Bandung City Hall Park atau dikenal dengan sebutan Taman Balai Kota Bandung yang berdiri di pusat Kota Bandung. Dulunya merupakan sebidang lahan yang ditumbuhi banyak pepohonan rimbun berusia ratusan tahun.

Lokasi ini pernah disebut sebagai Taman Dewi Sartika karena terdapatnya patung sang tokoh pendidikan yaitu Dewi Sartika. Gedung balai kota ini juga merupakan salah satu bangunan tertua yang terdapat di Kota Bandung.

Pada zaman dulu, gedung balai kota yang kini berdiri merupakan sebuah koffie pakhuis atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan gudang kopi. Adries de Wilde adalah si pemilik bangunan yang dikenal sebagai tuan tanah dan asisten Residen Priangan.

Baca: Dago Dream Park Tiket & Wahana Foto Menawan

Gudang kopi tersebut didirikan pada saat perkebunan kopi di Bandung kala itu sedang berkembang pesat. Kemudian gudang tersebut diruntuhkan pada tahun 1927 dan didirikanlah gedung balai kota yang saat ini dikenal masyarakat.

Taman yang dulunya tak banyak diminati, kini menjadi ramai dikunjungi sejak diresmikan pada 19 Desember 2017. Lokasi ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas agar pengunjung dapat memanfaatkan area taman dengan maksimal.

Taman Kota Bandung ini juga memiliki koleksi monumen yang biasa digunakan sebagai spot berfoto para pengunjung. Tak kalah menarik, kebun yang terbentang dihiasi dengan bunga warna-warni cantik yang akan membuat siapa pun betah memandangnya.

Harga Tiket ke Taman Balai Kota Bandung

Untuk pengunjung yang ingin menikmati semua fasilitas dan melakukan kegiatan di Taman Balai Kota ini tidak akan dipungut biaya apa pun alias gratis.

Jam Operasional Taman Balai Kota Bandung

Jam Buka Taman Balai Kota Bandung
Setiap Hari07.00 – 20.00 WIB

Taman Balai Kota dibuka setiap hari untuk umum yaitu dari Senin hingga Minggu dengan jam kunjungan yang tak dibatasi. Namun secara umum menyesuaikan jam kerja pemerintahan yaitu pukul 07.00 sampai 20.00 WIB.

Aktivitas Taman di Bandung City Hall Park

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di taman rekreasi ini. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Badung City Hall antara lain:

Baca: Kebun Binatang Bandung Wisata Edukatif: Tiket, Aktivitas & Atraksi

Taman Labirin

Taman Labirin merupakan wahana paling menarik yang terdapat di dalam Taman Balai Kota Bandung. Memiliki empat jalur masuk yang berbeda penjuru dengan rerumputan yang ditanam menjulang tinggi guna menghalangi pandangan orang dewasa.

Hal ini menjadi daya tarik Taman Labirin karena pengunjung diharuskan berusaha mencari jalan keluar menuju pintu lain. Saat menyusuri arena ini, yang terlihat hanyalah dinding hingga mencapai pintu keluar lainnya, oleh karena itulah wahana ini disebut dengan Taman Labirin.

Olahraga Jogging

Di kawasan taman juga tersedia jalur bagi pengunjung yang hendak melakukan jogging bersama keluarga. Walaupun terletak di tengah kota, tak membuat taman ini dipenuhi polusi berlebihan.

Hal ini disebabkan karena terdapatnya banyaknya pohon besar yang menjulang sehingga menjadikan area ini tetap segar. Jadi kegiatan berolahraga tetap bisa dilakukan dengan baik tanpa khawatir dengan polusi udara yang mengganggu.

Baca: Rabit Town Bandung: Tiket & Aktivias Seru

Berfoto-foto

Setelah selesai direvitalisasi oleh Wali Kota Bandung, Bapak Ridwan Kamil, Taman Balai Kota Bandug kini semakin modern. Tersedia berbagai spot menarik yang dapat dijadikan latar berfoto oleh para pengunjung.

Salah satunya terdapat area gembok cinta, yang biasa digunakan pasangan muda mudi untuk mengabadikan momen mereka. Ada pun taman bunga berhias tanaman indah yang tertata rapi sehingga menjadikannya sebuah tempat berswafoto favorit oleh para pengunjung.

Arena Bermain Anak dan Area Kebugaran

Pengunjung yang membawa anak dijamin tidak akan merasa bosan karena Bandung City Hall Park menyediakan ayunan dan papan jungkat-jungkit. Orang tua dapat mengawasi anak-anak di area tunggu yang sudah disediakan kursi-kursi.

Ada pun tersedianya arena olahraga bagi orang dewasa yang dilengkapi dengan alat-alat olahraga sederhana layaknya di pusat kebugaran. Pengunjung bisa menggunakan alat ini kapan pun tanpa batas waktu yang ditentukan.

Baca: Cikao Park Purwakarta Tiket & 6 Aktivitas Permainan Air

Tempat Berkumpulnya Anak Muda

Taman Balai Kota Bandung menjadi sangat multifungsi bagi warga Bandung dengan segudang aktivitas di dalamnya. Anak muda sering memanfaatkan taman ini untuk melakukan kegiatan berkumpul dengan teman-temannya bahkan ada yang menghabiskan waktu berdua bersama pasangan.

Pengunjung juga akan menjumpai aktivitas lain seperti berlatih kegiatan menari, parkour, sepak bola, dan lain sebagainya. Didukung juga dengan beberapa spot menarik untuk berfoto berupa patung badak putih, yang konon pada zaman dahulu taman ini merupakan kawasan pemandian badak putih.

Bermain Air Sungai

Tak hanya arena bermain ayunan dan jungkat-jungkit yang disediakan bagi sang buah hati. Pengunjung juga dapat mengajak putra putrinya bermain di kawasan sungai dengan air yang dingin.

Aliran yang terdapat di taman merupakan Sungai Cikapayang yang sudah melalui proses penyaringan agar anak-anak bisa bermain. Orang tua hanya perlu mengawasi kegiatan bermain anak agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Baca: Museum Geologi Bandung Tiket & Atraksi

Fasilitas di Taman Balai Kota

Fasilitas yang tersedia di taman ini sudah cukup lengkap layaknya taman kota seperti tersedianya toilet khusus wanita dan pria. Ada pun fasilitas kesehatan, yaitu berupa puskesmas kecil yang terletak di dekat pintu masuk taman.

Dilengkapi juga dengan arena alat olahraga kebugaran untuk bisa dinikmati pengunjung sesuka hati. Terdapat juga musala dengan bangunan berwarna hijau yang ada di salah satu sudut taman.

Baca: Orchid Forest Cikole Tiket & Beragam Aktivitas Seru

Gembok cinta, sebagai lokasi yang digunakan kaum muda mudi untuk menuliskan nama mereka beserta pasangan pada sebuah gembok, kemudian gembok tersebut dipasang pada tempat yang telah disediakan. Mereka percaya bahwa dengan melakukan ritual itu, maka cintanya akan abadi selamanya.

Dan taman hewan yang terdapat kelinci, ayam, dan burung di dalam sangkar, walaupun begitu tetap bisa dinikmati oleh pengunjung dari jarak dekat.

Angkutan Umum ke Taman Balai Kota Bandung

Angkutan umum yang melewati lokasi Taman Balai Kota Bandung ini terbilang cukup banyak. Pengunjung dapat menaiki angkutan umum dengan rute Kalapa-Ledeng, Stasiun Hall-Dago, Antapani-Ciroyom, Stasiun Hall-Ciumbuleuit, dan Margahayu-Ledeng. Kemudian mintalah turun di depan Taman Balai Kota.

Alamat dan Kontak Taman Balai Kota Bandung

Taman Balai Kota Bandung terletak di Jalan Wastukancana No. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar Taman Balai Kota, maka dapat menghubungi nomor (022) 4216402.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 2 pembaca