Beranda Tiket Wisata

GOA SELOMANGLENG Tiket Masuk & Daya Tarik September 2022

0
Harga Tiket Masuk Goa Selomangleng : Rp3.000-Rp4.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jalan Selomangleng, Desa Pojok, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur, Indonesia, 64115

Ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah Kota Kediri, maka gua ini bisa menjadi pilihan. Goa yang terletak di sekitar Gunung Klothok ini merupakan salah satu bukti peninggalan Kerajaan Kediri. Gua tersebut bernama Goa Selomangleng. Kompleks gua dengan dekorasi relief ukiran ini juga memiliki objek wisata lain yaitu museum Airlangga.

Tentunya, objek wisata ini tidak hanya memberikan pengetahuan tentang sejarah saja, namun Wisatawan juga bisa menikmati beragam fasilitas yang ada. Bahkan, kompleks gua ini bisa menjadi spot foto dengan yang menarik. Apalagi lingkungan sekitar gua memiliki pemandangan yang indah. Inilah yang menjadi daya tarik bagi kalangan Wisatawan.

Harga Tiket Masuk Goa Selomangleng

Goa Selomangleng termasuk bangunan bersejarah yang merupakan tujuan wisata di Kediri. Untuk berekreasi ke gua ini tiketnya sangat murah. Memang tiket masuk ke gua belum termasuk tiket fasilitas di dalamnya. Wisatawan perlu membayar biaya tambahan untuk menikmati fasilitas yang ada seperti permainan.

Harga Tiket Masuk & Wahana
Jenis TiketAnakDewasa
TiketRp2.000Rp4.000
Tiket Masuk MuseumRp500Rp1.000
Kolam RenangRp3.000Rp4.000
Wahana Permainan seperti Kereta Kelinci, Delman, Kuda, Mobil-mobilanRp2.000 – Rp15.000
Parkir Motor – MobilRp5.000 – Rp7.500

Baca: Gronjong Wariti Kediri Tiket & Ragam Wahana Air

Jam Buka Goa Semlomangleng

Kompleks wisata ini memiliki beberapa objek wisata lain. Sebetulnya, tempat wisata ini buka setiap hari. Namun, beberapa objek wisata di tempat ini seperti gua, museum dan wahana permainan hanya buka sampai dengan sore hari. Biasanya, tempat ini mulai ramai oleh wisatawan sekitar pukul 10.00-11.00.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00

Aktivitas Wisata di Goa Selomangleng

Goa Selomangleng merupakan salah satu situs dari zaman dahulu kala. Banyak Wisatawan yang berkunjung ke gua ini untuk melihat salah satu bukti peninggalan kerajaan masa lampau. Tidak hanya itu, banyak hal menarik di kompleks gua ini. Berikut beberapa diantaranya

Material Pembentuk Goa Dan Banyaknya Relief

Goa Selomangleng memiliki banyek relief
Salah satu relief yang ada di dalam Goa Selomangleng. Foto: Google Maps/A. Kemal. F

Goa Selomangleng terbentuk dari batuan andesit hitam yang besar dengan dua pintu masuk. Material tersebut menjadikan goa ini kedap air. Gua ini juga termasuk tertutup sehingga keadaan di dalam gua sangat gelap dan pengap.

Meskipun demikian, terdapat arca hingga relief. Pahatan relief di sini kebanyakan berupa hiasan awan, sulur-suluran maupun ikal. Ada juga relief yang merupakan hiasan pemandangan alam dan pembatas adegan. Relief-relief tersebut hanya bisa terlihat dengan bantuan penerangan.

Relief-relief yang ada di dalam gua terutama menceritakan tentang sejarah peradaban Kerajaan di Kediri. Misalnya relief-relief berbentuk manusia dalam kesehariannya.

Baca: Air Terjun Dolo Kediri Tiket & Aktivitas

Tempat Untuk Spiritual

Goa Selomangleng menjadi tempat ritual tertentu
Gua ini menjadi tempat ritual di waktu tertentu. Foto: Google Maps/ Yasin Luis

Goa Selomangleng ini masih terkesan sangat mistis. Dupa yang menyala masih banyak di temukan di dalam gua. Di samping itu, lantai dari gua ini masih banyak ditemukan bunga-bunga dari sesajen. Hal itu menandakan bahwa gua ini masih sering digunakan untuk kegiatan spiritual.

Kegiatan yang dimaksud seperti bertapa atau ritual di waktu tertentu. Kegiatan tersebut bisa berlangsung di dalam maupun luar gua. Masyarakat yang melakukan ritual biasanya menggunakan busana khusus dengan membawa dupa dan sesajen untuk persembahan.

Baca: KEBUN BUNGA MATAHARI Kediri Tiket & Aktivitas

Pemandangan Alam Sekitar Goa

Lingkungan sekitar Goa Selomangleng
Area sekitar gua terasa asri dengan pepohonan hijau yang rindang. Foto: Google Maps/Electro Tobib Muhajir

Goa Selomangleng terletak di lereng gunung sehingga pemandangan alam sangat didominasi pepohonan rindang. Hal ini tentunya menciptakan suasana yang sejuk dan dingin khas pegunungan. Pemandangan alam tersebut dapat dinikmati dari atas gua. Di spot ini, wisatawan bisa melihat beberapa tempat wisata yang berada di sekitar gua dengan jelas.

Tidak hanya itu, lingkungan sekitar goa ini bisa menjadi tempat untuk berolahraga seperti jogging maupun bersepeda. Bahkan bisa menjadi spot foto bertemakan sejarah dan alam.

Baca: WISATA ALASKA Tiket Masuk, Aktivitas & Fasilitas

Benda-benda Bersejarah Di Museum

Benda bersejarah yang ada di museum Airlangga
Benda-benda bersejarah yang tersimpan di Museum Airlangga dekat Goa Selomangleng. Foto: Google Maps/A. Kemal. F

Wisata sejarah tidak hanya dari relief di gua tetapi juga bisa melalui sebuah museum yang tak jauh dari gua. Museum tersebut bernama Museum Airlangga. Dulunya Museum ini berada di area Pendopo Alun-alun Kota Kediri. Kemudian berpindah ke area Goa Selomangleng pada tahun 1991.

Museum tersebut menyimpan beberapa benda-benda purbakala atau artefak sejak sebelum Kerajaan Kediri hingga Kerajaan Majapahit. Koleksi benda-benda purbakala tersebut cukup lengkap. Namun, kebanyakan benda yang ada di museum tersebut peninggalan dari Kerajaan Kediri di Abad Ke-XI.

Beberapa benda-benda bersejarah tersebut berbentuk prasasti, makara, yoni, lingga, arca patung Brahma dan Siwa, fragmen relief, guci, tembikar, batu jambang dan masih banyak lagi. Sampai dengan saat ini, benda-benda tersebut masih sangat terjaga dengan baik, bahkan juga dibersihkan di waktu-waktu tertentu.

Baca: KAMPUNG INDIAN Kediri Tiket & Aktivitas

Pernah Menjadi Tempat Pertapaan Putri Raja

Arca
Sebuah arca yang diyakini menggambarkan posisi Putri Mahkota Airlangga sedang bertapa di Goa Selomangleng. Foto: Google Maps/A. Kemal. F

Goa Selomangleng menjadi salah satu bukti peninggalan zaman Raja Airlangga. Hal ini dikarenakan goa ini diyakini pernah menjadi tempat pertapaan. Berdasarkan cerita rakyat yang beredar di Kediri, Goa yang diperkirakan dibuat pada abad 10-11 Masehi ini pernah menjadi tempat pertapaan Putri Mahkota Raja Airlangga dari Kerajaan Kahuripan.

Putri Mahkota tersebut bernama Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi). Pertapaan tersebut dilakukan Putri sebagai aksi penolakan terhadap Tahta yang diberikan. Untuk itu, Dewi Kilisuci memilih menjauh dari kehidupan dunia dengan melakukan pertapaan.

Tempat pertapaan tersebut dibuktikan dengan adanya arca seorang putri dalam posisi duduk dengan sikap Tanggaan Syanmudra yang berada di tengah gua.

Beragam Wahana Permainan

Pengunjung berenang di kolam renang Goa Selomangleng
Selain melihat gua di sini juga terdapat wahana kolam renang. Foto: Google Maps/Prahara Bayu Aji Aji

Sebagai tempat wisata, Goa Selomangleng juga dilengkapi dengan beberapa wahana bermain untuk para wisatawan terutama anak-anak. Beberapa permainan yang ada di sekitar gua seperti kereta kelinci, delman, kuda, hingga mobil-mobilan remot. Selain itu, terdapat wahana permainan air yaitu kolam renang. Kolam renangnya memang tidak terlalu besar, namun terdapat papan seluncur untuk melengkapi area kolam.

Wisatawan yang ingin bermain air sebaiknya untuk datang di pagi maupun sore hari. Saat siang hari, area kolam renang ini akan sangat panas karena tidak ada penutup di atasnya. Air dalam kolam tentunya akan ikut terasa panas.

Alamat Goa Selomangleng

Wisata Gua ini berada di lereng Gunung Klothok, tepatnya di Jalan Selomangleng, Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115. Tempat wisata ini hanya ±15-20 menit dari pusat Kota Kediri.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 29

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini