitu juga harga tiket ketika hari biasa dan akhir pekan. Balita tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Harga Tiket Masuk Curug Putri Kencana 
Tiket parkir motorRp5.000
Tiket parkir mobilRp20.000
Tiket masukRp15.000
Sewa tempat berkemahRp25.000
Sewa gazebo/saungRp40.000
Paket tur treking (min. 12 orang)Rp280.000 per orang

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Jam Operasional

Kawasan wisata ai terjun ini dibuka setiap hari. Tidak disarankan untuk berkungjung kemari ketika musim hujan karena akses treking menuju curug terlalu licin dan berbahaya, serta arus air teralu deras. Lebih baik datang pada musim kemarau agar lebih terjamin keamanannya.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Putri Kencana

Gerbang utama Curug Putri Kencana
Pintu masuk Wana Wisata Curug Putri Kencana – Foto: Google Maps/ranny run.away 0809

Curug Putri Kencana terletak di kawasan wisata Gunung Pancar. Di musim kemarau, airnya bersih dan jernih hingga wisatawan bisa melihat ke dasar sungai dari atas permukaan air dengan jelas. Suasana alam di sekitar yang masih asri sangat menenangkan hati.

Air terjun ini dinamai Putri Kencana karena terkait dengan mitos yang tumbuh di sana. Menurut warga sekitar, sering terlihat penampakan seorang wanita cantik seperti seorang putri serta kereta kencana pada malam Jumat. Curug ini memang lekat dengan kisah mistis, namun hal itu tidak mengurangi kunjungan wisatawan yang penasaran dengan keindahannya.

Pesona Curug Putri Kencana

Pemandangan di Curug Putri Kencana
Curug Putri Kencana diapit tebing bebatuan dan memiliki aliran air yang jernih – Foto: Google Maps/nhazz mad

Curug Putri Kencana adalah air terjun dengan tinggi lebih-kurang 7 meter. Air terjun ini dikelilingi dinding bebatuan tinggi serta hutan liar. Airnya terkenal berwarna biru-kehijauan dan sangat jernih. Suara berbagai hewan liar seperti kicau burung menghiasi kawasan ini, membuat siapapun yang datang merasa menyatu dengan alam.

Baca: CURUG CIPAMINGKIS Tiket & Ragam Aktivitas Seru

Sungai yang mengalir dari air terjun hanya memiliki ketinggian air semata kaki. Aliran airnya yang jernih memungkinkan pengunjung melihat permukaannya dengan jelas. Namun, telaga yang ada di sekitarnya bisa memiliki kedalaman hingga 4 – 6 meter. Perenang pemula harus berhati-hati agar tidak bermain air mendekati sekitar air terjun.

Aktivitas di Curug Putri Kencana

Pengunjung bisa menyewa pelampung di Curug Putri Kencana
Menikmati keindahan Curug Putri Kencana dengan bersantai menggunakan pelampung – Foto: Google Maps/muchtarom Ridho

Tebing bebatuan yang mengapit Curug Putri Kencana sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai cliff jumping. Untuk mencapai tebing yang tertinggi di samping curug, pengunjung harus sedikit menyusuri jalan setapak ke atas dan naik ke jembatan. Jika nyali masih belum kuat, lebih baik pilih batu-batu besar yang ada di sekitar telaga sebagai pijakan untuk cliff jumping.

Jika tidak terlalu menyukai aktivitas menantang, pengunjung cukup bersantai di telaga atau bermain air di sungainya. Terdapat penyewaan pelampung di sekitar curug yang menawarkan pelampung berbagai bentuk dengan harga variatif. Arus airnya yang tenang, serta alam terbuka yang mengelilingi, akan menghanyutkan rasa penat dan menggantikannya dengan rasa nyaman di hati.

Baca: CURUG BIDADARI Tiket & Aktivitas

Ingin aktivitas menarik lainnya? Pengunjung bisa menyewa pelampung dan mencoba kegiatan body rafting. Menyusuri sungai perlahan-lahan sambil menikmati air yang segar tentu menantang sekaligus menyenangkan.

Jika ingin bermalam, di sini terdapat lahan untuk berkemah yang bisa disewa. Ada juga berbagai penginapan dengan biaya variatif.

Rangkaian Curug dan Leuwi

Pengunjung menikmati Curug Love
Curug berbentuk hati di Curug Love – Foto; Google Maps/AL_VI SQUY

Wana Wisata Curug Putri Kencana tidak hanya terdiri dari satu air terjun saja. Jika menyusuri jalur treking menuju curug ini, pengunjung akan disuguhi oleh berbagai air terjun dan sungai lainnya. Air terjun maupun sungai ini juga aman untuk menjadi tempat rekreasi sekadar bermain air. Rangkaiannya terdiri dari Leuwi Pariuk, Leuwi Demang, Leuwi Baliung, hingga Curug Love yang unik.

Leuwi Pariuk adalah sungai kecil dengan air terjun yang tinggi. Sungainya dihiasi bebatuan besar yang bertebaran di sekitar air terjun. Ketinggian airnya hanya semata kaki. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat berfoto bersama kerabat atau rekan.

Leuwi Demang serta Leuwi Baliung berukuran lebih lebar dan luas. Leuwi Demang memiliki air terjun kecil dan sungai setinggi setengah betis orang dewasa. Bagi yang suka bermain air dan berenang, tempat ini sangat aman dan bisa jadi pilihan.

Baca: Daya Tarik Wisata CURUG HORDENG Sentul

Rangkaian terakhir yaitu Curug Love yang berjarak sekitar 30 menit berjalan kaki dari curug ini. Disebut “Love” karena air terjunnya terpecah oleh sebuah batu di tengah, membuatnya terbentuk menyerupai bentuk hati. Airnya tidak kalah jernih dari air terjun ini. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sini.

Fasilitas Curug Putri Kencana

Fasilitas yang terdapat di sini yaitu tempat parkir, toilet, mushola, kios makanan, dan penyewaan pelampung. Ada juga aree berkemah, penginapan, dan saung atau gazebo yang bisa disewa untuk beristirahat dan bersantai.

Lokasi Curug Putri Kencana

Wana wisata air terjun ini berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Jakarta. Jalurnya searah dengan jalur menuju tempat wisata Jungle Land dan Hutan Pinus Gunung Pancar.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here