Beranda Tiket Wisata

EMBUNG KALIAJI Tiket Gratis Beragam Aktivitas – April 2023

0
Embung Kaliaji Harga Tiket Masuk : Gratis. Jam Buka : 24 Jam. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Sangurejo, Donokerto, , Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55551.

Embung Kaliaji utamanya merupakan sebuah kawasan konservasi air yang ada di Jawa Tengah. Airnya bersumber dari kelebihan dari air hujan serta aliran air sungai. Mampu menampung hingga 54.500 meter kubik air yang berguna untuk irigasi dan pengairan.

Selain itu, kini area embung juga menjadi destinasi agrowisata yang cukup populer. Berdiri sejak tahun 2012, kawasan wisata ini menawarkan wisata alam yang asri namun sangat terjangkau. Bukan hanya situ area sekitar embung juga telah berkembang sebagai tempat pembudidayaan ikan.

Harga Tiket Masuk Embug Kaliaji

Hal menarik untuk berkunjung ke Embung Kaliaji salah satunya karena tiket masuknya gratis. Tempat wisata ini tidak membebankan tiket masuk untuk pengunjung. Sehingga rekreasi tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Cukup siapkan budget untuk kulineran saja.

Tiket Masuk
Harga Tiket Gratis

Baca: BUKIT KLANGON Harga Tiket & Daya Tarik

Jam buka

Embung Kaliaji buka setiap hari dan tidak ada jam operasional yang berlaku. Waktu yang tepat mengunjungi Embung ini yakni pagi hari. Karena mataharinya belum terlalu terik untuk pengunjung yang ingin berkeliling sekitar sana.

Jam Buka
Jam Buka 24 Jam

Aktivitas Wisata Menarik di Embung Kaliaji

Kawasan Embung Kaliaji. Foto: google maps/Tri Nindya
Kawasan Embung Kaliaji. Foto: google maps/Tri Nindya

Embung Kaliaji cocok menjadi tempat rekreasi. Selain itu pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di sini. Keseruan akan bertambah jika berkunjung ke embung bersama teman-teman atau keluarga. Berikut adalah beberapa aktivitas seru selama berwisata di sekitar embung.

Joging

Aktivitas menyehatkan seperti joging dapat pengunjung lakukan di lokasi ini. Karena sudah ada lintasan joging di pinggiran kolam. Udara pagi hari yang sejuk bisa menambah semangat untuk berolahraga. Wisata ini juga tidak ramai sehingga bisa joging dengan leluasa.

Karena letaknya di lereng Merapi maka sembari joging pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Merapi jika cuaca sedang cerah. Kalau mau, pengunjung bisa berfoto dengan latar gunung yang eksotis ini. Joging sambil selfi sejenak terasa sangat seru.

Baca: LAVA TOUR MERAPI Tiket & Tempat Menarik

Bersepeda Santai

Bersepeda di Embung Kaliaji
Wisatawan bersepeda di Embung Kaliaji. Foto: google maps/Triyono Pak Dhe

Bagi pengunjung yang suka bersepeda, di sinilah lokasi yang seru untuk bersepeda santai. Mengayuh sepeda sambil mencari angin segar merupakan aktivitas yang menyenangkan. Melihat pemandangan hijau yang membentang di setiap sudut, membuat kegiatan bersepeda semakin berkesan.

Memancing Ikan

Dari waktu ke waktu, Embung Kaliaji sering menjadi lokasi penebaran benih ikan. Kini embung ini sering dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing ikan. Pengelolaannya dilakukan warga sekitar, maka sebelum memancing harus izin terlebih dahulu. Biasanya ikan bisa dipancing saat ada event tertentu, misalnya lomba mancing di hari minggu.

Memancing di Embung Kaliaji hanya untuk sekadar seru-seruan saja dengan hanya memancing beberapa ikan. Artinya tidak diperkenankan mengambil ikan secara besar-besaran. Tujuannya supaya ekosistem tetap terjaga.

Baca: DESA LEDOKSAMBI Tiket & Aktivitas

Berkemah di Embung Kaliaji

tenda-tenda berkemah di embung kaliaji
Berkemah di embung kaliaji. Foto: google maps/Mega Yudi Aryani

Embung ini cocok sebagai tempat berkemah. Karena areanya cukup luas untuk mendirikan sejumlah tenda. Semakin sore menjelang malam suasananya akan semakin cantik. Berhias lampu-lampu yang gemerlap memanjakan mata.

Tempatnya tidak terlalu ramai. Sehingga berkemah di sini akan menghadirkan suasana nyaman dan aman. Cocok untuk menenangkan diri dan menenangkan pikiran.

Baca: SURALOKA ZOO Tiket Masuk & Wahana Lengkap

Beragam Permainan Air

Outbound di Embung Kaliaji
Outbond di Embung Kaliaji. Foto: google maps/Esty Dwy

Selain menikmati pemandangan tersedia pula berbagai wahana permainan. Misalnya bermain perahu bebek air. Selama bermain pengujung bisa berkeliling sekitar area danau. Perahu ini bergerak dengan cara dikayuh.

Tempat Gelaran Berbagai Acara

Embung Kajiaji sering disewakan untuk menjadi lokasi resepsi pernikahan. Area panggung terbuka dan pendopo joglo bisa dimanfaatkan untuk acara. Para tamu undangan juga tidak akan kesulitan menemukan lokasinya. Karena terletak di dekat jalan besar yang merupakan jalan utama.

Selain resepsi, sejumlah acara bisa dilakukan di area ini. Misalnya acara makrab dan diklat kantor. Di bulan Ramadhan tempat ini sering berlangsung acara buka puasa bersama.

Wisata Kuliner

Untuk pengunjung yang gemar wisata kuliner, tidak usah khawatir. Di pinggiran Embung Kaliaji sudah banyak warung makan dan kafe-kafe. Jika lelah dan lapar usai berwisata maka pengunjung bisa mampir ke area warung ataupun kafe. Bisa mengisi perut yang kosong setelah berkeliling.

Warung makan di Embung Kaliaji menyediakan beberapa menu lokal. Misalnya soto, bakso, pisang rebus, pisang goreng dan beberapa snack. Ada pula makanan berupa ikan atau lele goreng, tentu saja dengan nasi. Untuk minumannya pengunjung bisa memesan kopi hangat, teh, dan masih banyak lagi.

Belanja Oleh-Oleh Di Petani Lokal

Embung ini mengaliri sawah dan ladang di sekitar. Tujuannya supaya hasil pertanian dan perkebunan daerah setempat bisa berkembang dengan baik. Salah satu bentuk pengembangan hasil kebun di wilayah sekitar adalah buah salak. Banyak pula yang kemudian mengolah salak menjadi keripik.

Pengunjung bisa membeli salak yang dijual di dekat sekitar embung untuk oleh-oleh. Itu sebagai salah satu bentuk menghargai petani lokal Kecamatan Turi. Selain itu pihak pengelola juga memasarkan keripik gembus kemasan. Camilan ini juga sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh.

Fasilitas

Pendopo di embung kaliaji
Pendopo di sekitar embung untuk pengunjung beristirahat. Foto: google maps/Agus PD

Pengelola tempat ini sudah menyediakan fasilitas memadai. Ada pendopo joglo yang bisa menjadi tempat beristirahat. Tersedia panggung terbuka yang bisa untuk pengadaan acara khusus. Kamar mandi di lokasi ini juga terbilang bersih.

Lokasi Embung Kaliaji

Wisata danau buatan ini berlokasi di Wonokerto, Turi, Sleman, RT.003/RW.028, Sangurejo, Donokerto. Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55551. Dari pusat Kota Yogyakarta ke Embung Kaliaji memerlukan waktu tempuh sekitar 38 menit atau 19,6 km.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini