Beranda Tiket Wisata

DESA WISATA PULESARI Tiket Wahana & Akvititas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari : Rp5.000Jam Buka: 07.00 - 18.00No Telp: -Alamat: Pulesari, Wono Kerto, Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55551

Desa Wisata Pulesari merupakan sebuah kawasan rekreasi pedesaan yang berada di Yogyakarta. Desa ini berada di lereng Gunung Merapi yang menempati wilayah seluas 25 hektare. Dengan pesona bentang seperti pegunungan dan hamparan perkebunan yang asri. Ditambah dengan kesejukan udara pegunungan ikut menyemarakkan suasana.

Selain pemandangan alam, desa wisata ini juga menawarkan wisata alam edukasi, seperti menanam salak dan outbound. Terdapat beberapa paket wisata dengan jumlah minimal peserta sesuai pilihan. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat wisata yang bisa memacu adrenalin. Wisata tersebut seperti menjelajah gua sejarah, jembatan goyang, titian bambu sampai flying fox.

Harga Tiket Masuk Desa Wisata Pulesari

Untuk menikmati wisata di desa ini, pengunjung harus membeli tiket masuk. Selain itu, terdapat paket-paket liburan dengan minimal jumlah peserta. Biaya lain yang harus disiapkan yaitu untuk membeli makanan, parkir, dan menyewa homestay jika berencana bermalam.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masukRp5.000/orang
Parkir motor/mobilRp2.000/Rp5.000
Penginapanmulai dari Rp35.000/orang
Paket wisataRp55.000-Rp265.000/20-25 orang

Baca: DESA LEDOKSAMBI Tiket & Aktivitas

Jam Buka Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata Pulesari buka setiap hari dengan jam buka yang berbeda di akhir pekan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu saat hari biasa karena saat akhir pekan kondisi desa akan semakin ramai.

Jam Operasional
Senin-Jumat07.00-18.00
Sabtu-Minggu24 jam

Desa Wisata Pulesari yang Asri

Suasana pepohonan yang asri di Desa Wisata Pulesari
Desa Wisata Pulesari memiliki suasana pedesaan dengan pemandangan yang asri dan udara yang sejuk. Foto: Google Map/Muhammad Fajri

Desa Wisata Pulesari awalnya adalah sebuah desa di ketinggian 400-900 Mdpl yang mengalir banyak sungai. Terdapat mata air mengalir ke beberapa sungai di desa ini. Salah satu sungai yang juga digunakan sebagai wahana wisata yaitu sungai Bedog. Sungai ini memiliki kondisi yang masih jernih dan alami.

Selain sungai, saat cuaca cerah pengunjung juga bisa melihat gagahnya Gunung Merapi. Di bagian bawah tampak perkebunan sayur dan buah serta rumah-rumah milik warga setempat. Karena letaknya di lereng Gunung Merapi udaranya pun masih terasa sejuk.

Dulunya desa ini pernah dilanda bencana alam erupsi Gunung Merapi. Untuk memperbaiki perekonomian desa, masyarakat setempat berbondong-bondong untuk membangun kembali desa ini. Selain itu, pembangunan desa ini juga dibantu oleh organisasi masyarakat dan pemerintah daerah. Setelah melakukan serangkaian perbaikan, keindahan desa ini kembali bisa dinikmati.

Baca: HEHA OCEAN VIEW Yogyakarta Tiket & Ragam Aktivitas

Menikmati Wisata di Desa Pulesari

Pengunjung yang berwisata tracking sungai
Salah satu wisata yang tersedia di Desa Wisata Pulesari yaitu tracking sungai dengan berbagai rintangan yang harus dilalui. Foto: Google Map/Fitrian

Desa Wisata Pulesari merupakan sebuah kawasan pedesaan yang terletak di lereng Gunung Merapi. Keasrian lingkungan dan pemandangannya merupakan daya tarik utamanya. Setiap bulannya, sekitar 3.000 sampai 5.000 orang datang ke desa wisata ini. Selain pemandangan, desa ini juga memiliki paket wisata edukasi dan wisata yang memacu adrenalin.

Wisata edukasi salah satunya yaitu memanen buah Salak. Selain memanen, pengunjung juga bisa belajar bagaimana melakukan budidaya pohon Salak. Buah salak menjadi bagian penting di desa ini karena bisa diolah menjadi beraneka macam makanan seperti dodol dan geplak. Kegiatan edukasi lain di sini yaitu membatik, memandikan ternak, melukis caping, dan membuat janur manten.

Selanjutnya, yang tak kalah seru ikut berbagai aktivitas memacu adrenalin, salah satunya yaitu trekking sungai. Selama kegiatan trekking, wisatawan akan melewati medan seperti titian bambu, jembatan goyang, dan jaring laba-laba buatan. Kemudian yang tak kalah seru yaitu menjelajahi gua sejarah dan outbound. Setelah menyusuri gua, pengunjung juga bisa ikut melihat air terjun.

Baca: JOGJA EXOTARIUM Sleman Tiket & Aktivitas

Paket Wisata Menarik

Wisata jembatan gantung di atas sungai
Beberapa jenis paket wisata dengan berbagai macam kegiatan, seperti menginap, outobound, dan tracking sungai. Foto: Google Map/Oppi R7S

Desa ini memiliki beberapa paket wisata edukasi pilihan. Paket wisata tersebut memiliki jumlah minimal peserta yang harus dipenuhi, yaitu 20 sampai 25 orang. Terdapat 2 jenis paket wisata yaitu wisata selama sehari dengan beragam aktivitas. Selain itu ada juga paket wisata menginap selama 2 hari 1 malam.

Paket liburan sehari terbagi menjadi 4 paket yaitu Paket Tradisi 1, 2, 3, serta 4. Sedangkan paket menginap terbagi menjadi 2 jenis yaitu Malam Keakraban dan Gathering Live In. Paket tersebut harus memenuhi minimal peserta mulai dari 20 sampai 25 orang. Fasilitas yang ditawarkan yaitu welcome drink, kudapan, paket makanan berat, dan pemandu.

Wisata yang ditawarkan pada paket wisata sehari dengan wisata menginap tidak jauh berbeda. Perbedaannya hanya ada pada jumlah waktu makan makanan berat dan acara api unggun. Meski tersedia paket per kelompok, pengunjung tetap bisa berwisata secara individu dengan tarif yang terjangkau.

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Desa wisata ini memiliki fasilitas beberapa pendopo sebagai tempat beristirahat dan piknik. Selain itu, terdapat homestay bagi yang ingin bermalam. Fasilitas lain yang tersedia yaitu toilet umum, musala, warung makan, gardu ronda, dan lahan parkir.

Lokasi Desa Wisata Pulesari

Desa Wisata ini berlokasi di Pedukuhan Pulesari, Kelurahan Wonokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Letak desa ini berada 21 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Apabila berangkat dari Yogyakarta pengunjung bisa menggunakan jalur Magelang-Yogyakarta menuju ke pertigaan Jalan Turi. Dari pertigaan belok kiri dan lurus terus sampai menemukan papan petunjuk jalan menuju ke desa wisata ini.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 20

Berikan Rating