Taman Bunga di Puri Mataram
Taman Bunga di Puri Mataram. Foto: Gmap/N. Amin Isckandar

Puri Mataram adalah objek wisata baru yang ada di Kabupaten Sleman. Memadukan wisata alam dengan budaya khas Jawa yang begitu serasi. Bahkan, kesan tradisionalnya begitu hidup, menyuguhkan wisata budaya Jawa yang sesungguhnya.

Puri Mataram Sleman berdekatan dengan lokasi wisata lain di Sleman. Namun, objek wisata ini dibuat sangat berbeda dengan yang lainnya. Sehingga tidak terjadi perselisihan antar objek wisata lain.

Harga Tiket Masuk Puri Mataram Sleman

Untuk masuk ke taman rekreasi ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, pengunjung harus membayar jika ingin menikmati makanan di restoran. Selian itu, di setiap wahana permainan dikenakan tarif Rp10.000.

Harga Tiket Puri Mataram Sleman
Tiket Masuk Gratis
Wahana Permainan Rp10.000
Menyeberang Jembatan Gantung Rp5.000

Baca: Hutan Pinus MANGUNAN Tiket & 4 Aktivitas Top

Jam Operasional Puri Mataram

Pengunjung dapat mengunjungi taman setiap hari. Mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore, sementara restoran dibuka hingga 9 malam. Di hari Minggu, ada juga Pasar Ndelik yang dibuka sejak pukul 7 pagi.

Jam Operasional
Wahana (Senin – Minggu) 08.00 – 18.00 WIB
Restoran (Senin – Minggu) 08.00 – 21.00 WIB
Pasar Ndelik hari Minggu 07.00 WIB

Liburan Penuh dengan Nuansa Jawa di Puri Mataram

Puri Mataram Sleman taman bunga
Taman bunga yang tertata rapi di area Puri Mataram Sleman. Foto: Google Maps/aditya nugroho

Tak heran jika Puri Mataram terkenal dengan suasananya yang sangat Jawa. Karena, objek wisata ini sengaja dibuat konsep seperti pada masa Kerajaan Mataram. Di Sleman sendiri, belum ada objek wisata yang memiliki konsep seperti itu.

Taman rekrasi ini merupakan objek wisata yang dibuat oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Ditambah lagi bantuan dana dari pemerintah maupun warga. Pengelolanya pun warga masyarakat sekitar.

Begitu memasuki objek wisata, pengunjung akan disambut dengan joglo yang merupakan restoran. Selain itu, ada juga kolam buatan, disinilah wahana permainan air berada.

Baca: GEMBIRA LOKA Zoo Tiket & 11+ Aktivitas Asyik

Lebih masuk ke dalam, pengunjung akan melihat hamparan persawahan hijau. Bau padi akan menyambut kedatangan pengunjung. Di sini terdapat jembatan bambu panjang yang dapat dilewati pengunjung.

Jembatan bambu ini dibuat begitu artistik. Ada ranting – ranting bambu yang menjadi hiasan. Ditambah lagi ornamen bambu yang dapat berbunyi ketika tertiup angin.

Pengunjung seringkali berhenti sejenak untuk mengabadikan momen. Foto dengan latar belakang pemandangan yang begitu indah.

Baca: Museum Ullen Sentalu Tiket & 3 Aktivitas Top

Restoran Joglo dengan Menu Masakan Tradisional

Restoran Joglo di Puri Mataram
Wisata kuliner di Restoran Joglo yang ada di sekitar area taman. Foto: Google Maps/Bayu Dewanto

Bangunan Joglo yang paling besar merupakan bangunan utama di Puri Mataram. Tempat ini adalah restoran, yang mana menyediakan berbagai macam menu tradisional. Menu tersebut diantaranya, mangut lele, tempe bacem, tahu bacem, sayur lodeh, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi menu diantara Rp 8.000 – Rp 15.000. Tentu bukan harga yang mahal, mengingat untuk masuk ke objek wisata pun murah. Sistem makannya pun secara prasmanan, sehingga pengunjung bebas mengambil sesuai porsinya.

Tips makan di sini, pengunjung harus membawa uang tunai. Karena, restoran belum menyediakan pembayaran melalui kartu debit atau kredit.

Baca: The LOST WORLD Castle Tiket & 5 Spot Foto Keren

Wahana Permainan Air

Sepeda Air di danau sekitar area taman
Kolam Bermain dengan Sepeda Air. Foto: Google Maps/Endah SWR

Di kolam dekat dengan restoran Joglo, pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan bermain. Di kolam ini, terdapat wahana permainan air yang dapat dinikmati anak hingga dewasa. Seperti becak air atau sepeda air berbentuk hewan, sambil mengitari kolam.

Selain bermain, sepeda air ini juga dapat menjadi sarana olahraga. Dengan mengayuh, kaki menjadi lebih kuat dan kalori pun terbakar.

Bermain Bersama Kelinci

Mengajak anak – anak ke Puri Mataram adalah pilihan yang tepat. Di sini terdapat taman kelinci, tentunya anak – anak akan senang bermain dengan kelinci.

Mereka dapat berinteraksi langsung dengan kelinci. Memegang, membelai, hingga menggendong kelinci. Bahkan, pengunjung dapat memberi makan para kelinci dengan makanan yang disediakan.

Baca: Taman Tebing BREKSI Tiket & 4 Aktivitas Top

Berfoto di Taman Bunga

Taman Bunga
Taman Bunga penuh warna. Foto: Google Maps/N. Amin Isckandar

Selain taman kelinci, di sini pun terdapat taman bunga. Untuk menuju taman bunga, pengunjung harus melewati jembatan bambu.

Sampai di taman bunga, pengunjung akan disambut dengan bunga bermekaran yang indah. Berfoto adalah tujuan utama pengunjung datang ke taman bunga ini.

Pasar Ndelik yang Unik

Warung dengan konsep pedesaan
Warung dengan konsep pedesaan. Foto: Google Maps/aditya nugroho

Pasar Ndelik hanya buka setiap hari Minggu dan libur nasional. Disebut Pasar Ndelik karena lokasinya yang berada di gubug kecil dan tertutup pohon. Dalam bahasa Jawa, “ndelik” artinya adalah sembunyi.

Di sini, banyak dijual jajanan pasar atau jajanan tempo dulu. Seperti klepon, cenil, pisang goreng, jenang, pecel, dan lainnya. Yang unik di sini, pengunjung harus membayar menggunakan pandel, bukan uang rupiah.

Pandel merupakan uang kayu yang digunakan sebagai alat tukar di Pasar Ndelik. 1 pandel bernilai Rp 1.000, yang dapat ditukarkan sebelum masuk ke Pasar Ndelik. Sisa pandel tidak dapat diuangkan kembali, namun dapat digunakan untuk hari kemudian.

Lokasi dan Kontak Puri Mataram

Taman Rekreasi ini berada di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Dekat dengan kompleks perkantoran Kabupaten Sleman. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Instagram @puri_mataram

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,42 / 43 pembaca