Museum Ronggowarsito
Harga Tiket: Rp2.000 - Rp4.000 Jam Buka: 08.00 - 15.30 No. Telepon: - Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul,Semarang Barat,Semarang,Jawa Tengah,Indonesia,50149.

Semarang menjadi kota ibukota yang kaya akan sejarah. Peninggalan sejarah mulai dari sejarah budaya hingga sejarah kemerdekaan ada di sini. Seperti halnya Museum Ronggowarsito, yang menjadi pusat budaya terbesar Indonesia di Semarang.

Museum ini berada di pusat kota Semarang. Bahkan mudah sekali dijangkau karena lokasinya berada di pinggir jalan utama. Dulu, wisatawan bisa berwisata ke museum ketika transit di Bandara Ahmad Yani.

Harga Tiket Masuk Museum Ronggowarsito

Untuk mengunjungi objek wisata ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk. Biaya pun tidak mahal, bahkan terbilang sangat murah. Hanya Rp 4.000 untuk setiap pengunjung dewasa yang masuk.

Harga Tiket Masuk Museum Ronggowarsito
DewasaRp4.000
Anak – anakRp2.000

Baca: Kampung Pelangi Semarang Tiket & Keindahan

Jam Buka Museum Ronggowarsito

Pengunjung dapat menikmati objek wisata ini setiap hari. Buka sejak pagi hari hingga sore. Namun, dengan jam buka yang berbeda-beda.

Jam Operasional
Senin – Kamis08.00 – 15.30 WIB
Jumat08.00 – 11.00 WIB
Sabtu, Minggu, dan Hari Libur08.00 – 14.00 WIB

Keragaman Koleksi Budaya di Museum Ronggowarsito

beragam koleksi benda budaya di museum ronggowarsito
Beragam koleksi benda budaya dalam Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Mr. Andhen Official

Ronggowarsito atau Rangga Warsito, diambil dari nama seorang yang sangat terkenal. Beliau merupakan seorang pujangga dengan banyak karya sastra. Melahirkan banyak karya berupa babad, yang cenderung bersifat simbolis.

Ronggowarsito terkenal akan karyanya yaitu Serat Kalatida, yang memperkenalkan istilah Zaman Edan. Karena terkenal dan sangat berpengaruh inilah, nama sang pujangga diabadikan sebagai museum. Yang kini tetap eksis di Jalan Abdurrahman Saleh Semarang.

Baca: Ayanaz Gedongsongo Semarang Tiket & Spot Selfie

Museum ini berdiri di atas tanah seluas 1,8 hektar. Dimana pertama kali dirilis pada tahun 1975, dan resmi dibuka pada Juli 1989. Hingga kini, objek wisata ini masih digemari sebagai tujuan berwisata.

Koleksi Museum Ronggowarsito

Kerangka gajah di museum
Kerangka Gajah di Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Cherrylia Septa

Museum ini memiliki puluhan ribu koleksi. Yaitu berjumlah sekitar 59.802 yang terbagi dalam 10 jenis. Diantaranya geologi, biologi, arkeologi, historika, filologi.

Ditambah lagi numismatic, heraldika, kramologika, teknologika, etnografi, dan seni rupa. Inilah mengapa museum ini ditetapkan sebagai aset pelayanan publik bidang pelestarian budaya. Selain itu juga wahana pendidikan dan rekreasi.

Baca: SALOKA PARK Semarang Tiket & Wahana

Fosil – fosil juga menjadi koleksi unik milik Museum Ronggowarsito. Salah satunya adalah fosil gajah purba.

Bangunan Museum Ronggowarsito

Bangunan museum dari luar
Pendopo Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Prasetiyo budi utomo photography

Di bagian depan, pengunjung akan disambut dengan patung kuda yang ditunggangi oleh tokoh sejarah. Disampingnya, terdapat pendopo yang menjadi pintu masuk ke museum. Pendopo dengan gaya arsitektur Jawa yang begitu khas.

Arsitektur bengunan menggunakan gaya klasik, joglo, dan konstruksi post modern. Sementara ruangannya terdiri dari pendopo, gedung pameran, gedung koleksi, ruang konservasi, serta auditorium. Gedung pameran sendiri masih dibagi menjadi empat ruangan, dan memiliki dua lantai.

Baca: Lawang Sewu Simpang Lima Semarang Tiket & Pesona

Dibagi menjadi ruangan bertemakan alam, yang berisi segala tentang alam hingga luar angkasa. Ada juga gedung yang digunakan untuk memaparkan sejarah peradaban kerajaan Hindu Budha. Dan ruangan dengan tema era pembangunan di Indonesia serta sejarah perjuangan perlawanan rakyat Indonesia.

Replika Kesenian Budaya hingga Replika Ritual Kuno

Koleksi wayang kulit
Salah satu koleksi benda kesenian wayang kulit di Ronggowarsito. Foto: Google Maps/Setia Irawan

Museum ini juga menampilkan keberagaman budaya nusantara. Diantaranya terdapat replika saat acara sedekah bumi yang biasa diadakan oleh masyarakat Jawa. Ada juga topeng dari pertunjukan Barong asli Blora yang menyeramkan.

Selain itu, ada juga satu set wayang lengkap dengan geber dan gamelan asli. Tentunya nampak sangat megah dan mewah. Apalagi ditampilkan menjadi satu seperti tengah digelar pertunjukannya.

Baca: Candi Gedong Songo Semarang Tiket & Aktivitas

Ada juga yang unik, yaitu replika yang dinamakan Didi Nini Towok. Replika ini berupa replika ritual memanggil hujan. Uniknya, replika ini ditampilkan dengan kayu lengkap dengan kebaya.

Koleksi Batu Meteor dan Benda Vulkanik

Koleksi yang ada di Museum Ronggowarsito tak sebatas hanya budaya dan fosil saja. Dapat dikatakan, museum ini menyimpan berbagai macam benda luar biasa. Salah satunya adalah batu meteor.

Ditampilkan batu meteor yang ditemukan bertahun – tahun lalu. Ditambah lagi, pasir dari erupsi Gunung Merapi, batu Gunung Merapi, dan material lainnya.

Koleksi ini asli diambilMus dari alam saat kejadian tersebut. Sehingga pengunjung dapat melihat dengan nyata wujudnya.

Lokasi Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh No.1 Semarang. Pengunjung dapat memulai perjalanan dari Simpang Lima ke arah barat. Dari sini, lama waktu tempuh kurang lebih hanya 20 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,79 | 28 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini