Beranda Tiket Wisata

DESA LEDOKSAMBI Sleman Tiket & Ragam Aktivitas - Juni 2020

Desa Ledoksambi Harga Tiket: Sukarela - Rp425.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Kaliurang No.KM. 19, 2, Area Sawah, Pakembinangun,Pakem,Sleman,DI Yogyakarta,Indonesia,55582.

Desa Ledoksambi merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman. Daya tariknya adalah suasana khas pedesaan dari alam dan lingkungan sosialnya. Di sini, wisatawan akan mendapatkan pengalaman berlibur yang lengkap. Wisatawan bisa menikmati ragam kegiatan rekreasi alam hingga edukasi budaya.

Tiket Masuk Desa Ledoksambi

Untuk masuk ke Ledoksambi, wisatawan tidak dikenakan tarif resmi. Pengelola desa memberi kesempatan bagi pengunjung yang ingin memberi retribusi seikhlasnya. Wisatawan bisa menikmati keindahan suasana desa tanpa dipungut biaya apapun. Namun, tersedia juga paket-paket kegiatan outbond serta aktivitas lainnya dengan biaya tertentu.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRetribusi Seikhlasnya
Paket Kegiatan Perusahaan
OutbondRp160.000 – Rp360.000 per orang
CampingRp420.000 per orang
Paket Kegiatan Keluarga
OutbondRp135.000 per orang
CampingRp425.000 per keluarga (max. 4 orang)
Paket Kegiatan Sekolah
Paket AnakRp115.000 per orang
Paket SMP/SMARp135.000 per orang
Kegiatan Tambahan
Tubing / Kayak / Flying FoxRp20.000 – Rp25.000 per orang
Paintball (min. 30/50 orang)Rp85.000 – Rp115.000 per orang
Bajak Sawah / Tanam Padi / Tangkap & Bakar Ikan (max. 30 orang)Rp350.000 – Rp750.000
Karawitan / Tari Jawa / Jatilan / Tayub / Upacara Wiwit (max. 25 / 30 orang) Rp750.000 – Rp3.000.000
Batik Painting (min. 30 orang)Rp60.000 per orang
Gerabah Painting (min. 30 orang)Rp35.000 per orang
T-Shirt Painting (min. 30 orang)Rp60.000 per orang
Menjanur (min. 30 orang)Rp35.000 per orang

Baca: 17 Tempat Wisata Terbaik di Sleman Yogyakarta

Jam Buka

Ledoksambi terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Desa ini biasanya dipenuhi wisatawan pada akhir pekan dan musim liburan.

Jam Operasional
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas di Ledoksambi

wisata desa ledoksambi
Ledok Sambi adalah desa wisata di Kabupaten Sleman yang menawarkan suasana khas pedesaan untuk kegiatan rekreasi atau outbond – Foto: Google Maps/Agung Wirawan

Ledoksambi merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Sleman. Desa ini tepatnya terletak di Desa Sambi, Kecamatan Pakembinangun. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Gunung Merapi.

Berada di sekitar gunung berapi aktif membuat lahan Ledoksambi sangat subur. Wisatawan yang berkunjung kemari akan langsung diserbu oleh sejuknya udara pegunungan. Desa ini diselimuti oleh pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Mulai dari lahan sawah hingga pertanian melengkapi keindahan pemandangannya.

Ledoksambi juga populer sebagai destinasi wisata edukasi yang komplet. Desa ini menyajikan beragam jenis rekreasi bernuansa pedesaan. Mulai dari rekreasi alam hingga wisata budaya bisa dicoba di sini.

Baca: Lava Tour Merapi Yogyakarta Tiket & Tempat Menarik

Keasrian Desa

Bermain air di sungai
Pengunjung boleh turun ke sungai dan bermain air sepuasnya – Foto: Google Maps/Ilyas Teras Dakwah

Jika sedang berada di Yogyakarta, tidak ada salahnya meluangkan waktu kemari. Tidak perlu menyiapkan bujet ekstra karena Ledoksambi tidak memberlakukan tiket masuk. Siapa saja boleh datang berkunjung, asal tetap menjaga kebersihan dan sopan satun terhadap penduduk lokal.

Datang pagi hari kemari mungkin merupakan waktu terbaik untuk berkunjung. Matahari terbit menyinari hamparan sawah yang hijau dan lahan pertanian warga. Suara aliran air di antara bebatuan sungai menambah tenteram suasana. Pemandangan Gunung Merapi yang megah di kejauhan akan semakin mempercantik lukisan alam di Ledoksambi.

Setelah puas menikmati keindahan alam, wisatawan dapat berpindah ke area rumah tradisional. Ledoksambi memiliki sejumlah bangunan tradisional Jawa yang bisa dikunjungi. Wisatawan bisa mempelajari arsitektur rumah tradisional secara langsung di sini.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & Aktivitas

Menghabiskan Malam

Berkemah di Ledok Sambi
Bermalam di Ledok Sambi melalui kegiatan berkemah – Foto: Google Maps/Paulus Tanoyo

Ledoksambi menyediakan beragam pilihan kegiatan untuk menikmati desa secara utuh. Salah satunya adalah kegiatan berkemah. Wisatawan tidak perlu repot membawa perlengkapan kemah karena semuanya sudah tersedia di sini. Paket kegiatan berkemah juga dilengkapi dengan aneka aktivitas outdoor yang seru.

Selain berkemah, wisatawan juga bisa memilih penginapan atau homestay. Penginapan berupa wisma dan villa sangat pas bagi yang menginginkan privasi. Jika ingin berada lebih dekat dengan warga setempat, wisatawan bisa mencoba homestay.

Baca: Kampung Flory Wisata Ala Desa

Outbond

kegiatan outbond di desa ledoksambi
Kegiatan outbond bisa diikuti oleh keluarga, sekolah, atau institusi perusahaan – Foto: Google Maps/Alesha Inara

Lahan Ledoksambi yang luas sangat cocok sebagai arena outbond. Di berbagai titik, sengaja dibangun beragam instalasi permainan. Instalasi ini kebanyakan memanfaaatkan kondisi alami desa. Sungai, kolam ikan, hingga sawah dan perkebunan bisa menjadi arena bermain yang menyenangkan.

Baca: PURI MATARAM Sleman Tiket & Aktivitas

Menantang Adrenalin

meluncur melintasi sungai
Melintasi lembah sejauh 280 meter menggunakan flying fox – Foto: Google Maps/Meria Saputri

Permainan flying fox jadi permainan wajib untuk rekreasi di alam. Flying fox di Ledoksambi memiliki lintasan mencapai 280 meter. Jalurnya yang panjang semakin menantang karena melintasi Kali Kuning. Rasakan sensasi meluncur di seutas tali sambil menyeberangi sungai yang jernih.

Di Ledoksambi juga terdapat beberapa kolam untuk arena bermain. Salah satu permainan yang bisa dijajal adalah mendayung kayak. Wisatawan diajak adu cepat mendayung kayak dan berlomba satu sama lain.

Menyusuri sungai dengan tubing
Menyusuri sungai dengan kegiatan river tubing yang menantang sekaligus mengasyikkan – Foto: Google Maps/Ardianindro Yuwono

Ingin yang lebih menantang? Coba menyusuri sungai dengan menggunakan pelampung melalui river tubing. Bermodalkan helm pengaman, jaket, serta ban pelampung, wisatawan dapat meluncur mengikuti arus sungai. Hati-hati dengan bebatuan yang menghalangi, ya!

Permainan menantang yang bisa dicoba bersama-sama di sini adalah paintball. Di lahan yang luas, pengunjung berkesempatan merasakan suasana ‘perang’. Hanya saja, senjatanya berupa bola-bola cat yang tentunya aman.

Baca: STONEHENGE MERAPI Jogja Taman Batu Unik

Pengalaman Motorik

kegiatan bercocok tanam di sawah desa ledoksambi
kegiatan bercocok tanam di sawah desa ledoksambi

Anak-anak bisa mencoba turun ke sawah dan menanam padi dengan bimbingan khusus – Foto: Google Maps/Alesha Inara

Ledoksambi juga menyediakan paket kegiatan untuk anak-anak. Masih mengusung konsep kembali ke alam, anak-anak akan diajak belajar di alam terbuka. Mereka akan berinteraksi langsung dengan kegiatan warga setempat.

Beberapa aktivitas yang ditawarkan di antaranya turun ke sawah dan kolam ikan. Pengunjung akan diajarkan cara membajak sawah, menanam padi, hingga menangkap ikan. Aktivitas lainnya adalah berkunjung ke peternakan sapi dan tempat budidaya jamur. Di sini, wisatawan bisa belajar memerah sapi dan cara membudidayakan jamur.

Kegiatan Budaya

Ledoksambi juga menawarkan sejumlah aktivitas seni melalui sanggar seni yang ada. Wisatawan dapat belajar mengenai seni tari, seni musik, seni kriya, hingga upacara tradisional. Peserta juga bisa membawa pulang hasil karya dari kegiatan membatik, melukis gerabah dan kaos, atau membuat janur.

Fasilitas

Sebagai desa wisata, Ledoksambi ditunjang oleh sejumlah fasilitas. Desa ini memiliki area parkir yang luas, masjid, serta sejumlah pilihan homestay. Tersedia area berkemah serta arena permainan dengan beragam instalasi untuk kegiatan outbond.

Lokasi Desa Ledoksambi

Desa Wisata ini terletak di Jalan Kaliurang Km 19,2 Desa Sambi, Kecamatan Pakembinangun, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jaraknya sekitar 19 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini