GUNUNG ANDONG Tiket, Jalur Pendakian & Fasilitas - Juli 2024

Gunung Andong

Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, -
  • Harga: Rp25.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -

Mendaki gunung tampaknya semakin populer sebagai kegiatan rekreasi di Indonesia. Banyak kalangan anak muda yang mencoba dan akhirnya menggemari aktivitas ini. Tren ini tak lepas dari banyaknya pilihan lokasi hiking yang ada. Salah satu yang populer adalah Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong memang terkenal ramah bagi pendaki pemula. Medan pendakiannya tidak terlalu sulit. Namun, pengalaman dan pemandangan yang tersaji bisa bersaing dengan Merbabu atau Sindoro.

Harga Tiket Masuk

Mendaki di gunung secara resmi dikenai biaya registrasi. Di Gunung Andong sendiri, tarif nya sebesar Rp25.000. Tarif ini belum termasuk biaya parkir dan keperluan lainnya.

Baca: SILANCUR HIGHLAND Magelang Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Jam Buka

Pada dasarnya, pendakian bisa dilakukan kapan saja begitu juga dengan pos registrasi. Sehingga bagi yang ingin mendaki perlu memperhatikan hal ini.

Punggung Naga

Gunung Andong merupakan salah satu deretan gunung berapi di Jawa Tengah. Memiliki ketinggian setidaknya mencapai 1.726 mdpl. Sedangkan untuk bentuknya tergolong dalam bentuk perisai yang memanjang. Oleh karena itu tak heran jika puncaknya terdiri dari empat bagian yang berbeda.

Dengan ketinggian di bawah dua ribu meter, tidak butuh waktu lama untuk mencapai puncaknya. Medan pendakiannya pun tidak terlalu berat, tetapi juga tidak sederhana. Tidak heran jika gunung ini jadi tujuan bagi pendaki pemula hingga profesional. Masih banyak lagi alasan lain yang membuat gunung ini menarik untuk dijajal.

Baca: GUNUNG LAWU: Tiket Masuk & 5 Jalur Pendakian

Lima Gerbang Masuk

Gunung Andong di Magelang, Jawa Tengah
Panorama Gunung Andong tampak dari kejauhan – Foto: Google Maps/Info Andong

Jangan bingung jika baru pertama kali memulai pendakian di Gunung Andong. Terdapat beberapa pintu masuk dari berbagai arah yang tersedia untuk para calon pendaki. Tidak tanggung-tanggung, ada enam basecamp yang terbuka sebagai titik awal perjalanan.

Empat basecamp berada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Keempat titik tersebut yaitu Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu. Selanjutnya dua basecamp lagi berada di Kecamatan Grabag. Serta yang terakhir yaitu basecamp Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan.

Baca: 14 Wisata Gunung Terbaik Di Jawa Tengah

Basecamp terpopuler sejauh ini yaitu Taruna Jaya Giri. Lokasinya berada di Dusun Sawit. Para pemula sangat disarankan untuk memulai pendakian dari sini.

Lokasi Gunung Andong bisa dicapai dari berbagai arah. Kawasan selatan yaitu Yogyakarta, Ketep, Magelang, dan Purworejo. Jalur utara meliputi Semarang, Salatiga, Ungaran, Boyolali dan Solo. Sementara dari barat bisa mengakses lewat Grabag, Wonosobo, Secang, Temanggung, dan Parakan.

Baca: Watu Gunung Ungaran Tiket Masuk & Aktivitas

Sarana-Prasarana Komplit

Pendaki berpose sebelum berangkat
Salah satu gerbang pendakian di Dusun Sawit – Foto: Google Maps/Dita Arr

Hal lain yang membuat wisatawan betah yaitu lengkapnya fasilitas yang tersedia. Hampir setiap pos memiliki warung atau tempat beristirahat. Jika belum terbiasa, pendaki pemula bisa beristirahat dengan mudah dan nyaman di sini.

Warung sejenis juga masih bisa ditemui di area puncak. Pendaki yang berkemah di puncak tidak perlu takut kehabisan ransum di sini.

Basecampnya sendiri menawarkan fasilitas yang lengkap. Toilet, area parkir, dan musala ada beberapa di antaranya. Ada juga penginapan di sekitar basecamp bagi yang tidak berminat berkemah. Relawan basecamp pun tidak akan segan membantu demi kelancaran perjalanan para pendaki.

Baca: GUNUNG SUMBING: Tiket Masuk & 4 Jalur Pendakian

Jalur Pendakian 3 Jam Saja

Menyusuri jalur hutan Gunung Andong
Medan pendakiannya ramah untuk pemula sekalipun – Foto: Google Maps/Bernard Rouhi

Alih-alih makan waktu berjam-jam seperti gunung lainnya, di sini pendaki bisa santai. Karena tanpa terburu-buru pun pendaki bisa tiba di puncak dalam waktu 3 jam saja. Paling cepat waktu tempuh kurang-lebih dua jam.

Ini karena jalur pendakiannya yang ramah. Kebanyakan merupakan jalur sempit hutan pinus. Meskipun sempit dan menanjak, namun cenderung teduh dan tidak terjal. Sementara mata air pun bisa ditemui di tengah perjalanan.

Jalur pendakian yang singkat ini membuat berkemah tidak selalu jadi opsi. Karena pendaki bisa mulai mendaki sejak pukul 3 dini hari untuk mengejar sunrise. Dengan banyaknya pos untuk beristirahat, kelelahan pun bisa dihindari.

Selalu Ramai

Indahnya sunset dari puncak Gunung Andong
Barisan tenda yang memenuhi salah satu sisi kawasan puncak Gunung Andong – Foto: Google Maps/M Talifun

Rute pendek, medan mudah, fasilitas lengkap. Sebagai tambahan, pemandangan alamnya juga menakjubkan. Inilah beberapa alasan Gunung Andong tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Pada saat tiba di puncak, bagi yang baru mendaki mungkin akan sedikit kaget. Pasalnya, area puncak gunung akan penuh layaknya pasar. Puluhan tenda berwarna-warni tersebar di setiap lahan datar yang ada. Wisatawan saling berlomba mencari spot-spot foto terbaik.

Keempat puncak Gunung Andong ialah Puncak Makam, Andong, Jiwa, dan Alap-Alap. Keempat puncak ini berjajar dan membuatnya menyerupai ‘punggung naga’. Sejauh ini puncak Jiwa biasanya jadi lokasi berkemah favorit. Sementara Puncak Andong yang tertinggi jadi lokasi selfie.

Pada saat hari cerah, sejauh mata memandang yang tampak hanyalah alam. Akan tampak siluet pegunungan seperti Telomoyo, Merbabu, Prau, hingga Sindoro. Semuanya berpadu dengan pemandangan hamparan ‘ladang awan’ yang menakjubkan.

Baca: GUNUNG MERBABU Tiket Masuk & 5 Rute Pendakian

Fasilitas

Basecamp pendakian Gunung Andong sudah memiliki fasilitas yang memadai. Ada toilet, musala, hingga warung. Di sekitar basecamp juga terdapat penginapan bagi yang memilih untuk tidak berkemah. Selanjutnya di beberapa pos dapat ditemui warung yang dilengkapi tempat istirahat.

Lokasi

Gunung Andong secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini dekat dengan perbatasan Kabupaten Semarang. Transportasi umum yang tersedia adalah bus antar provinsi.

Pilihlah bus yang menuju Terminal Magelang dan lanjut menggunakan minibus jurusan Salatiga. Turun di Pasar Ngablak, kemudian gunakan jasa ojek menuju basecamp terdekat yaitu Dusun Sawit. Bisa juga memilih mobil sewaan langsung dari Terminal Magelang.

Ulasan Pembaca

4.3 - 14 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *