Beranda Tiket Wisata

KEBUN BUNGA MATAHARI Kediri Tiket & Aktivitas September 2021

Kebun Bunga MatahariHarga Tiket: GratisJam Buka: 09.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Jl. Selomangleng No.143, Pojok, Mojokerto, Kediri, Jawa Timur, Indonesia, 64115

Kebun Bunga Matahari kini hadir di Kota Kediri. Lahan seluas 900 meter persegi ini tadinya merupakan lahan kosong milik Pemerintah Kota Kediri. Namun semenjak 2016, lahan ini ditanami cukup banyak bunga matahari.

Seiring dengan perjalanan waktu, jumlah bunga matahari yang dirawat di kebun ini mencapai enam ribu tanaman. Terdiri dari tiga jenis varietas bunga matahari, yang mana dua varietas bunga berasal dari Tiongkok, dan satu varietas lokal.

Harga Tiket Masuk Kebun Bunga Matahari

Sampai saat ini, Kebun Bunga Matahari Kota Kediri belum dikomersialkan. Sehingga wisatawan bisa menikmati kebun bunga ini secara gratis. Namun pengunjung perlu mempersiapkan biaya tambahan untuk parkir, jika membawa kendaraan pribadi ke area ini.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis
Parkir motorRp2.000
Parkir mobilRp4.000

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Kediri

Jam Buka

Kebun Bunga Matahari Kota Kediri ini buka untuk umum dari pagi hingga sore hari. Untuk menghindari sengatan sinar matahari, ada baiknya jika pengujung berkunjung ke kebun ini pada pagi atau menjelang sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari09.00 – 16.00

Berbagai Aktivitas Kebun Bunga Matahari

Setiap harinya Kebun Bunga Matahari Kota Kediri bisa menarik perhatian seribu orang pengunjung, khususnya di puncak musim mekarnya bunga. Tak heran, karena kebun bunga ini diminati oleh pengunjung dari usia muda hingga dewasa. Bahkan pengunjung yang singgah pun berasal dari berbagai kota di Jawa Timur.

Baca: Kampung Anggrek Kediri Tiket & Aktivitas

Menikmati Ribuan Bunga Matahari

Deretan Bunga Matahari di Kebun Bunga Matahari Kediri. Foto: Google Maps / Edo Christianto
Deretan Bunga Matahari yang sudah menguning. Foto: Google Maps / Edo Christianto

Untuk bisa menikmati kebun bunga secara maksimal, pengunjung sebaiknya datang di saat musim kemarau. Karena di saat inilah bunga matahri biasa bermekaran. Puncak musim bunga di kebun ini biasanya jatuh di bulan Juni hingga Agustus.

Tanaman bunga matahari yang tumbuh bisa mencapai satu hingga dua meter. Tiap bunganya sendiri bisa mekar dengan diameter 30 cm. Setelah melewati masa berbunga, tanaman akan layu dan pihak pengelola akan membabat tanaman lama, agar lahan bisa disemai dengan bibit yang baru.

Baca: Bukit Dhoho Indah Tiket & Aktivitas

Berfoto di Antara Bunga Matahari yang Bermekaran

Berfoto diantara Bunga Matahari yang bermekaran di Kebun Bunga Matahari
Berfoto diantara Bunga Matahari di tengah kebun. Foto: Google Maps / onny iman

Tentu saja mengambil foto adalah hal yang tidak boleh dilewatkan oleh setiap pengunjung di kebun ini. Tak jarang kebun ini menjadi obyek foto prewedding. Untuk menunjang hasil foto yang instagrammable, pengelola telah menyediakan satu spot foto berupa panggung kayu di tengah kebun.

Dengan berfoto di atas panggung tersebut, pengunjung bisa terlihat seolah-olah berada di atas ribuan bunga matahari yang bermekaran. Selain itu, pengelola juga telah membuat spot foto seperti pintu gerbang dengan bentuk hati, dengan rangkaian bunga-bunga. Di bawahnya disediakan bangku putih panjang untuk berfoto.

Baca: KAMPUNG INDIAN Kediri Tiket & Aktivitas

Family Time Bersama Keluarga

Ibu dan Anak Menikmati Waktu Bersama di Kebun Bunga Matahari Kediri. Foto: Google Maps / rahmi puspita
Ibu dan Anak Menikmati Waktu Bersama. Foto: Google Maps / rahmi puspita

Berkunjung bersama keluarga ke kebun ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas hubungan antar anggota keluarga. Selain bisa berjalan mengitari kebun dan berfoto bersama, berada di tengah kebun bunga ini adalah waktu yang tepat untuk menyampaikan rasa kasih sayang. Namun perlu diingat agar pengunjung tidak memetik bunga di kebun ini dengan sengaja.

Warna-warni Bunga Lainnya

Wisatawan menikmati indahnya berbagai bunga di Kebun Bunga Matahari
Selain bunga matahari di sini juga terdapat beragam Jenis Bunga Cantik. Foto: Google Maps / Santy Julia

Tidak hanya bunga matahari, pengelola juga menananmi tanaman bunga berbagai jenis di taman ini. Sehingga di sudut-sudut kebun, pengunjung bisa mendapati bunga-bunga lainnya yang beraneka warna. Memang tidak terlalu luas, tapi cukup untuk menambah variasi di kebun ini.

Belajar Tanaman Hortikultura

Tanaman Hortikultura
Tanaman Hortikultura. Foto: Google Maps / Elsa Devy

Tak hanya bisa melihat kebun bunga, di sini pengelola juga telah melakukan pengembangan ke tanaman hortikultura. Diantaranya ada tanaman tomat, kangkung, cabai dan labu. Oleh karena itu, kebun ini sering mendapatkan kunjungan rombongan anak-anak sekolah, mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah dasar.

Jumlah anak-anak yang berkunjung bisa mencapai 200 orang per harinya. Diharapkan dengan berkunjung ke kebun ini, anak-anak mendapat pengetahuan mengenai macam-macam tanaman dan cara budidayanya.

Membeli Buah Labu Madu

Labu madu yang sudah matang di pohon
Suburnya Buah Labu Madu. Foto: Google Maps / Shintiya Y. Frantika

Tanaman-tanaman hortikultural tidak hanya menjadi daya tarik bagi anak sekolah. Tapi juga dimanfaatkan untuk dijual ke masyarakat umum. Yang menjadi komoditi primadona di sini adalah buah labu madu. Buah ini tumbuh subur di area ini. Harga jualnya juga bervariasi namun tetap terjangkau, tergantung dari berat buah itu sendiri.

Fasilitas Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari Kota Kediri memiliki fasilitas yang masih sangat sederhana, seperti area parkir dan gazebo sederhana dari kayu untuk tempat berteduh.

Rute & Lokasi Kebun Bunga Matahari

Rute menuju taman rekreasi ini sejalur dengan obyek wisata Goa Selomangleng. Dari alun-alun Kota Kediri, pengunjung bisa berkendara menuju Jalan Tulungagung – Kertosono, kemudian ambil ke Jalan KH Wahid Hasyim. Ketika mendapati bundaran, ambil ke Jalan Veteran, kemudian lurus. Pengunjung bisa mendapati Taman Bunga Matahari di kiri jalan.

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Selomangleng nomor 143, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Tepatnya di sisi Gedung BNN, juga berlokasi cukup dekat dari Universitas Kediri. Jarak tempuh dari pusat kota sekitar 6 km.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca